Cara Menghubungkan Internet Seluler ke PC Anda melalui Tethering

Butuh koneksi internet untuk PC atau laptop Anda, tetapi tidak memiliki akses Wi-Fi publik? Solusinya sederhana: sambungkan koneksi internet seluler ponsel cerdas Anda ke PC. Proses ini dikenal sebagai tethering.

Meskipun tethering dengan laptop atau tablet Anda mungkin lebih cepat daripada jaringan publik di kafe favorit Anda, itu bisa memiliki masalah sendiri. Inilah yang perlu Anda ketahui tentang tethering dengan Android dan cara menghubungkan internet seluler ke PC.

Apa itu Tethering?

Tethering adalah istilah untuk menghubungkan perangkat seluler Anda ke komputer Anda, sehingga PC Anda bisa online melalui koneksi data seluler ponsel Anda. Ia bekerja melalui USB, Bluetooth, atau Wi-Fi.

Di masa pra-iPhone, ini berarti menggunakan telepon fitur gaya lama untuk menelepon nomor yang memberikan akses internet di mana saja. Beberapa ponsel dapat berbagi koneksi internetnya, memungkinkan Anda untuk online melalui APN jaringan perangkat.

Setelah iPhone dirilis pada tahun 2007, banyak jaringan telepon seluler mulai membebankan biaya tambahan untuk rencana tethering. Untungnya, praktik pengambilan uang ini telah dihapus hampir sepenuhnya—hari-hari ini, tethering biasanya gratis selain menggunakan penyisihan data Anda.

Opsi Tethering Seluler Android Dijelaskan

Pemilik Android memiliki tiga opsi tethering untuk berbagi koneksi internet seluler dengan laptop, tablet, atau bahkan PC desktop mereka:

Terhubung melalui Bluetooth Gunakan ponsel Anda sebagai hotspot nirkabel Hubungkan ponsel Anda ke komputer melalui USB

Di bawah ini kita akan melihat masing-masing metode ini untuk menemukan metode mana yang akan menghabiskan baterai Anda paling cepat, dan mana yang mentransfer data paling cepat.

Sebelum melanjutkan, pastikan Anda telah mengaktifkan internet seluler di ponsel Anda. Penting untuk diperhatikan bahwa kekuatan sinyal seluler akan memengaruhi kecepatan koneksi Anda. Menggunakan tethering juga dapat mengakibatkan tingkat baterai ponsel Anda menurun dengan cepat; tethering nirkabel sangat boros daya.

Kami memberikan hasil kecepatan dari speedtest.net untuk perbandingan. Kecepatan sebenarnya yang Anda dapatkan akan bergantung pada berbagai faktor, termasuk ponsel yang Anda gunakan dan kecepatan jaringan seluler yang Anda sambungkan. Kami berada di 4G. 5G jelas akan jauh lebih cepat.

1. Cara Menghubungkan Internet Seluler ke PC Dengan Kabel USB

Ponsel telah lama memiliki fitur modem, memungkinkan Anda untuk menghubungkan perangkat ke komputer Anda menggunakan tethering USB. Ini memungkinkan Anda berbagi koneksi internet seluler melalui koneksi kabel dengan laptop atau perangkat lain.

BACA JUGA:  Aplikasi Berita Seluler Mana yang Lebih Baik?

Ini mudah dilakukan saat Anda menggunakan Windows. Sambungkan kabel USB yang Anda gunakan untuk mengisi daya ponsel ke komputer, lalu tancapkan ke port USB ponsel.

Selanjutnya, ikuti langkah-langkah ini untuk mengonfigurasi perangkat Android Anda untuk berbagi internet seluler. Beberapa menu mungkin sedikit berbeda tergantung pada perangkat dan versi Android yang Anda gunakan, tetapi petunjuk umumnya sama pada semua model.

Membuka Pengaturan > Jaringan dan internet > Lanjutan > Hotspot dan tethering. Anda juga dapat mengetuk notifikasi yang muncul saat menghubungkan perangkat. Ketuk Penambatan USB penggeser untuk mengaktifkannya. Jika ini tampak berwarna abu-abu, pastikan kabel USB terhubung dengan benar di kedua ujungnya. Itu Hotspot dan tethering peringatan akan muncul, memberi tahu Anda bahwa melanjutkan akan mengganggu transfer data yang ada antara ponsel dan PC Anda. Mengetuk Oke untuk melanjutkan.

