Cara Mengatur Ponsel Android Baru Anda

Jika Anda baru saja membeli ponsel Android baru, selamat! Anda akan mengalami sistem operasi seluler paling populer di dunia. Android memungkinkan Anda menyesuaikan hampir semua aspek perangkat Anda, memiliki estetika yang indah, dan memberi Anda akses ke jutaan aplikasi mengagumkan.

Tetapi jika Anda baru menggunakan Android atau sudah lama tidak menyiapkan ponsel baru, Anda mungkin akan sedikit bingung tentang cara mengaturnya dengan benar. Kami akan memandu Anda melalui proses penyiapan, bersama dengan beberapa kiat lain yang harus Anda pertimbangkan saat menyiapkan perangkat baru.

Mencadangkan Perangkat Lama Anda

Ini adalah praktik yang baik untuk mencadangkan perangkat Anda secara teratur untuk mencegah kehilangan data jika ponsel Anda rusak atau saat Anda mendapatkan perangkat baru. Cadangan akan membantu transisi Anda ke perangkat baru dengan lancar. Jika sebelumnya Anda telah mencadangkan perangkat lama, atau saat ini tidak memiliki akses ke perangkat tersebut, Anda dapat melewati langkah ini.

Namun, jika Anda masih memiliki perangkat lama, tetapi tidak memiliki cadangan, Anda harus mencadangkannya untuk memindahkan data ke ponsel Android baru dengan mulus.

Tergantung pada merek ponsel cerdas lama Anda, ada beberapa rute yang harus Anda ambil untuk mencadangkan perangkat Anda. Jika Anda tidak yakin bagaimana menemukan fitur cadangan bawaan pada perangkat Android Anda, mencari “cadangan” pada menu pengaturan perangkat Anda hampir selalu berhasil.

Untuk bantuan lebih lanjut, kami memiliki panduan terperinci tentang cara mencadangkan ponsel Android Anda. Jika Anda pengguna Samsung, kami memiliki panduan yang lebih spesifik tentang cara mencadangkan ponsel Samsung Anda, dalam hal ini kami juga akan menyarankan Anda untuk membaca panduan khusus Samsung tentang cara menyiapkan perangkat Samsung baru Anda.

Beralih Dari iPhone ke Android

Jika sebelumnya Anda menggunakan iPhone, Anda mungkin berpikir: “di mana saya cocok dengan semua ini?” Untungnya, Google membangun aplikasi Switch to Android untuk pengguna iPhone yang telah menemukan cahaya dan ingin beralih ke Android. Atau, Anda dapat menginstal aplikasi Google Drive di iPhone, meluncurkannya, dan pergi ke Pengaturan > Cadangan. Pilih dan cadangkan setiap item yang ingin Anda pindahkan ke perangkat Android baru Anda.

BACA JUGA:  Cara Mengakses Penyimpanan Desktop Windows Anda Menggunakan Ponsel Android

Baik di Android atau iOS, mencadangkan data Anda mungkin membutuhkan waktu. Setelah selesai, saatnya untuk memulai proses penyiapan. Berikut adalah proses delapan langkah yang perlu Anda ikuti.

Langkah 1: Masukkan SIM dan Kartu Memori Anda

Anda biasanya akan menemukan pin kecil di dalam kotak ponsel cerdas Anda di samping aksesori lainnya. Temukan panduan pengguna ponsel Anda di dalam kotak, dan bacalah untuk menemukan di mana slot kartu SIM dan kartu memori ponsel Anda berada.

Gunakan pin kecil seperti yang diinstruksikan untuk membuka slot dan memasukkan SIM Anda dan, opsional, kartu memori Anda. Setelah SIM (dan kartu memori) Anda dimasukkan, tekan lama tombol daya untuk menghidupkan perangkat Android baru Anda. Langkah 2: Pilih Bahasa dan Hubungkan ke Internet Setelah perangkat Anda dinyalakan, Anda akan diminta untuk memilih bahasa. Klik ikon menu tarik-turun di sebelah bahasa default untuk memilih bahasa pilihan Anda. Klik Memulai, Awal, Mulai atau variasi apa pun yang ditampilkan di layar Anda untuk melanjutkan ke fase berikutnya dari proses penyiapan. Selanjutnya, Anda akan diminta untuk memasukkan SIM Anda jika Anda belum melakukannya. Anda tidak perlu kartu SIM untuk menyiapkan perangkat, jadi Anda dapat memilih untuk melewati langkah ini. Jika Anda memilih untuk memasukkan SIM atau sudah melakukannya di langkah 1, Anda akan diminta untuk menyiapkannya. Jika Anda menggunakan smartphone dual-SIM, Anda mungkin diminta untuk memilih SIM yang disukai untuk panggilan, SMS, dan data. Selanjutnya adalah prompt untuk mengatur koneksi data Anda. Anda dapat melakukannya dengan menghubungkan ke Wi-Fi, atau menggunakan koneksi data ponsel Anda melalui SIM data Anda. Jika Anda lebih suka menggunakan Wi-Fi, pilih jaringan Wi-Fi dan sambungkan ke sana. Langkah 3: Masuk dan Pulihkan Data yang Dicadangkan

Setelah Anda memiliki koneksi internet yang berfungsi, Anda akan diarahkan ke halaman pemulihan data. Anda dapat mentransfer data dari ponsel lama Anda menggunakan kabel data atau nirkabel jika Anda mau. Atau Anda dapat menarik cadangan dari cadangan akun Google Anda.

