Cara Mengatur dan Menyesuaikan Jangan Ganggu di Android

Ketika hidup kita semakin bergantung pada smartphone, terkadang menjadi penting untuk beristirahat. Mungkin Anda menghabiskan malam bersama anak-anak Anda atau bertemu sekelompok teman untuk makan malam. Selama waktu ini, adalah bijaksana untuk menahan aliran peringatan dari ponsel Anda.

Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan mengaktifkan mode Jangan Ganggu bawaan ponsel Anda. Berikut cara mengatur dan memanfaatkan fitur Jangan Ganggu di Android.

Apa Itu Mode Jangan Ganggu?

Pengaturan Jangan Ganggu, untuk yang belum tahu, memungkinkan Anda menangkal semua notifikasi untuk sementara waktu, termasuk panggilan telepon. Anda dapat menggunakannya saat Anda ingin tidur siang tanpa gangguan, melakukan percakapan nyata tanpa terus-menerus diganggu oleh ponsel Anda, saat Anda mencoba menghabiskan lebih sedikit waktu di ponsel cerdas Anda, dan dalam skenario lainnya.

Anda dapat menjadwalkan mode untuk diaktifkan secara otomatis setiap hari pada waktu yang ditentukan atau menyalakannya secara manual kapan pun Anda mau. Android juga memberi Anda opsi untuk mengonfigurasi pengecualian untuk pemberitahuan atau panggilan dari kumpulan kontak tertentu, bahkan saat dalam mode Jangan Ganggu.

Intinya, itu pada dasarnya melakukan apa yang dikatakan namanya. Ini adalah cara cepat bagi Anda untuk mencabut dan tidak terus-menerus diganggu oleh ponsel cerdas Anda.

Cara Menggunakan Jangan Ganggu di Android

Untuk memulai Jangan Ganggu, buka ponsel Anda Pengaturan dan masukkan Suara halaman. Di sana, gulir ke bawah dan ketuk Jangan ganggu. Jika ponsel Anda dilengkapi dengan kulit khusus dan Anda tidak melihat opsi di sana, coba cari di Pengaturan.

Di halaman arahan Jangan Ganggu, Anda akan memiliki sejumlah opsi yang memungkinkan Anda mengonfigurasinya persis seperti yang Anda inginkan. Secara default, mode Jangan Ganggu memblokir hampir semua notifikasi kecuali alarm dan panggilan dari kontak favorit Anda. Untuk mengaktifkan Jangan Ganggu dengan pengaturan default, ketuk tombol Nyalakan sekarang tombol, dan Anda sudah siap.

BACA JUGA:  Cara Mendapatkan Game Android Eksklusif Yang Tidak Ada di Google Play Store

Atur Jadwal

Jika Anda ingin mengubah cara kerja Jangan Ganggu terlebih dahulu, Anda dapat masuk ke alat penyesuaian. Sebagai permulaan, Anda dapat melihat jadwal kapan Jangan Ganggu dimulai.

Anda memiliki beberapa preset untuk dipilih. Tentu saja, Anda bebas membuat yang baru jika Anda mau. Itu Sedang tidur preset, misalnya, bekerja sepanjang minggu. Ini menerapkan pengaturan Jangan Ganggu Anda di malam hari dan mati ketika alarm Anda berdering atau pada waktu di pagi hari yang Anda pilih.

Demikian pula, Anda dapat mengaturnya untuk Menyetir atau saat Anda menghadiri acara di Google Kalender. Untuk menambahkan lebih banyak, ketuk tombol plus di bagian bawah dan pilih apakah akan mendasarkan jadwal Anda pada acara atau waktu. Tentukan nilai sesuai keinginan Anda dan aktifkan.

Jika Anda lebih suka tidak menjadwalkan Jangan Ganggu dan hanya menyalakannya secara manual saat diperlukan, Anda perlu memeriksa Durasi pengaturan. Ini memungkinkan Anda menjalankan Jangan Ganggu untuk jangka waktu tertentu atau tetap aktif sampai Anda mematikannya sendiri.

Sesuaikan Pembatasan dan Pengecualian

Selanjutnya, kembali ke beranda mode Jangan Ganggu untuk mempelajari lebih lanjut tentang batasan dan pengecualian.

Semua notifikasi Anda dijeda secara default, tetapi Anda dapat mengubahnya dan masih menerimanya secara diam-diam. Untuk mengedit perilaku tersebut, ketuk Batasi Pemberitahuan pilihan (ditampilkan sebagai Pemberitahuan pada versi Android sebelumnya). Di sini, Anda dapat memilih apakah ponsel Anda hanya membungkam notifikasi atau membungkam dan menghapus elemen visualnya juga. Opsi ketiga memungkinkan Anda memiliki konfigurasi khusus.

