Pinjaman uang cepat
Pinjaman uang cepat

9 Tips Memilih Pinjaman Uang Cepat dan Terpercaya

Pinjaman uang cepat atau kredit sudah menjadi salah satu solusi di saat membutuhkan uang dalam waktu mendesak. Banyak orang yang membutuhkan biaya tertentu, namun mereka tidak mempunyai dana yang cukup.

Dari situasi tersebut, itulah pentingnya pinjaman uang cepat dalam memudahkan anda saat ingin melakukan pembayaran di saat waktu mendesak. Pinjaman uang cepat menjadi incaran banyak orang di waktu mendesak.

Saat ini sudah banyak penyedia pinjaman uang cepat yang bisa anda pilih sesuai kebutuhan. Bahkan ada juga penyedia jasa kredit yang memberikan syarat pengajuan mudah.

Namun tidak semuanya mungkin sesuai dengan kemampuan anda. Dalam memilih pinjaman uang cepat juga tidak boleh sembarangan karena ada beberapa hal yang harus anda pertimbangkan terlebih dahulu.

Jika anda mengalami kondisi atau hal buruk seperti membutuhkan dana darurat, anda mungkin segera membutuhkan pinjaman cepat untuk menyambung hidup di kemudian hari.

Hal ini dikarenakan tak semua orang mempunyai dana darurat dalam keadaan genting. Itulah sebabnya mengajukan pinjaman cepat menjadi hal pertama yang sering terbesit oleh banyak orang.

Namun, sebelum anda mulai komitmen untuk mengajukan pinjaman atau kredit, lebih baik jika anda bisa simak tips berikut agar anda bisa mengatur manajemen keuangan anda lebih baik.

Anda Bisa Cari Sumber Pendapatan Dahulu

Hal pertama sebelum anda mulai mengajukan pinjaman atau kredit adalah mencari sumber penghasilan baru. Anda harus bisa berpikir tentang bagaimana bisa membayar tagihan bulan depan jika anda tidak memiliki sumber dana atau pemasukan baru.

Memang tidak gampang untuk mendapatkan pemasukan di tengah kondisi seperti sekarang, namun tak ada salahnya jika anda bisa mencoba hal baru yang bisa mendapatkan pemasukan baru, seperti menjadi reseller berbagai produk online ataupun menjadi seorang freelancer. Anda juga bisa pertimbangkan membuka usaha kecil-kecilan.

BACA JUGA:  Pinjam Dana 500 Juta Jaminan OL

Menentukan Jumlah Pinjaman

Pinjam uang 20 juta tanpa jaminan
Pinjam uang 20 juta tanpa jaminan

Jumlah uang yang akan anda pinjam lebih baik jika disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan. Anda harus paham mana yang kebutuhan mana yang keinginan.

Meminjam uang untuk memenuhi keinginan saja hanya membuat anda justru masuk ke dalam kerat hutang, karena saat anda mengajukan pinjaman, tak hanya dana yang akan dipinjam yang nantinya harus dikembalikan, melainkan ada bunga yang harus diselesaikan juga.

Semakin tinggi pinjaman tersebut, maka semakin banyak bunga yang nantinya harus anda bayarkan. Untuk memastikan supaya cicilan anda sesuai dengan kemampuan finansial anda, maka jumlah pinjaman seharusnya tidak lebih dari 30 persen pendapatan anda.

Bandingkan Terlebih Dahulu

Di tengah situasi wabah corona seperti sekarang, pemerintah juga menganjurkan untuk tidak melakukan banyak aktivitas di luar ruangan, atau pembatasan aktivitas. Tak heran jika aplikasi pinjaman secara online sering menjadi pilihan terbaik di luar sana.

Berbeda seperti bank konvensional lainya, pengajuan pinjaman dana dari aplikasi seperti ini membuat anda sudah tak perlu lagi meninggalkan rumah karena segala prosesnya dapat anda lakukan hanya dengan mengoperasikan smartphone anda di rumah.

Sudah banyak sekali aplikasi pinjaman dana yang menyediakan berbagai layanan yang anda butuhkan. Dalam memutuskan mana yang terbaik, anda harus melakukan perbandingan terlebih dahulu sebelum mengajukan pinjaman.

Anda bisa melihatnya dari segi bunga, panjang tenor yang ditawarkan sampai ulasan yang diberikan pada pengguna lainnya pada aplikasi tersebut.

Agar lebih mudah, anda bisa cek beberapa rekomendasi pinjaman dana secara online yang sudah terpercaya dan di bawah pengawasan OJK. Anda dapat bandingkan bunga yang kompetitif dengan pinjaman dana lainnya. Dalam memutuskan pinjaman uang cepat terbaik, anda harus mengetahui seluk beluknya terlebih dahulu.

