Mikrofon Tidak Berfungsi di Ponsel Android Anda? Bagaimana memperbaikinya

Pernahkah Anda menerima panggilan telepon baru-baru ini di mana orang lain menyebutkan bahwa suara Anda tidak jelas? Ketika ini terjadi, Anda mungkin menghubungkannya dengan koneksi yang buruk. Namun, Anda mungkin malah mengalami masalah mikrofon di perangkat Anda.

Anda bahkan mungkin tidak menyadari masalah mikrofon Anda; skenario terburuk adalah memiliki mikrofon yang rusak. Mari kita lihat beberapa masalah yang dapat ditemui oleh mikrofon ponsel Android Anda dan metode untuk memperbaikinya.

Apa Penyebab Masalah Mikrofon?

Jadi mengapa dan bagaimana masalah mikrofon muncul? Mikrofon Anda dapat terdistorsi karena berbagai alasan, dengan yang paling umum adalah ponsel yang kotor. Jika Anda bukan orang yang membersihkan ponsel secara teratur, Anda mungkin terkejut melihat betapa banyak kotoran yang menumpuk.

Masalah perangkat keras umum lainnya pada ponsel Android terkait dengan pembaruan perangkat lunak dan pemasangan aplikasi pihak ketiga. Ini cenderung mengkonfigurasi ulang atau menonaktifkan mikrofon Anda tanpa Anda sadari. Mikrofon Anda juga dapat rusak karena masalah fisik, seperti malfungsi internal atau perangkat keras yang rusak karena salah menangani telepon Anda.

Bagaimana Anda Tahu Mikrofon Android Anda Rusak?

Jika Anda menduga mikrofon Anda mungkin rusak atau tidak berfungsi, sebaiknya Anda mengujinya untuk memastikan. Berikut cara menguji mikrofon Android Anda.

Rekam Suara Sendiri

Cara termudah untuk memastikan mikrofon Anda berfungsi adalah dengan merekam suara Anda di ponsel dan mendengarkan rekamannya. Anda dapat dengan mudah mengetahui apakah suara Anda terdistorsi untuk dapat membantu Anda memastikan masalahnya.

Sebagian besar ponsel Android dilengkapi dengan perekam suara bawaan yang dapat Anda gunakan. Jika Anda belum menginstalnya, Anda dapat menggunakan unduh aplikasi perekam suara seperti ASR Voice Recorder.

Lakukan Pemeriksaan Diagnostik Sistem

Jika Anda masih tidak yakin dengan mikrofon Anda, Anda dapat menggunakan aplikasi diagnostik perangkat keras dan sistem seperti Phone Doctor Plus untuk menguji mikrofon Anda. Aplikasi ini akan melakukan berbagai tes dan memberikan hasil pada kondisi mikrofon Anda.

Cara Memperbaiki Masalah Mikrofon Android Anda

Jika Anda telah memastikan bahwa mikrofon Anda tidak berfungsi dengan benar, sekarang Anda dapat mulai memperbaikinya. Karena ada berbagai alasan mengapa mikrofon ponsel Anda tidak berfungsi, mari kita lihat berbagai cara untuk memperbaiki masalah tersebut.

BACA JUGA:  Lacak Diet Anda untuk Membantu Menurunkan Berat Badan Dengan 5 Aplikasi Web Ini

1. Periksa apakah Kasing Anda Memblokir Mikrofon

Jika Anda menggunakan kasing di ponsel Anda, Anda harus terlebih dahulu memeriksa apakah itu memblokir port mikrofon. Bisa jadi mikrofonnya berfungsi dengan baik, tetapi tidak dapat mendeteksi suara Anda dengan baik atau sama sekali karena casingnya menutupi lubangnya.

Ini kemungkinan tidak akan menjadi penyebab masalah jika Anda membeli kasing langsung dari pabrikan ponsel. Namun terkadang, kasing pihak ketiga dapat memiliki cacat produksi dan tidak menempatkan lubang persis di tempat yang seharusnya, yaitu di atas mikrofon.

2. Mulai Ulang dan Periksa Pembaruan

Terkadang solusi termudah adalah solusi terbaik. Memulai ulang ponsel cerdas Anda menyegarkan sistem Anda dengan menghapus semua proses dan menutup aplikasi. Ini bisa menjadi perbaikan cepat untuk masalah Anda.

Tahan kekuasaan tombol sampai menu muncul, lalu pilih Daya > Matikan. Biarkan selama 30-60 detik sebelum menyalakannya kembali, lalu periksa untuk melihat apakah masalahnya telah teratasi.

Jika restart cepat tidak berfungsi, periksa pembaruan perangkat lunak, yang terletak di bawah Pengaturan > Sistem > Lanjutan > Pembaruan sistem atau serupa. Pembaruan perangkat lunak baru biasanya memperbaiki bug/kesalahan yang mungkin dimiliki versi saat ini, yang dapat memengaruhi mikrofon Anda.

3. Bersihkan Mikrofon Ponsel Anda

Jika Anda tidak membersihkan ponsel sesekali, kotoran dapat menumpuk di lubang kecil seperti port mikrofon, meskipun perangkat Anda memiliki peringkat IP68 untuk ketahanan debu dan air. Menyeka ponsel saja tidak cukup, karena debu atau kotoran kecil lainnya dapat masuk.

Mikrofon Anda adalah lubang kecil atau port lain yang terletak di samping konektor USB, biasanya di bagian bawah ponsel Anda. Ambil pin kecil, jarum tipis, atau sejenisnya dan gunakan untuk membersihkan mikrofon dengan lembut. Alternatif lain adalah dengan meniup langsung ke sana, untuk menghilangkan semua puing-puing yang menumpuk. Namun, jika Anda melakukan ini, berhati-hatilah untuk tidak meniupkan udara lebih jauh ke dalam telepon.

