Menyiapkan Ponsel Samsung Anda? Inilah 8 Hal Pertama yang Harus Anda Lakukan

Ketika datang ke perangkat lunak, Samsung mengikuti pendekatan maksimalis, memberi Anda semua yang Anda bisa minta dan lebih banyak lagi. Kelebihan dari pendekatan ini jelas: Anda mendapatkan lebih banyak fitur, dapat menyesuaikan ponsel Anda hingga tingkat yang tinggi, dan tidak perlu mengunduh aplikasi pihak ketiga yang tidak dapat diandalkan untuk tugas apa pun.

Pada saat yang sama, ini juga mengundang kebingungan, terutama di kalangan pengguna non-teknisi tentang cara berinteraksi yang lebih baik dengan ponsel Galaxy Anda. Untuk membuatnya lebih mudah, mari kita daftar delapan hal yang menurut kami harus dilakukan setiap pengguna pada ponsel Samsung baru, tidak peduli apakah Anda pengguna biasa, penggemar, power user, atau gamer.

1. Siapkan Akun Samsung

Hal pertama yang perlu Anda lakukan saat mengatur perangkat Galaxy Anda adalah membuat akun Samsung. Ini membantu mencadangkan data Anda ke Samsung Cloud jika ponsel Anda hilang, atau Anda hanya ingin memulihkannya saat meningkatkan ke perangkat Galaxy baru nanti.

Berbicara tentang kehilangan ponsel, Anda juga memerlukan akun Samsung untuk menggunakan layanan Temukan Seluler Saya. Tanpa layanan ini, Samsung tidak akan dapat membantu Anda menemukan perangkat yang hilang.

Jika Anda belum memiliki akun Samsung, Anda dapat membuatnya dengan membuka perangkat Anda Pengaturan > Akun dan cadangan > Kelola akun > Tambah akun > Akun Samsung dan ikuti proses pembuatan akun dari sana.

Jelas bahwa menekan lama tombol daya akan membuka menu matikan. Tetapi pada ponsel Galaxy, hal itu akan mengaktifkan asisten suara asli Samsung Bixby secara default.

Ini tidak mungkin bagaimana Anda ingin menggunakan telepon Anda secara teratur; harus mengucapkan perintah suara daripada hanya menekan tombol sangat kontra-intuitif dan membutuhkan lebih banyak waktu. Untuk mengubah pengaturan ini, buka Pengaturan > Fitur lanjutan > Tombol samping dan pilih Matikan menu di bawah Tekan dan tahan.

BACA JUGA:  10 Aplikasi Senam Terbaik untuk Melakukan Latihan Kekuatan Berat Badan yang Efektif

Sekarang, ketika Anda menekan lama tombol daya, ponsel Anda akan menampilkan menu matikan di mana Anda dapat mematikan atau memulai ulang ponsel Anda, mengaktifkan mode Darurat, atau meluncurkan perangkat Anda dalam mode Aman alih-alih membangunkan Bixby. Ini adalah salah satu cara paling dasar untuk membuat ponsel Samsung Anda lebih ramah pengguna.

3. Geser ke Bawah Dari Layar Beranda untuk Mengakses Panel Pemberitahuan

Pengaturan yang sangat sederhana namun berguna yang tidak diaktifkan secara default pada ponsel Samsung adalah menggesek ke bawah dari layar beranda untuk membuka panel notifikasi. Karena itu, Anda terpaksa menjangkau bagian atas layar Anda, membuat perangkat kurang dapat digunakan oleh orang-orang dengan tangan yang lebih kecil.

Untuk mengubah pengaturan ini, buka Pengaturan > Layar utama dan aktifkan Geser ke bawah untuk panel notifikasi. Sekarang, Anda dapat menggesek ke bawah di mana saja di layar beranda dan panel notifikasi akan ditarik ke bawah. Geser ke bawah sekali lagi dan itu akan mengakses panel Pengaturan Cepat.

4. Alihkan Aplikasi Default ke Google Apps

Jika Anda lebih suka menggunakan aplikasi Google daripada alternatif Samsung, Anda dapat mengaturnya sebagai opsi default dengan membuka Pengaturan > Aplikasi > Pilih aplikasi default.

Ketuk kategori seperti Aplikasi peramban dan pilih dari Samsung Internet atau Google Chrome atau browser lain yang terpasang di perangkat Anda. Lakukan hal yang sama untuk kategori lain termasuk Aplikasi asisten digital, Aplikasi telepon, aplikasi SMSdan banyak lagi.

