Cara Meningkatkan Performa Game di Ponsel Android Anda

Tahukah Anda bahwa Anda dapat mengubah beberapa opsi di ponsel Android Anda untuk membuat game Anda berjalan lebih lancar? Ini adalah beberapa perubahan yang mudah dilakukan, dan Anda bahkan tidak memerlukan akses root untuk sebagian besar kiat pengoptimalan game untuk Android ini.

Mari kita lihat beberapa cara terbaik untuk membuat ponsel Android Anda lebih ramah game.

1. Tingkatkan Kecepatan Penyegaran Layar

Semakin tinggi kecepatan refresh layar, semakin baik nuansa visual yang Anda dapatkan dari game Anda, dengan animasi yang jauh lebih halus. Beralih ke kecepatan refresh tinggi adalah salah satu cara termudah untuk meningkatkan kinerja game di Android tanpa root.

Banyak perangkat Android—termasuk model unggulan dari Samsung dan OnePlus—memungkinkan Anda mengubah kecepatan refresh layar. Jika Anda mengubah ini menjadi apa pun yang tertinggi yang ditawarkan ponsel Anda, Anda dapat sangat meningkatkan visual game Anda.

Pada ponsel yang mendukung fitur ini (tidak semua ponsel mendukung), berikut cara meningkatkan kecepatan refresh:

Luncurkan Pengaturan aplikasi di ponsel Anda dan ketuk Menampilkan. Pilih Canggih pada layar yang dihasilkan. Mengetuk Tingkat penyegaran. Pilih kecepatan refresh setinggi mungkin dari opsi di layar Anda.

Karena ada rasa Android yang berbeda, langkah-langkah yang tepat akan bervariasi dari satu perangkat ke perangkat lainnya. Periksa model ponsel Anda secara online jika Anda tidak dapat menemukan opsi dan yakin perangkat Anda memiliki kecepatan refresh tampilan yang tinggi.

2. Beralih ke Koneksi Internet Cepat

Jika Anda memainkan game online di ponsel Android Anda, kecepatan koneksi internet Anda memengaruhi kinerja game Anda. Ini karena game Anda perlu mengirim dan menerima data secara konstan. Jika koneksi internet Anda buruk, transfer data ini membutuhkan waktu lebih lama. Pada gilirannya, pengalaman bermain game Anda akan dimanjakan.

Oleh karena itu, untuk memastikan game online Anda bermain dengan lancar dan bebas lag seperti game offline Anda, pertimbangkan untuk menggunakan koneksi internet yang cepat saat Anda memainkan game Anda.

Anda dapat menggunakan koneksi apa pun yang cukup cepat. Itu bisa berupa koneksi Wi-Fi atau bahkan koneksi data seluler, terutama jika Anda memiliki akses ke 5G. Tetapi jika Anda memainkan game multipemain, perhatikan bahwa Anda akan mendapatkan ping yang jauh lebih rendah di jaringan Wi-Fi rumah Anda daripada data seluler.

BACA JUGA:  12 Aplikasi Augmented Reality Terbaik untuk Android

3. Matikan Paksa 4x

Force 4x MSAA (multisample anti-aliasing) adalah opsi yang ditemukan di beberapa ponsel Android yang sangat meningkatkan kualitas visual game Anda. Sejauh ini pengaturan opsi Pengembang terbaik untuk meningkatkan tampilan game Anda, jadi kami tidak menyalahkan Anda jika Anda telah mengaktifkannya selama ini.

Sayangnya, pengaturan ini secara signifikan memperburuk kinerja game. Jika prosesor ponsel cerdas Anda tidak cukup kuat, Anda akan mengalami penurunan bingkai saat memainkan game yang menuntut grafis seperti PUBG Mobile, Fortnite, Apex Legends, Call of Duty: Mobile, dan banyak lagi. Plus, itu menguras baterai cukup cepat.

Jadi, coba matikan dan lihat seberapa lancar game Anda berjalan di ponsel Anda. Lebih penting lagi, Anda akan dapat bermain game lebih lama tanpa khawatir mengisi daya.

Perlu diingat tidak semua ponsel di luar sana mendukung Force 4x. Tetapi Anda dapat memeriksa apakah Anda memiliki opsi dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

Buka Pengaturan aplikasi, ketuk Tentang telepondan ketuk Nomor pembuatan tujuh kali. Ponsel Anda harus mengatakan bahwa Anda adalah seorang pengembang. Kembali ke menu pengaturan utama dan ketuk Sistem. Mengetuk Opsi pengembang. Temukan opsi yang mengatakan Paksa 4x MSAA dan matikan.

Jika langkah-langkah ini tidak berhasil untuk Anda, cari dengan cepat Paksa 4x menggunakan bilah pencarian teratas di aplikasi Pengaturan. Ingat bahwa Anda harus mengaktifkan opsi Pengembang terlebih dahulu.

4. Hapus Sampah Dari Ponsel Anda

Semakin banyak file yang Anda simpan di ponsel, semakin lambat ponsel Anda. Dan ini terutama terjadi jika ponsel Anda kehabisan ruang penyimpanan.

Jika Anda telah menyimpan file apa pun di ponsel yang tidak ingin Anda gunakan lagi, Anda harus membuang file tersebut untuk meningkatkan kinerja ponsel Anda. Peningkatan kinerja ini akan memengaruhi sesi permainan Anda secara positif.

Ponsel Android Anda mengumpulkan konten sampah dari berbagai sumber. Sisa aplikasi Anda yang dihapus, file media lama, dan dokumen lain yang tidak digunakan adalah bagian dari sampah ini.