BACA JUGA:  6 Rekomendasi Website Pinjaman Online OJK Langsung Cair

Coba Simulasi Pinjaman

Pinjaman online langsung cair dalam hitungan menit
Pinjaman online langsung cair dalam hitungan menit

Setelah anda selesai membandingkan mana aplikasi pinjaman uang terbaik menurut anda sendiri, anda bisa coba simulasi cicilan dan pastikan sudah cocok dengan penghasilan dan pengeluaran anda.

Simulasi satu ini memang penting karena simulasi kredit bisa memberikan gambaran terkait jumlah cicilan yang harus anda bayarkan untuk setiap periodenya berdasarkan jangka tenor dan suku bunganya.

Sangat direkomendasikan untuk memastikan keadaan keuangan anda terlebih dahulu dan kalkulasikan kebutuhan bulanan anda dan bandingkan dengan pemasukan tiap bulannya. Jangan lupa untuk membuat list untuk pos pengeluaran, salah satunya dengan memasukkan cicilan pinjaman.

Pilih Mana yang Terpercaya

Anda harus tahu jika OJK atau Otoritas Jasa Keuangan merupakan lembaga resmi yang memberikan pengawasan pada fintech di Indonesia. Bahkan mereka sudah menutup banyak aplikasi pinjaman uang secara online abal-abal di tahun 2019.

OJK juga sudah merilis aplikasi mana saja yang dapat anda jadikan acuan saat ingin mengajukan pinjaman dana online secara aman dan terpercaya. Anda bisa langsung kunjungi website resmi OJK terkait daftar aplikasi pinjaman online mana yang terbaik.

Anda harus paham jika legalitas fintech menjadi hal penting saat anda ingin mengajukan pinjaman uang. Seburuk apapun keadaan anda, pastikan anda tidak terburu0buru dalam mengajukan pinjaman dana pada pihak manapun sebelum anda bisa mengetahui bagaimana nantinya anda bisa membayar, kemampuan anda dan seluk beluk lembaga pinjaman uang tersebut.

Tergiur Pinjaman Online? Pahami Tips Berikut Agar Tidak Tertipu

Tak dapat dipungkiri jika meningkatnya kebutuhan masyarakat terkait pinjaman online membuat semakin banyak orang mendirikan pinjaman online yang illegal.

Illegal disini maksudnya perusahaan tersebut tidak mempunyai izin ataupun pengawasan dari pihak OJK dan bisa merugikan masyarakat. Ketika kondisi semakin terdesak, banyak orang yang mungkin kurang memperhatikan terkait risiko yang bisa datang saat mengajukan pinjaman online tanpa berpikir akan resikonya.

BACA JUGA:  SPPK dan Dana Talangan

Nah, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum mengajukan pinjaman uang online.

Sudah Terdaftar Resmi di OJK

Pinjaman 5 menit cair
Pinjaman 5 menit cair

Sebelum anda mengajukan pinjaman online, pastikan jika perusahaan tersebut sudah legal dan mempunyai izin dari OJK sebagai lembaga resmi untuk mengawasi semua kegiatan financial di Indonesia.

Anda bisa langsung cek website resmi OJK atau menghubungi melalui telepon. Saat anda mengajukan pinjaman online dengan perusahaan resmi maka anda bisa terhindar dari penipuan dengan jerat bunga yang sangat tinggi.

Pelayanan yang Mudah untuk Pengajuan Pinjaman

Pinjaman online seharusnya bisa memberikan solusi pada masalah keuangan masyarakat dengan menyediakan berbagai platform yang mudah. Mereka seharusnya bisa menyediakan pinjaman dengan proses cepat dan mudah dengan selalu mengutamakan kebaikan dan memberikan manfaat untuk masyarakat.

Kemudahan yang dimaksud adalah persyaratan yang diberikan pada calon peminjam, jangka tenor bisa disesuaikan dengan kemampuan peminjam, suku bunga rendah dengan proses pencarian uang cepat.

Bunga Transparan

Perusahaan pinjaman online yang resmi dan dapat dipercaya biasanya menyediakan rincian biaya dan suku bunga secara langsung kepada semua calon peminjam sehingga bisa dipahami dengan baik.

Biasanya mereka menyediakan fitur untuk dapat melakukan simulasi pinjaman kepada calon peminjam agar mengetahui berapa jumlah cicilan yang harus dibayar tiap bulannya serta besarnya biaya tersebut.

Anda harus hati-hati saat ingin mengajukan pinjaman uang cepat secara online agar anda bisa terhindar dari penipuan, pastikan anda sudah jelas dengan suku bunganya.

Demikian pembahasan pinjaman uang cepat kali ini, semoga dapat membantu.