Ikon pemberitahuan akan muncul untuk mengonfirmasi bahwa tethering aktif. Dalam pengujian, kami menemukan hasil berikut:

Kecepatan: Unduhan 97Mbps, unggah 2.02Mbps, dengan ping rata-rata 66ms. Dampak Baterai: Efek pada baterai ponsel Anda tergantung pada apakah laptop Anda terhubung atau tidak. Jika ya, penurunan baterai harus lambat hingga tidak ada, karena ponsel akan mengisi daya secara perlahan melalui koneksi USB.

Jika komputer Anda menggunakan baterainya, ponsel Anda berpotensi menguras baterai komputer, bukan baterainya sendiri.

2. Gunakan Penambatan Bluetooth Dengan Internet Seluler

Ingin tahu cara menghubungkan internet seluler ke PC tanpa kabel USB? Jawabannya adalah dengan menggunakan Bluetooth. Teknologi nirkabel jarak pendek memiliki bandwidth yang cukup untuk merutekan data ke dan dari ponsel Anda dan perangkat yang dipasangkan.

Mulailah dengan memasangkan ponsel Anda dengan komputer Anda:

Buka pengaturan Bluetooth ponsel Android Anda. Anda dapat melakukannya dengan menekan lama ikon Bluetooth di Pengaturan Cepat, atau telusuri ke Setelan > Perangkat yang terhubung. Pilih Pasangkan perangkat baru, yang akan membuat perangkat Anda dapat ditemukan. Sekarang, di komputer Windows Anda, tekan Menang + saya untuk membuka aplikasi Pengaturan. Di sini, pilih Perangkat > Bluetooth & perangkat lain. Alihkan Bluetooth ke Pada jika belum. Klik Tambahkan Bluetooth atau perangkat lain diikuti oleh Bluetooth. Pilih telepon Anda saat muncul dan ikuti langkah-langkah pemasangan. Jika Anda mengalami masalah, lihat panduan kami untuk menyiapkan Bluetooth di Windows 10—langkah yang sama dapat digunakan di Windows 11. Setelah dipasangkan, di ponsel Anda, buka Pengaturan > Jaringan dan internet > Hotspot dan tethering dan nyalakan Penambatan Bluetooth.

BACA JUGA:  Tingkatkan Nutrisi dan Latihan Anda Dengan Pelatihan Dari Sepasang Aplikasi Freeletics ini

Setelah ponsel dipasangkan dengan komputer, Anda dapat berbagi koneksi internet seluler:

Perluas Baki Sistem Windows untuk menemukan Bluetooth ikon, klik kanan ini, dan pilih Bergabunglah dengan Jaringan Area Pribadi. Di menu yang dihasilkan, temukan ikon ponsel Anda dan klik kanan. Memilih Hubungkan menggunakan > Jalur akses.

Ponsel Anda kemudian akan menampilkan pemberitahuan bahwa tethering Bluetooth aktif. Pengujian kami menemukan:

Kecepatan: Unduhan 3,5Mbps, unggah 0,78Mbps, dengan ping rata-rata 289ms. Dampak Baterai: Penggunaan Bluetooth yang berat benar-benar memberi tekanan pada baterai Anda. Sepuluh menit penggunaan menghabiskan sekitar 5% dari biaya di ponsel saya. 3. Cara Menghubungkan Internet Seluler Anda ke PC Secara Nirkabel

Menggabungkan manfaat nirkabel Bluetooth dengan kecepatan USB, menghubungkan ponsel Anda sebagai hotspot Wi-Fi mungkin merupakan opsi tethering yang paling populer.

Menggunakan internet seluler dan koneksi Wi-Fi, ponsel Anda membuat jaringan pribadi untuk menghubungkan perangkat Anda dengan kata sandi yang aman. Ini pasti pilihan yang paling nyaman. Untuk menyiapkan tethering Wi-Fi:

Membuka Pengaturan > Jaringan dan Internet > Lanjutan > Hotspot dan tethering. Mengetuk Hotspot Wi-Fi (ditelepon Hotspot portabel pada beberapa ponsel). Di layar berikutnya, alihkan penggeser Pada. Anda kemudian dapat menyesuaikan opsi untuk jaringan di halaman ini. Misalnya, ubah Nama hotspot, Keamanan ketik, atau buka Canggih opsi untuk mematikan hotspot secara otomatis saat tidak ada perangkat yang menggunakannya. Di beberapa perangkat, Anda harus membuka Konfigurasikan hotspot menu untuk mengubah opsi ini. Ketuk Kata sandi hotspot (kadang-kadang disebut Tampilkan kata sandi) kotak untuk melihat kata sandi, jika diperlukan.