Untuk penyiapan ini, kami akan memulihkan data dari cloud, jadi pilih Cadangan dari cloud pilihan. Setelah Anda memilih opsi pencadangan cloud, Anda akan diminta untuk masuk ke akun Google Anda. Setelah Anda masuk, Anda akan melihat opsi untuk memulihkan cadangan dari ponsel lama Anda. Ketuk nama ponsel lama Anda, dan berikan pola keamanan, pin, atau kata sandi ponsel lama Anda untuk melanjutkan. Selanjutnya, Anda akan diminta untuk memilih data yang ingin Anda pulihkan. Untuk pemulihan lengkap semua data yang dicadangkan dari ponsel lama Anda, pilih semua opsi yang tersedia dan ketuk Memulihkan. Langkah 4: Siapkan Layanan Google

BACA JUGA:  7 Aplikasi dan Sumber Daya untuk Memperkuat Perut Anda dan Menurunkan Lemak Perut

Setelah Anda memulai proses pencadangan, semuanya terjadi di latar belakang sementara Anda akan diarahkan untuk menyiapkan layanan Google Anda. Anda akan diminta untuk mengaktifkan atau menonaktifkan berbagai layanan Google seperti pencadangan Google Drive, layanan lokasi Google, dan diagnostik otomatis.

Aktifkan dan nonaktifkan berbagai layanan berdasarkan preferensi Anda. Disarankan untuk menyimpan Cadangkan ke Google Drive opsi diaktifkan. Setelah Anda mengaktifkan layanan yang Anda butuhkan, ketuk Menerima untuk melanjutkan. Langkah 5: Baca dan Terima Persyaratan Layanan dan Kebijakan Privasi Google

Merupakan ide bagus untuk membaca persyaratan layanan dan kebijakan privasi Google untuk mempelajari tentang bagaimana Google akan melayani Anda dan bagaimana ia akan mengelola data Anda. Jika Anda berasal dari iOS, Anda harus tahu bagaimana Google memperlakukan data pribadi Anda secara berbeda dari Apple. Jika Anda tidak siap, kami tidak menilai, Anda cukup mengetuk Menerima tombol.

Langkah 6: Atur Kunci Layar Anda

Bergantung pada perangkat Anda, Anda akan mendapatkan opsi kunci layar yang berbeda seperti PIN, Face Unlock, Pola, atau Sidik Jari. Ikuti petunjuk di layar untuk mengatur yang ingin Anda gunakan. Juga, tetapkan pertanyaan keamanan ketika Anda lupa kata sandi Anda.

Langkah 7: Siapkan Asisten Google

Setelah kunci layar Anda disetel, ketuk petunjuk di layar Anda untuk menyiapkan Asisten Google, jika tersedia untuk perangkat Anda.

Langkah 8: Perbarui Aplikasi Anda

Ini tidak terkait dengan proses penyiapan, tetapi sebaiknya perbarui aplikasi Anda setelah Anda selesai dengan sisanya. Aplikasi default di ponsel Anda mungkin telah disimpan di sana selama berbulan-bulan, yang berarti aplikasi tersebut mungkin sudah usang. Untuk memperbarui aplikasi default Anda:

BACA JUGA:  8 Game Mobile yang Menenangkan untuk Dimainkan Saat Anda Ingin Bersantai

Temukan dan luncurkan aplikasi Play Store di perangkat Android baru Anda. Ketuk gambar profil akun Google Anda di sudut kanan atas layar aplikasi Anda. Mengetuk Kelola aplikasi dan perangkat. Mengetuk Perbarui semua untuk memperbarui semua aplikasi usang secara otomatis atau ketuk Lihat detailnya untuk memperbarui aplikasi satu per satu.

Kunci keberhasilan proses penyiapan adalah mengikuti petunjuk di layar dengan hati-hati. Instruksi yang kami cantumkan di sini mungkin tidak ditulis dengan cara yang sama di perangkat Anda, tergantung pada merek ponsel cerdas Anda. Namun, langkah dan prosesnya, pada intinya, sama. Setelah Anda selesai dengan langkah penyiapan terakhir, berikut adalah beberapa hal yang harus Anda lakukan pada perangkat Android baru Anda setelah menyetelnya.

Jelajahi dan Sesuaikan Ponsel Android Anda

Salah satu daya pikat Android adalah ruang besar untuk penyesuaian yang ditawarkannya. Anda dapat menyesuaikan hampir semua hal jika Anda siap. Jika Anda sedikit kecewa dengan antarmuka pengguna yang disertakan dengan merek ponsel cerdas Anda, jangan panik. Ada aplikasi yang memungkinkan Anda mengubah hampir semua hal tentang penampilan ponsel Anda.

Jika Anda pernah jatuh cinta pada “bidat” bahwa Android itu membosankan, berikut adalah beberapa aplikasi yang akan mengubah cara Anda menggunakan ponsel cerdas Anda. Jika Anda tidak dapat menemukan aplikasi yang sesuai untuk Anda dalam daftar itu, berikut cara mengotomatiskan ponsel Android Anda untuk melakukan apa saja.

Selain itu, ponsel cerdas Anda kemungkinan akan menyimpan banyak data pribadi, agar tetap aman, sebaiknya luangkan beberapa menit untuk mengubah pengaturan keamanan Android bawaan.

Android Memiliki Banyak Hal untuk Ditawarkan

Tidak mungkin untuk menutupi semua yang ditawarkan Android dalam satu artikel. Untuk memanfaatkan perangkat Android baru Anda sebaik mungkin, Anda harus bereksperimen dengan fitur ponsel cerdas Anda dan mencoba aplikasi baru di Play Store. Android memiliki banyak hal untuk ditawarkan, kami mengundang Anda untuk menjelajah.

By Digitalbisnisonlineku

error: Content is protected !!