5. Copot Aplikasi Samsung yang Tidak Diinginkan

Pada ponsel Galaxy mana pun, ada sekitar 30 aplikasi Samsung yang sudah diinstal sebelumnya, dan itu tidak termasuk aplikasi sistem seperti Jam dan Kalender. Beberapa di antaranya berguna, yang lain tidak begitu banyak. Untuk mencopot pemasangan aplikasi yang tidak diinginkan, buka Setelan > Aplikasi dan ketuk aplikasi untuk membuka halaman infonya, lalu ketuk Copot pemasangan > OK untuk menghapusnya.

BACA JUGA:  Cara Mengubah Jam Tampilan Peek di Ponsel Motorola

Jika Anda ingin mencopot banyak aplikasi sekaligus, metode ini mungkin memakan banyak waktu. Dalam hal ini, Anda dapat mencopot pemasangan aplikasi secara massal seperti:

Tarik laci aplikasi Anda dan tekan lama aplikasi yang ingin Anda hapus. Pada menu pop-up, ketuk Pilih. Pilih semua aplikasi yang ingin Anda hapus dan ketuk Copot pemasangan. Terus ketuk Oke pada setiap pop-up yang muncul.

Perhatikan bahwa beberapa aplikasi Samsung termasuk Galaxy Store, Bixby, Secure Folder, My Galaxy, AR Zone, Samsung Free, dan lainnya tidak dapat dihapus karena merupakan bagian integral dari One UI. Beberapa di antaranya bahkan tidak dapat dinonaktifkan.

6. Sembunyikan Aplikasi yang Tidak Diinginkan Dari Laci Aplikasi

Untuk aplikasi yang tidak dapat dicopot atau dinonaktifkan, masih ada cara Anda setidaknya dapat memindahkannya dari pandangan Anda. Anda dapat menyembunyikannya sehingga tidak mengacaukan laci aplikasi Anda dan membuatnya semakin sulit untuk menemukan aplikasi favorit Anda.

Untuk melakukannya, buka Pengaturan > Layar Beranda > Sembunyikan aplikasi dan pilih semua aplikasi yang ingin Anda sembunyikan dari layar beranda serta laci aplikasi (atau layar Aplikasi, sebagaimana Samsung menyebutnya). Setelah dipilih, ketuk Selesai.

7. Ketuk dua kali Tombol Daya untuk Meluncurkan Kamera dengan Cepat

Benci bidikan yang hilang karena butuh waktu lama untuk membuka kamera? Untungnya, Anda dapat mengatur ponsel Samsung Anda untuk meluncurkan kamera dengan cepat dengan menekan dua kali tombol daya.

Berikut cara melakukannya:

Pergi ke Pengaturan > Fitur lanjutan > Tombol samping. Aktifkan Tekan dua kali dan pilih Kamera peluncuran cepat. Jika Anda menggunakan aplikasi kamera pihak ketiga alih-alih yang default, pilih Buka aplikasi dan ketuk ikon Pengaturan, lalu ketuk aplikasi yang ingin Anda luncurkan dari laci aplikasi. 8. Unduh Aplikasi Kunci Bagus

BACA JUGA:  Apa Itu Atlas Earth dan Apakah Itu Penipuan?

Banyak orang tidak tahu apa itu aplikasi Samsung Good Lock. Dibuat khusus untuk perangkat Galaxy, ini adalah aplikasi penyesuaian all-in-one yang terdiri dari beberapa modul yang menargetkan bagian tertentu dari UI seperti layar Beranda, layar Kunci, panel notifikasi, dan banyak lagi.

Anda dapat menggunakannya untuk mengubah ikon aplikasi, menyembunyikan label ikon aplikasi, mengubah tata letak halaman Terbaru, memodifikasi panel Pengaturan Cepat, dan banyak lagi. Good Lock adalah aplikasi pertama yang harus diunduh oleh penggemar Samsung di perangkat Galaxy mereka untuk merasakan semua yang ditawarkan One UI.

Delapan Hal Pertama yang Harus Dilakukan di Ponsel Samsung Anda

Ponsel Samsung hadir dengan begitu banyak fitur sehingga agak sulit untuk menavigasinya. Meskipun sebagian besar pengaturan default berfungsi dengan baik, beberapa diatur dengan sengaja untuk memasarkan layanan Samsung sementara yang lain berfungsi sebagai tambahan opsional yang dapat diaktifkan secara manual untuk mengurangi masalah yang mungkin Anda hadapi dengan telepon Anda.

Selain delapan yang kita lihat di atas, ada banyak pengaturan dan fitur lain yang dapat Anda sesuaikan untuk memaksimalkan penggunaan ponsel Samsung Anda dan menggunakannya seperti seorang profesional. Jangan ragu untuk meluangkan waktu menjelajahi aplikasi Pengaturan dan menemukan fitur baru yang mungkin menarik bagi Anda.

By Digitalbisnisonlineku

error: Content is protected !!