Kemudian, di PC Windows Anda:

Tekan Menang + saya membuka Pengaturan. Pergi ke Jaringan & Internet > Wi-Fi. Klik Tampilkan jaringan yang tersedia dan telusuri untuk menemukan jaringan yang dibuat ponsel Anda. (Anda juga dapat melakukannya dengan mengklik ikon internet nirkabel di System Tray). Pilih jaringan dan klik Menghubung. Masukkan kata sandi seperti yang ditampilkan di telepon Anda (buat perubahan lain yang diperlukan) untuk membuat sambungan.

Berikut adalah hasil yang kami temukan dari opsi ini:

Kecepatan: Unduhan 10Mbps, unggahan 4,45Mbps, dengan ping rata-rata 55ms. Dampak Baterai: Seperti halnya tethering Bluetooth, penggunaan berat mengurangi baterai sekitar 5% dalam 10 menit. Namun, penggunaan standar tampaknya lebih baik dengan tethering Wi-Fi, dan berpotensi bertahan sekitar 5-6 jam.

BACA JUGA:  Cara Mengoptimalkan Diablo Immortal untuk Perangkat Seluler Anda

Setelah Anda menyiapkan tethering nirkabel untuk pertama kalinya, Anda dapat mengaktifkannya kembali dengan mudah. Buka panel Pengaturan Cepat di ponsel Anda dengan menggesek ke bawah dari atas dua kali. Ketuk Titik panas tombol, lalu tunggu komputer Anda terhubung. Selama Anda tidak mengubah nama jaringan atau kata sandi, itu akan terhubung kembali secara otomatis.

Keuntungan besar menggunakan Wi-Fi untuk tethering adalah ia berfungsi dengan perangkat apa pun. Setelah Anda menyiapkan hotspot nirkabel di ponsel Android, Anda dapat menghubungkan Mac, Chromebook, iPad, atau apa pun. Cukup sambungkan dengan cara yang sama seperti Anda menyambungkan ke jaringan nirkabel lainnya.

Cara Menghubungkan Hotspot Seluler iPhone ke PC

Tidak menggunakan Android? Perlu meminjam telepon untuk menghubungkan PC Anda ke internet dan hanya tersedia iPhone? iPhone memiliki mode hotspot yang dapat Anda aktifkan di Pengaturan > Hotspot Pribadi. Ini adalah hotspot Wi-Fi yang dapat disambungkan oleh perangkat berkemampuan nirkabel apa pun.

Untuk kompatibilitas lebih lanjut, iOS juga mendukung Bluetooth dan tethering USB, sama seperti Android. Untuk detail lengkap tentang cara menghubungkan internet seluler dari iPhone ke komputer Anda, lihat cara menggunakan fitur hotspot di iPhone Anda.

Penambatan Seluler? Gunakan USB untuk Masa Pakai Baterai Terbaik

Sekarang Anda tahu cara menghubungkan internet seluler ke komputer Anda, menggunakan Wi-Fi, USB, atau Bluetooth. Tapi mana yang terbaik?

Pengujian kami menunjukkan bahwa tethering USB adalah opsi yang paling lambat menguras baterai ponsel Anda. Sementara itu, Bluetooth menawarkan kecepatan terburuk. Namun, berkat peningkatan teknologi Bluetooth, dampaknya pada baterai dapat diterima.

Sangat Mudah untuk Menghubungkan Koneksi Internet Seluler Anda ke Komputer

Bingung memilih antara hotspot Wi-Fi dan tethering USB? Yah, USB bukanlah yang tercepat dalam segala hal, menjadikan Wi-Fi sebagai opsi terbaik untuk segala hal. Tetapi jika Wi-Fi tidak tersedia, mengandalkan tethering USB adalah alternatif terbaik Anda.

By Digitalbisnisonlineku

error: Content is protected !!