Pinjaman Online Cepat Cair dan Mudah
Pinjaman Online Cepat Cair dan Mudah

8 Rekomendasi Pinjaman Online Cepat Cair dan Mudah

Apakah Anda sedang mencari pinjaman online cepat cair dan mudah? Saat ini memang banyak sekali yang menawarkan pinjaman online, hanya menggunakan aplikasi di smartphone saja, Anda sudah bisa mendapatkan sejumlah uang sesuai yang diperlukan.

Namun apakah meminjam uang bisa dilakukan dengan semudah itu? Simak penjelasan lengkapnya di dalam artikel ini.

Pinjaman Online Cepat Cair dan Mudah

5 Aplikasi Terbaik Pinjaman Online Yang Bisa Dicicil
5 Aplikasi Terbaik Pinjaman Online Yang Bisa Dicicil

Sebagai salah satu alternatif untuk mendapatkan uang dengan proses yang mudah dan dalam waktu yang singkat, pinjaman online hadir ditengah masyarakat sebagai angin segar untuk membantu memenuhi kebutuhan uang yang semakin meningkat.

Tidak heran banyak orang yang tertarik dengan pinjaman online ini, selain prosesnya yang mudah ada beberapa keuntungan yang Anda dapatkan jika melakukan pengajuan untuk meminjam uang secara online, yakni

1. Syarat pengajuan pinjaman jauh lebih simpel dibandingkan dengan pengajuan pinjaman konvensional.
2. Saat mengajukan pinjaman, Anda tidak perlu memberikan jaminan ataupun memiliki Kartu Kredit tertentu.
3. Informasi data pribadi akan tersimpan dengan aman.
4. Tersedia metode pembayaran pinjaman yang beragam, bisa melalui transfer, internet banking, mobilebanking, e-wallet atau bisa juga melalui minimarket yang tersebar di seluruh Indonesia.

Prosedur Pengajuan Pinjaman

Call center tunaiku
Call center tunaiku

Meskipun pinjaman online ini bisa dilakukan dengan mudah, bukan berarti semua orang yang mengajukan pinjaman uang akan diterima oleh penyedia layanan, penolakan ini terjadi karena syarat pinjaman online cepat cair dan mudah yang diminta oleh penyedia layanan tidak terpenuhi.

Supaya Anda dapat mengajukan pinjaman online, ada beberapa syarat umum yang perlu Anda penuhi, yakni

 Berstatus sebagai WNI (Warga Negara Indonesia)
 Berusia 21 hingga 60 tahun
 Memiliki pekerjaan tetap
 Memiliki rekening tabungan pribadi

BACA JUGA:  Kredit Rekening Koran Tanpa BI Checking

Selain syarat pinjaman onlinetersebut, Anda juga perlu menyiapkan beberapa dokumen yang diperlukan untuk pengajuan pinjaman online, pastikan bahwa dokumen yang akan Anda kirim terbaca dengan jelas dan tidak buram, beberapa dokumen pengajuan yang diperlukan diantaranya,

• Foto KTP atau KITAS
• Foto NPWP
• Foto selfie bersama KTP (pastikan untuk memberikan watermark agar tidak disalahgunakan)
• Foto slip gaji terbaru jika diperlukan, jika slip gaji tidak ada, Anda bisa menggunakan rekening tabungan setidaknya 3 bulan terakhir.

Setelah semua syarat terpenuhi dan dokumen yang diperlukan sudah tersedia, Anda dapat langsung melakukan pengajuan pinjaman online cepat cair dan mudah, beberapa prosedur yang perlu Anda lakukan diantaranya,

1. Unduh aplikasi pinjaman onlineyang legal dan terpercaya di Google Play Store untuk pengguna Android atau di App Store untuk pengguna iOS.

2. Buka aplikasi tersebut, kemudian ajukan jumlah pinjaman beserta tenor sesuai kebutuhan Anda.

3. Setelah itu, Anda akan diminta untuk mengisi data pribadi atau informasi lainnya yang diperlukan.

4. Tunggu hingga proses verifikasi data selesai, pada beberapa kondisi, ada kemungkinan Anda akan dihubungi oleh pihak penyedia pinjaman online untuk melakukan verifikasi data.

5. Setelah semua data sudah terverifikasi, dana pinjaman yang Anda ajukan akan segera dicairkan ke rekening milik Anda.

Pinjaman Online Ilegal

Pinjaman online bunga rendah
Pinjaman online bunga rendah

Jika Anda mengikuti berita, banyak sekali terjadi penipuan pinjaman online yang disebabkan oleh kurangnya kewaspadaan.