BACA JUGA:  10 Aplikasi Pencarian Gambar Terbalik Terbaik untuk iPhone dan Android

Anda sebenarnya dapat menggunakan fitur bawaan di banyak ponsel Android untuk menemukan file yang tidak digunakan dan menghapusnya dengan aman dari ponsel. Inilah cara Anda menemukan dan menggunakan fitur ini:

Mengakses Pengaturan di ponsel Anda, dan ketuk Penyimpanan. Ketuk Kosongkan Ruang tombol. Pilih item yang tidak Anda gunakan lagi, dan ketuk Membebaskan di kanan bawah.

Atau, lihat aplikasi yang akan membersihkan file sampah di perangkat Android Anda.

5. Aktifkan Suara Dolby Atmos

Kesetiaan audio adalah faktor yang sering diabaikan dalam game seluler. Tetapi gamer yang kompetitif memahami betapa pentingnya isyarat audio dalam game multipemain.

Suara surround Dolby Atmos sangat meningkatkan kualitas audio game Anda. Jadi, jika Anda memiliki ponsel Android yang mendukung ini, Anda dapat mengaktifkan fitur ini dan menikmati kualitas suara yang lebih baik di game Anda.

Sebagian besar ponsel Samsung Galaxy memiliki fitur ini, dan Anda dapat mengaktifkan dan menonaktifkannya dari menu Pengaturan. Berikut caranya:

Buka Pengaturan aplikasi di ponsel Anda, dan ketuk Suara dan getaran. Mengetuk Kualitas dan efek suara pada layar berikut. Belok Dolby Atmos pada.

Sekarang, Anda akan mengetahui perbedaan yang dibuat oleh teknologi apakah Anda menggunakan headphone atau speaker stereo bawaan ponsel Anda.

6. Gunakan Aplikasi Game Booster

Dengan semakin banyak orang bermain game di ponsel Android mereka, kini ada aplikasi untuk mengoptimalkan perangkat Android Anda untuk bermain game.

Aplikasi penguat permainan ini mengubah berbagai opsi di ponsel Anda untuk memastikan ponsel Anda dapat memainkan game dengan lancar, dan mereka juga akan mematikan notifikasi sehingga Anda tidak terganggu saat bermain. Anda tidak perlu mengoptimalkan setiap opsi secara manual karena aplikasi melakukannya untuk Anda dengan satu ketukan.

Game Booster adalah aplikasi pengoptimalan game gratis yang dapat Anda gunakan untuk membuat perangkat Android Anda ramah game. Ada beberapa peluncur game lain untuk Android juga yang dapat Anda gunakan. Dan jika ponsel Android Anda memiliki mode permainan, pastikan Anda mengaktifkannya setiap kali Anda ingin bermain.

7. Gunakan Aksesori Game Ponsel

BACA JUGA:  10 Game Seluler Gratis Terbaik Tanpa Iklan atau Pembelian Dalam Aplikasi

Selain perangkat lunak, Anda dapat membuat perubahan pada perangkat keras Anda untuk meningkatkan permainan di perangkat Android Anda.

Misalnya, Anda bisa mendapatkan pengontrol game eksternal untuk memainkan game di ponsel Anda. Pengontrol ini akan membantu Anda mengontrol gerakan Anda dengan lebih baik dalam gim Anda. Misalnya, Anda dapat menghubungkan pengontrol Xbox Series X atau PlayStation 5 ke ponsel Android Anda melalui Bluetooth.

Selain itu, Anda dapat membeli dudukan klip ponsel cerdas untuk pengontrol Anda untuk pengalaman bermain game genggam terbaik. Sebagian besar item aksesori game ini mudah dipasang. Anda cukup mencolokkannya ke telepon Anda, dan mereka mulai bekerja.

8. Overclock CPU Telepon

Akhirnya, sesuatu yang lebih praktis untuk penggemar game seluler sejati. Overclocking CPU ponsel Anda memungkinkan Anda mengekstrak lebih banyak daya dari prosesor yang sama. Ini memungkinkan game Anda memproses lebih banyak item sekaligus, dan ini menghasilkan lingkungan game yang lebih baik.

Anda dapat melakukan overclock CPU pada sebagian besar ponsel Android di luar sana. Namun, perlu diingat bahwa Anda harus melakukan root pada ponsel Anda sebelum dapat melakukan overclock. Jika Anda tidak yakin apa itu root, mungkin sebaiknya Anda tidak melakukan ini atau Anda berisiko merusak perangkat Anda.

Untuk melakukan overclock pada ponsel Android, Anda harus menginstal kernel khusus terlebih dahulu. Kemudian Anda dapat menggunakan aplikasi seperti Franco Kernel Manager yang populer untuk meng-overclock CPU Anda. Overclocking akan membuat ponsel Anda bekerja lebih panas dan mempersingkat masa pakai baterai Anda, tetapi dapat memeras setiap tetes daya dari perangkat Anda.

Optimalkan Android untuk Game

Jika perangkat Android Anda adalah mesin game utama Anda, tips di atas akan membantu Anda meningkatkan kinerja game di ponsel Anda. Beberapa tweak di sana-sini akan membuat perangkat Anda menangani semua game favorit Anda dengan lebih baik.

Android memiliki banyak permainan untuk dipilih, dan bahkan ada permainan yang tidak memerlukan koneksi internet sama sekali.

By Digitalbisnisonlineku

error: Content is protected !!