Pinjaman Uang Tunai Pribadi
Pinjaman Uang Tunai Pribadi

4 Rekomendasi Pinjaman Uang Tunai Pribadi Terbaik

Kebutuhan ekonomi mendadak terkadang tidak dipersiapkan dengan matang oleh beberapa orang. Hal ini karena pendapatan yang dihasilkan hanya dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan harian saja.

Oleh karena itu, beberapa orang mencari pinjaman uang mendadak dari luar untuk memenuhi kebutuhan mendadak tersebut.

Banyaknya minat pinjaman uang tunai pribadi tentu saja membuat calon kreditur juga harus waspada terhadap berbagai perusahaan penyedia keuangan yang ilegal. Perusahaan ini akan sangat merugikan bagi calon kreditur karena akan mematok suku bunga yang tinggi, serta membeberkan data pribadi jika calon kreditur tidak membayar tepat waktu.

Lembaga Pinjaman Uang Tunai Pribadi

Butuh pinjaman uang mendesak
Butuh pinjaman uang mendesak

Dimana Anda bisa mendapatkan pinjaman uang tunai pribadi? Beberapa alternatif berikut bisa Anda pilih untuk membantu Anda mendapatkan dana tambahan.

1. Pegadaian

Lembaga keuangan yang bisa Anda pilih untuk mendapatkan pinjaman uang yang bisa dicicil adalah pegadaian. Pegadaian ini merupakan suatu perusahaan BUMN dan dipercaya masyarakat untuk mendapatkan pendanaan pribadi.

Lembaga pegadaian ini resmi dan legal di mata hukum Indonesia, serta milik negara. Adapun keunggulannya adalah memiliki proses yang ringan, mudah, dan cepat Anda sudah bisa mendapatkan pendanaan.

Suku bunga yang diberikan oleh Pegadaian adalah sekitar 0,75% – 1,15%. Biasanya, calon kreditur hanya perlu menyiapkan barang berharga yang akan dijadikan jaminan. Sementara jangka waktu pinjaman adalah sekitar 4 bulan. Jika tidak sanggup membayar sesuai ketentuan waktu, maka kreditur bisa melakukan pengajuan ulang dan membayar suku bunga pinjaman sebelumnya.

2. Bank

Pinjaman uang tunai pribadi yang selanjutnya bisa Anda dapatkan dari bank. Lembaga ini bisa dijamin keamanannya asalkan bank yang Anda pilih memang sudah memiliki reputasi yang baik dan dikenal masyarakat luas. Lembaga ini juga yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia yang sedang membutuhkan dana pribadi.

BACA JUGA:  4 Rekomendasi Pinjaman Koperasi Tanpa Jaminan Terbaik

Untuk mendapatkan pinjaman pribadi dari bank, biasanya Anda harus memiliki jaminan berupa barang berharga. Namun, sekarang ini ada juga KTA (Kredit Tanpa Agunan) yang membuat seseorang bisa meminjam tanpa memberikan jaminan.

Biasanya, suku bunga yang ditawarkan cukup besar, yaitu bisa mencapai 20% per tahun.

3. Koperasi

Lembaga keuangan selanjutnya yang bisa dijadikan sebagai tempat mencari pinjaman uang tunai pribadi adalah koperasi. Koperasi yang bisa Anda pilih adalah koperasi simpan pinjam. Untuk mendapatkan pinjaman dari lembaga koperasi, Anda bisanya harus menjadi anggota terlebih dahulu. Nantinya, Anda akan bisa mendapatkan pinjaman sesuai dengan barang yang dijaminkan.

Keunggulan dari koperasi adalah proses persyaratan untuk peminjaman akan lebih mudah, dengan bunga yang lebih rendah. Selain itu, bagi Anda yang telah menjadi anggota akan bisa mendapatkan SHU (Sisa Hasil Usaha).

Syarat untuk pinjam di koperasi biasanya adalah dengan menyiapkan KTP, KK, rekening listrik, dan slip gaji, keanggotaan koperasi, pengisian formulir, dokumen jaminan seperti BPKB dan sertifikat tanah. Pilih koperasi yang terdaftar dalam OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

4. Pinjaman online (pinjol)

Digitalisasi juga merambah pada sektor keuangan dengan banyaknya kemunculan pinjaman online (pinjol). Amankah meminjam pada pinjol? Dengan maraknya berbagai lembaga keuangan pinjaman online saat ini, tentu Anda harus selektif dalam memilih yang tepat dan tidak merugikan di kemudian hari.

Pinjaman online biasanya ditawarkan oleh perusahaan fintech (financial technology). Pinjaman ini tentu saja akan memudahkan karena Anda bisa mendapatkan pinjaman tanpa perlu keluar rumah dan mendatangi kantor fintech. Anda hanya perlu mengunggah beberapa dokumen secara online untuk dapat mengajukan pinjaman online pribadi angsuran bulanan.