Memang benar, bahwa pinjaman online ini memang cukup membantu bagi Anda yang sedang memerlukan sejumlah uang, akan tetapi Anda tetap harus waspada, karena ada banyak sekali terjadi kasus pinjaman online ilegal. Maka dari itu, Anda perlu berhati-hati saat akan mengajukan pinjaman.

Cara paling mudah yang bisa Anda lakukan agar terhindar dari pinjaman online ilegal adalah dengan melakukan pengecekan terhadap nama platform, website, dan perusahaan yang menawarkan pinjaman online tersebut.

BACA JUGA:  5 Rekomendasi Terbaik Investasi Modal Kecil Profit Harian

Apakah sudah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dan masuk dalam perusahaan fintechlanding berizin atau belum. Anda bisa mengeceknya melalui website resmi OJK.

Jika memang perusahaan tersebut sudah ada di dalam daftar, sudah dapat dipastikan bahwa penyedia layanan pinjaman online tersebut aman untuk Anda gunakan. Hal ini membuktikan bahwa semua kegiatan operasional yang dilakukan oleh perusahaan sudah sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Pinjaman online cepat cair dan mudah ini memang cukup membantu Anda untuk mendapatkan uang dalam waktu yang cukup singkat, akan tetapi.

Anda tetap harus berhati-hati karena data pribadi yang Anda gunakan untuk mengajukan pinjaman online bisa tersebar dan disalahgunakan. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan beberapa tips untuk menjaga keamanan data pribadi di bawah ini.

1. Jangan berikan informasi pribadi sembarangan

Anda hanya diperbolehkan membagikan informasi pribadi ke aplikasi pinjaman onlineyang sudah dipilih, itupun hanya karena informasi pribadi tersebut menjadi salah satu syarat pengajuan, selain itu jangan berikan ke siapapun. Informasi pribadi tersebut yakni sandi (password) akun, KTP, NPWP, Foto selfie, dan lainnya.

2. Rahasiakan kode OTP dari siapapun

Kode OTP akan masuk melalui email/SMS Anda, jika Anda sudah mendapatkannya jangan pernah memberikannya ke siapapun, termasuk ke pihak yang mengatasnamakan diri sebagai pihak dari penyedia pinjaman online.

3. Hati-hati dengan akun media sosial palsu

Biasanya, perusahaan penyedia pinjaman online ini memiliki media sosial resmi, jika Anda menemukan akun media sosial yang mengatasnamakan perusahaan tersebut, pastikan dulu apakah akun tersebut resmi atau akun palsu. Jangan mudah percaya dengan segala informasi yang diberikan oleh akun palsu.

BACA JUGA:  Pinjaman Jaminan SPPK | Area Jabodetabek

4. Jaga komentar Anda

Masih terkait dengan media sosial, Anda perlu berhati-hati dalam berkomentar, meskipun akun tersebut merupakan akun resmi perusahaan pinjaman online, Anda tetap harus menjaga agar data pribadi milik Anda tidak dibagikan di kolom komentar.

5. Perhatikan akun email resmi layanan pinjaman online

Selain media sosial, perusahaan juga biasanya memiliki akun email resmi, pastikan segala informasi yang Anda dapatkan melalui email diberikan oleh akun email resmi dari perusahaan tersebut, jangan sampai tertipu oleh email palsu yang mengatasnamakan perusahaan.

6. Gunakan aplikasi pinjaman onlineresmi

Perlu diingat bahwa Anda harus menggunakan perusahaan pinjaman online yang legal, dan pastikan Anda mengunduh aplikasi dari perusahaan tersebut langsung dari Google Play Store atau App Store. Jangan pernah mengunduh aplikasi dari link atau website.

7. Hati-hati dengan link yang mencurigakan

Pastikan Anda mengetahui website resmi dari perusahaan pinjaman online tersebut, Anda perlu berhati-hati jika ada pihak yang mengirimkan Anda pesan untuk mengklik/mengakses link tertentu, yang tidak ada di website atau media sosial resmi.

8. Perbarui sandi akun pinjaman online Anda

Untuk menjaga keamanan akun Anda, lakukan pembaruan sandi (password) setiap 3 bulan sekali atau setiap Anda merasa akun sudah tidak aman, pergantian sandi ini dapat dilakukan langsung di aplikasi, melalui menu akun saya, lalu pilih ganti kata sandi.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda pahami saat akan melakukan pengajuan pinjaman online, Anda memang akan sangat terbantu dengan adanya pinjaman online cepat cair dan mudah tersebut, tetapi Anda tetap harus waspada dengan berbagai cara yang dilakukan oleh penipu yang berniat menjebak Anda.