Cara Meniru Game Nintendo 3DS di Android

Emulasi menawarkan cara yang mudah diakses dan terjangkau bagi Anda untuk memainkan game lama yang mungkin sulit didapat saat ini. Ponsel Android Anda mampu meniru sebagian besar konsol rumah dan konsol genggam hingga generasi konsol kelima, tetapi bahkan perangkat genggam Nintendo yang lebih baru bukanlah masalah untuk smartphone modern.

Mari kita bicara tentang menyiapkan dan menggunakan emulator Nintendo 3DS di ponsel Android Anda.

Emulator Nintendo 3DS Terbaik di Android

Langkah pertama adalah memilih emulator tentunya. Ada sejumlah opsi yang mengejutkan, tetapi perbedaan di antara yang terbaik tergantung pada preferensi pribadi Anda.

Citra dan RetroArch sebagian besar digembar-gemborkan sebagai emulator 3DS terbaik. Keduanya open-source dan tersedia di sebagian besar platform.

Emulator RetroArch

RetroArch mampu meniru sejumlah besar konsol, termasuk 3DS, Wii, Wii U, GameBoy, PlayStation 1, PlayStation 2, SNES, Sega Genesis, dan banyak lagi. Ini dimungkinkan karena RetroArch berfungsi sebagai semacam hub, yang terdiri dari banyak emulator yang dibuat untuk berbagai konsol.

Ini tersedia di Windows, Linux, Android, macOS, dan iOS—namun, itu juga mampu berjalan di beberapa konsol, seperti GameCube. RetroArch menyediakan daftar lengkap platform yang didukung di situs webnya. Untuk detail lebih lanjut tentang kemampuan penyesuaiannya, panduan instalasi RetroArch Windows kami membahas opsi konfigurasi yang luas.

Unduh: RetroArch (Gratis)

BACA JUGA:  9 Aplikasi Kesehatan dan Kebugaran Bebas Iklan Terbaik untuk Android

Citra Emulator

Citra adalah emulator berkemampuan 3DS pertama, yang dibuat untuk PC. Saat ini tersedia di Windows, Linux, macOS, dan Android. Tim Citra memiliki daftar kompatibilitas game yang luar biasa yang bahkan mengkategorikan game yang didukung dalam skala dari “tidak diuji” hingga “sempurna” sehingga pengguna dapat melihat kemajuan pengujian kompatibilitas game.

Meskipun RetroArch memiliki keunggulan ketersediaan yang lebih besar dan platform yang lebih didukung, kami akan menggunakan Citra yang berfokus pada 3DS untuk artikel ini. Tim Citra telah mempertahankan dukungan yang konsisten dan substansial selama bertahun-tahun, dan aplikasi Android dioptimalkan dengan baik—bahkan termasuk dukungan gamepad!

Unduh: Citra Emulator (Gratis)

Peringatan! Mengenai ROM

Merupakan tanggung jawab kami untuk mengingatkan Anda bahwa memperoleh ROM melalui cara apa pun selain merobeknya dari disk atau kartrid yang Anda miliki adalah ilegal. Anda hanya boleh menyalin ROM sepenuhnya untuk penggunaan Anda sendiri, bukan untuk tujuan distribusi, dari game yang Anda miliki. Nintendo sangat ketat dalam membagikan dan mengunduh ROM mereka, jadi berhati-hatilah.

Namun, selama Anda tidak menjual ROM, sebagian besar Anda seharusnya aman dari masalah hukum. Saat mendapatkan ROM dari database online, pastikan sumbernya memiliki reputasi baik dan file aman sebelum mengunduh. ROM tidak akan pernah menjadi file EXE, dan mereka tidak akan pernah meminta akses yang lebih besar ke perangkat Anda.

BACA JUGA:  FitMenCook vs. Resep Sehat: Membandingkan Aplikasi Android Teratas untuk Memasak Sehat

Cara Mengatur dan Menggunakan Citra di Ponsel Android Anda

Setelah Anda mengunduh Citra di ponsel Android, Anda hanya tinggal beberapa langkah lagi untuk memainkan game 3DS favorit Anda.

Siapkan Game Anda untuk Emulasi

Sebelum meluncurkan aplikasi, Anda mungkin ingin menyimpan file game di folder yang sesuai di perangkat Android Anda. Bahkan mungkin lebih baik untuk membuat folder baru dengan judul seperti 3DS Games atau Citra Games.

Ini tidak perlu dipersiapkan sebelum meluncurkan aplikasi, tetapi ini akan membuat penyiapan pertama Anda lebih mudah—saat pertama kali meluncurkan Citra, Anda akan diminta untuk memilih folder tempat game Anda akan diluncurkan. Ini dapat diubah kapan saja dengan mengetuk ikon folder di sudut kanan atas.

Game di Nintendo 3DS menggunakan ekstensi CIA, tetapi harus didekripsi sebelum digunakan—file yang diekstrak ini akan menggunakan ekstensi 3DS. Anda dapat mengekstrak file menggunakan alat seperti WinZip, tetapi Citra juga memungkinkan Anda mengekstrak file 3DS dari CIA langsung di layar beranda aplikasi. Cukup ketuk ikon file, pilih Instal CIA, dan pilih file CIA dari unduhan Anda. Sisanya mudah.

Cara Bermain Game di Citra

Dengan perpustakaan kecil game 3DS yang siap digunakan, Anda siap untuk mulai bermain.

Luncurkan Citra dan terima izin yang diminta. Mungkin meminta akses mikrofon—ini untuk game DS yang menggunakan mikrofon untuk tujuan bermain game. Pilih folder game yang Anda siapkan sebelumnya, dan ketuk Pilih direktori ini. Setelah direktori game yang didekripsi dipilih, layar beranda akan mencantumkan semua game Anda, disertai dengan ikon. Ketuk game pilihan Anda untuk meluncurkannya. Kotak pemuatan kecil akan muncul saat emulator memuat shader yang diperlukan. Setelah ini, Anda baik untuk pergi. Emulator 3DS Terbaik untuk Android

BACA JUGA:  Microsoft Membawa Aplikasi Android di Windows 11 ke Lebih Banyak Negara

Saat menguji Citra, kami memilih dua game dari daftar kompatibilitasnya, New Super Mario Bros. 2, dan Resident Evil Revelations. Yang pertama ditandai “hebat” dan yang terakhir diberi label “buruk” pada daftar kompatibilitas. Kami menemukan bahwa Super Mario menawarkan pengalaman yang menyenangkan secara keseluruhan, dengan hanya sesekali gagap. Resident Evil, di sisi lain, memiliki beberapa kesalahan tekstur dan model, serta crash.

Kami tidak ragu bahwa Citra adalah cara terbaik untuk menikmati game yang kompatibel, dan kegigihan tim meyakinkan kami bahwa mereka hanya akan terus berkembang dan meningkatkan game kompatibel yang tersedia. Citra adalah rekomendasi yang mudah—mungkin cara terbaik untuk meniru game 3DS.

By Digitalbisnisonlineku

error: Content is protected !!