BACA JUGA:  12 Aplikasi Augmented Reality Terbaik untuk Android

Ketuk yang kecil tombol roda gigi untuk mengakses seperangkat aturan yang lebih komprehensif. Anda dapat menentukan apakah Jangan Ganggu akan menampilkan titik notifikasi di layar beranda, menyembunyikannya dari daftar notifikasi, dan lainnya.

Halaman terakhir yang perlu Anda kunjungi adalah Lihat Semua Pengecualian. Di sini, Anda dapat mempersonalisasi bagaimana mode Jangan Ganggu menangani berbagai gangguan seperti panggilan, pesan SMS, dan alarm.

Untuk panggilan, Anda dapat memilih penelepon mana yang diizinkan untuk melewatinya. Anda dapat mengizinkan panggilan masuk dari siapa saja, kontak, atau hanya kontak favorit Anda. Plus, ada pengaturan untuk membiarkan siapa saja yang menelepon Anda untuk kedua kalinya dalam waktu 15 menit.

Demikian juga, Anda dapat memilih kontak yang pesan SMS-nya dapat mem-ping Anda bahkan saat Jangan Ganggu sedang ditayangkan. Selain itu, Anda dapat memutuskan apakah peringatan lain, seperti pengingat, acara, dan suara sentuhan, dapat mengganggu Anda atau tidak. Atau, Anda dapat secara ketat memblokir aplikasi yang mengganggu menggunakan fitur Mode Fokus bawaan Android.

Tambahkan Jangan Ganggu ke Pengaturan Cepat

Tentunya, menavigasi melalui dua halaman pengaturan tidak terdengar seperti pengalaman yang nyaman setiap kali Anda ingin meletakkan ponsel Anda dalam mode Jangan Ganggu. Sebagai gantinya, Anda dapat menambahkan sakelar Jangan Ganggu ke bayangan Pengaturan Cepat ponsel Anda.

Untuk itu, tarik bayangan pemberitahuan dua kali dan ketuk ikon pensil. Seret ubin Jangan Ganggu ke bagian atas di tempat yang nyaman. Kemudian tekan saja tombol kembali di ponsel Anda, dan selesai. Pengaturan Jangan Ganggu sekarang hanya dengan beberapa gesekan.

Coba Aplikasi Pihak Ketiga Jangan Ganggu Juga

Jika Anda merasa mode Do Not Disturb bawaan Android sedikit berlebihan, Anda juga dapat mencoba aplikasi pihak ketiga. Kami merekomendasikan Auto Do Not Disturb dan Gaming Mode.

BACA JUGA:  6 Aplikasi Penghasil Uang Resmi dari Pemerintah yang Terbukti Membayar

1. Otomatis Jangan Ganggu

Jangan Ganggu Otomatis hadir dengan desain sederhana yang dengan cepat memungkinkan Anda memblokir panggilan dan menonaktifkan notifikasi untuk sementara waktu. Anda dapat mengaktifkannya berdasarkan periode tertentu, acara kalender, Wi-Fi yang Anda gunakan, lokasi Anda saat ini, dan kondisi lainnya.

Anda dapat membuat profil khusus dan memberinya prioritas, jadi yang berprioritas tinggi akan selalu menggantikan yang berprioritas rendah. Selain itu, ini memungkinkan Anda menyesuaikan apa yang terjadi ketika Jangan Ganggu diaktifkan atau dinonaktifkan.

Unduh: Jangan Ganggu Otomatis (Gratis, tersedia versi premium)

2. Mode Permainan

Seperti namanya, aplikasi ini dirancang untuk saat Anda memainkan game seluler dan tidak ingin diganggu saat momen penting. Aplikasi ini memungkinkan Anda mengelola notifikasi dan beberapa pengaturan lainnya dengan mudah saat Anda bermain. Setelah diaktifkan, Mode Permainan mampu memblokir semua peringatan, menolak panggilan telepon secara otomatis, dan menghapus aplikasi latar belakang.

Namun, masih banyak lagi yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan pengalaman bermain game seluler jika Anda secara khusus tertarik dengan hal itu.

Unduh: Mode Permainan (Gratis, berlangganan tersedia)

Kuasai Notifikasi Android Anda

Dengan mode Jangan Ganggu, Anda dapat dengan mudah fokus pada rapat itu atau menikmati waktu senggang tanpa khawatir. Tetapi Anda tidak selalu perlu mematikan semuanya.

Bahkan di luar Jangan Ganggu, Anda dapat belajar menyesuaikan sistem notifikasi Android dengan lebih baik sehingga Anda hanya terganggu oleh yang penting.

By Digitalbisnisonlineku

error: Content is protected !!