BACA JUGA:  Pinjam Dana 500 Juta Jaminan OL

Yang harus diperhatikan adalah Anda pastikan terlebih dahulu bahwa fintech tersebut sudah terdaftar dalam OJK, bunga wajar, informasi alamat perusahaan yang jelas, serta situs web yang resmi, karena sekarang ini, banyak sekali kasus-kasus pinjaman online yang merugikan bagi peminjamnya.

Apa yang Perlu Diperhatikan Ketika Hendak Mendapatkan Pinjaman Tunai Pribadi?

Pinjaman online lewat wa terpercaya
Pinjaman online lewat wa terpercaya

Apa saja yang perlu diperhatikan ketika hendak mendapatkan pinjaman uang tunai pribadi pada lembaga keuangan? Berikut bisa Anda simak.

Terdaftar di OJK

Lembaga keuangan tempat dimana Anda mendapatkan pinjaman uang tunai pribadi harus terdaftar OJK. OJK sendiri adalah suatu lembaga negara yang memiliki tugas untuk melakukan pengawasan, pemeriksaan, dan juga penyidikan terhadap kegiatan pada sektor keuangan.

Lembaga keuangan yang sudah terdaftar OJK akan diakui kredibilitasnya dan sudah legal di mata hukum Indonesia. Keuntungan bagi masyarakat adalah supaya tidak ada tindakan penipuan dan pembengkakan jumlah pinjaman karena suku bunga yang tidak masuk akal. Anda bisa mengunjungi situs web resmi OJK.

Perhatikan suku bunga

Jangan mudah terpengaruh pada pinjaman tanpa jaminan. Hal ini karena biasanya akan terjadi pembengkakan pada suku bunganya. Anda juga bisa mengecek suatu lembaga keuangan terpercaya ataupun tidak dari suku bunga yang ditawarkan.
Jika terdapat suku bunga sangat besar meskipun persyaratan sedikit, maka Anda perlu mewaspadainya. Biasanya, lembaga keuangan yang bermasalah dengan pihak lain terjadi karena adanya pembengkakan suku bunga yang sangat besar. Maka, hal ini patut Anda waspadai, apalagi jika bunga sudah melebihi setengah dari nilai pokok.

Proses harus transparan

Proses yang transparan antara pihak lembaga keuangan dengan pihak peminjam akan sangat bermanfaat dalam hal koordinasi. Hal ini juga akan menimbulkan rasa saling percaya antara pihak-pihak tersebut.

BACA JUGA:  Kredit Rekening Koran Plafon 15 Miliar

Pilihlah lembaga keuangan yang memiliki proses transparan. Sebelum melakukan kesepakatan ataupun persetujuan, Anda harus membaca persyaratan dan ketentuan dengan teliti. Jangan sampai Anda menyetujui hal yang tidak Anda pahami, ini akan sangat berbahaya.

Hal-hal yang seperti tenor, suku bunga, biaya administrasi, ataupun denda harus diperhatikan dengan detail. Hal inilah yang dapat menyebabkan pembengkakan pada jumlah cicilan yang perlu dibayarkan oleh kreditur. Jadi, baca dan pahami risiko sebelum Anda menyetujuinya.

Kantor yang jelas

Jika Anda hendak mendapatkan pinjaman uang tunai pribadi, Anda harus paham dimana Anda hendak meminjam. Lembaga keuangan mana yang hendak Anda pilih? Apakah pegadaian, bank, koperasi, atau pinjaman online?

Anda harus memastikan bahwa lembaga tersebut memiliki alamat kantor yang jelas. Kantor yang jelas ini dapat menjadi tanda bahwa mereka beroperasi dengan legal ataupun sah secara hukum. Perusahaan yang terpercaya akan memiliki kantor yang jelas. Sehingga, jika suatu hari terjadi keluhan dan kreditur merasa dirugikan, Anda tidak akan kesulitan mencari kantor mereka dan melayangkan komplain.

Demikian informasi mengenai pinjaman uang tunai pribadi yang bisa Anda dapatkan dari berbagai lembaga keuangan di atas. Perhatikan pula beberapa poin penting dalam memilih lembaga keuangan supaya calon kreditur tidak menyesal dan merasa dirugikan atas risiko apa yang akan terjadi ketika memilih lembaga keuangan tersebut.

Pastikan Anda membayar tepat waktu untuk menghindari dari risiko terjadinya pembengkakan suku bunga. Oleh karena itu, pilih pembayaran cicilan dengan suku bunga yang wajar dan bisa Anda bayarkan. Hal ini tentunya dipertimbangkan juga dengan penghasilan Anda sebagai calon kreditur.

error: Content is protected !!