Aspek lain yang harus diperiksa saat membersihkan adalah pelindung layar Anda. Saat Anda menempatkan item pelindung baru di ponsel Anda, ada kemungkinan Anda akan menutupi mikrofon Anda dengan itu. Pastikan tidak ada bagian yang menghalangi mikrofon Anda, dan tidak ada penumpukan debu yang terperangkap di dalam celah-celah casing Anda.

BACA JUGA:  9 Aktivitas Kesehatan Terbaik untuk Dicoba Selama Menopause dan Aplikasi untuk Melakukannya

Anda dapat menyesuaikan panduan kami untuk membersihkan iPhone untuk ponsel Android Anda dan menerapkan sebagian besar langkah yang sama untuk menghindari masalah ini lagi di masa mendatang.

4. Konfigurasikan Pengaturan Suara Anda

Beberapa ponsel Android hadir dengan fitur yang disebut peredam bising atau pengurangan kebisingan. Peredam kebisingan membantu mengurangi kebisingan latar belakang saat Anda sedang menelepon atau merekam video.

Bagi mereka yang tidak menyadarinya, hasilnya mungkin terdengar sedikit membingungkan, sehingga mudah untuk berasumsi bahwa ada yang salah dengan mikrofon Anda. Inilah cara Anda dapat menonaktifkan pengaturan untuk memastikan mikrofon Anda baik-baik saja:

Pergi ke Pengaturan aplikasi. Pilih Pengaturan panggilan atau Pengaturan suara. Cari Pengurangan kebisingan pilihan dan menonaktifkannya. Mulai ulang ponsel Anda dan periksa apakah masalahnya sudah teratasi.

Harap dicatat bahwa tidak semua ponsel Android dilengkapi dengan fitur ini, dan fitur ini mungkin muncul di lokasi yang berbeda untuk Anda.

Selain opsi ini, ada juga kemungkinan Anda membiarkan ponsel Anda terhubung ke headset Bluetooth atau perangkat lain dengan mikrofon. Jika demikian, ponsel Anda akan menggunakannya sebagai mikrofon utama, bukan mikrofon bawaan.

Pastikan untuk memeriksa apa yang saat ini terhubung di bawah Setelan > Perangkat yang terhubung. Nonaktifkan semua perangkat Bluetooth aktif dan coba gunakan mikrofon lagi untuk memperbaiki masalah Anda.

5. Periksa Gangguan Aplikasi Pihak Ketiga

Aplikasi pihak ketiga adalah salah satu penyebab terbesar ponsel tidak berfungsi. Mereka dapat mengganggu pengaturan telepon Anda; banyak orang mengalami penyimpangan tetapi menganggapnya tidak lebih dari gangguan. Dengan cara ini, aplikasi yang dapat mengakses mikrofon Anda mungkin menjadi penyebab masalah Anda saat ini.

Untuk menentukan apakah masalah mikrofon Anda disebabkan oleh aplikasi pihak ketiga atau tidak, Anda harus menjalankan ponsel Anda dalam mode aman, yang menonaktifkan semua aplikasi pihak ketiga untuk sementara.

BACA JUGA:  Cara Mengakses Penyimpanan Desktop Windows Anda Menggunakan Ponsel Android

Berikut cara mengaktifkan mode aman di ponsel Anda saat sudah aktif:

Tekan dan tahan ponsel Anda Kekuasaan tombol. Di layar Anda, sentuh dan tahan tombol Matikan pilihan. Setelah itu, Anda akan melihat Mode aman di bagian bawah layar Anda. Pilih ini untuk mem-boot ulang ke mode aman.

Jika ponsel Anda mati, lakukan hal berikut:

Pegang ponsel Anda Kekuasaan tombol untuk boot seperti biasa. Saat animasi dimulai, tekan dan tahan ponsel Anda volume turun tombol. Tahan terus sampai animasi berakhir dan telepon Anda mulai dalam mode aman. Kamu akan lihat Mode aman muncul di bagian bawah layar Anda untuk mengonfirmasi.

Sekarang setelah Anda berada dalam mode aman, lakukan panggilan uji coba atau gunakan aplikasi perekam untuk memeriksa mikrofon. Jika mikrofon Anda berfungsi dengan baik dalam mode aman, maka masalahnya terletak pada aplikasi. Anda dapat menemukan daftar aplikasi yang menggunakan mikrofon Anda di menu Pengaturan.

Pergi ke Setelan > Aplikasi & notifikasi > Lanjutan > Pengelola izin > Mikrofon.

Jika Anda telah menginstal aplikasi penguat suara atau penambah, kemungkinan besar mereka adalah pelakunya. Jika tidak, coba periksa aplikasi yang Anda curigai sebagai penyebabnya, cabut akses mikrofonnya, lalu uji mikrofon Anda untuk melihat apakah itu penyebabnya.

6. Bawa ke Teknisi

Jika semuanya gagal, ada kemungkinan ponsel Anda rusak. Mikrofon adalah bagian yang halus dan dapat dengan mudah pecah dari jatuh atau kerusakan air. Dalam skenario ini, yang terbaik adalah membawa telepon Anda ke teknisi yang dapat menentukan kesalahan di dalam perangkat Anda.

Membuat Mikrofon Anda Bekerja dengan Benar

Ada berbagai alasan mikrofon ponsel Anda mungkin tidak berfungsi dengan baik. Jika Anda pernah mengalami masalah, metode di atas akan membantu Anda mengidentifikasi dan memperbaiki masalah dengan mikrofon.

Cara terbaik untuk menghindari masalah agar tidak muncul di masa mendatang adalah dengan merawat ponsel Anda dengan baik.

By Digitalbisnisonlineku

error: Content is protected !!