Cara Mengambil Tangkapan Layar di Android Saat Aplikasi Tidak Mengizinkannya

Salah satu keunggulan utama Android yang membuat banyak penggemar teknologi lebih menyukainya daripada sistem operasi seluler lainnya, adalah ia memberi Anda kebebasan untuk melakukan apa pun yang Anda inginkan. Dengan Android, Anda dapat menginstal apa saja, dan Anda dapat menyesuaikan hampir semua hal tentang ponsel Anda.

Dengan semua ini dikatakan, masih ada beberapa hal yang tidak dapat Anda lakukan. Sebagai contoh, karena berbagai alasan, beberapa aplikasi memutuskan untuk membatasi Anda mengambil tangkapan layar aplikasi. Pada gilirannya, karena berbagai alasan, Anda mungkin tetap ingin mengambil tangkapan layar. Baca terus untuk mengetahui bagaimana Anda dapat melewati batasan ini.

Mengapa Beberapa Aplikasi Membatasi Tangkapan Layar?

Meski menjengkelkan, pengembang tidak membatasi tangkapan layar tanpa alasan. Baik itu privasi atau keamanan, selalu ada alasan untuk melakukan ini.

Sebagian besar aplikasi perbankan dan pembayaran memblokir tangkapan layar untuk alasan keamanan. Chrome memblokir tangkapan layar di tab dan jendela Penyamaran karena alasan privasi. Contoh lain adalah foto penghancuran diri Telegram, di mana Anda tidak dapat mengambil tangkapan layarnya.

Terlepas dari mengapa pengembang memutuskan untuk membatasi tangkapan layar, Anda masih dapat mengambil tangkapan layar di mana pun Anda mau. Anda hanya perlu mengotori tangan Anda sedikit.

Ada berbagai metode untuk mengambil tangkapan layar di aplikasi yang tidak mengizinkan Anda. Beberapa metode berfungsi di sebagian besar aplikasi meskipun tidak semua. Di sini kita melihat dua metode ini: Satu metode mudah yang berhasil dalam beberapa kasus, dan metode lanjutan yang harus bekerja setiap saat.

BACA JUGA:  Apa yang Harus Dilakukan jika Sensor Kedekatan Ponsel Android Anda Berhenti Bekerja

Metode 1: Gunakan Asisten Google

Beberapa aplikasi Android yang memblokir tangkapan layar hanya memblokir kombo tombol tangkapan layar di ponsel Anda. Ini berarti Anda dapat melewati batasan jika Anda menggunakan metode apa pun selain menekan kombo tombol untuk mengambil tangkapan layar.

Google Assistant adalah aplikasi bawaan di sebagian besar ponsel Android yang memungkinkan Anda mengambil tangkapan layar tanpa menggunakan kombinasi tombol.

Buka aplikasi yang ingin Anda screenshot. Mengaktifkan Asisten Google. Anda dapat melakukan ini dengan mengatakan Hai Google! atau menahan tombol home tergantung pada pengaturan Anda. Ucapkan atau ketik Ambil tangkapan layar. Asisten Google sekarang akan menangkap tangkapan layar.

Sesederhana metode ini, ia memiliki peluang keberhasilan yang rendah karena sebagian besar aplikasi yang serius memblokir tangkapan layar telah memperkirakan metode ini. Misalnya, menggunakan Asisten Google untuk mengambil tangkapan layar dari tab Penyamaran di Chrome akan mengambil tangkapan layar, tetapi tangkapan layar akan menjadi layar hitam.

Jika metode ini tidak berhasil untuk Anda, lanjutkan ke bagian berikutnya di mana kami akan menjelaskan metode yang memungkinkan Anda mengambil tangkapan layar aplikasi apa pun di ponsel Anda.

BACA JUGA:  6 Inovasi Android Paling Gila yang Gagal

Metode 2: Ambil Tangkapan Layar Menggunakan scrcpy

Ini adalah metode pamungkas karena dapat melewati hampir semua jenis pembatasan tangkapan layar di aplikasi Android. scrcpy adalah program pencerminan layar ringan yang memungkinkan Anda melihat dan mengontrol tampilan ponsel Android di PC. Setelah Anda mencerminkan layar ponsel Android Anda di komputer, Anda cukup menggunakan layar cetak atau Snipping Tool untuk mengambil tangkapan layar.

scrcpy tersedia di Windows, macOS, dan Linux. Anda dapat menginstal scrcpy dengan Homebrew di macOS. Periksa tautan unduhan di bawah untuk detail lebih lanjut tentang menginstal scrcpy di Mac dan Linux.

Untuk artikel ini, kita akan menginstal scrcpy di Windows, yang dapat Anda lakukan menggunakan Scoop. Baca artikel kami tentang cara menginstal Scoop untuk memulai.

Unduh: scrcpy (Gratis)

Setelah Anda menginstal Scoop, saatnya untuk menginstal scrcpy.

Buka Prompt Perintah. Anda dapat melakukan ini dengan mencari cmd dalam Awal Tidak bisa. Setelah berada di dalam Command Prompt, jalankan perintah berikut: sendok instal scrcpy Perintah ini akan memanggil Scoop untuk menginstal scrcpy. Ini bisa memakan waktu cukup lama tergantung seberapa cepat koneksi Anda.

Sekarang setelah Anda menginstal scrcpy, tahap selanjutnya adalah mempersiapkan ponsel Anda. Agar scrcpy dapat mengakses layar ponsel Anda, Anda harus mengaktifkan USB debugging pada perangkat Android Anda. Anda harus mengaktifkan mode Pengembang untuk melakukan ini.

BACA JUGA:  Cara Mencoba Google Play Game di Windows Saat dalam Beta

Pergi ke Pengaturan di ponsel Android Anda. Gulir ke bawah dan pilih Opsi pengembang. Ketuk sakelar di sebelah USB Debugging untuk mengubahnya menjadi Pada.

Sekarang ponsel dan komputer Anda sudah siap. Hubungkan telepon Anda ke USB komputer Anda dan mari kita ke langkah terakhir.

Buka Prompt Perintah. Ketik perintah scrcpy dan tekan Memasuki.

Sebuah jendela akan terbuka, dan Anda akan dapat melihat layar ponsel Anda. Anda bahkan dapat menggunakan mouse dan keyboard komputer di ponsel Anda melalui jendela ini untuk menavigasi dan mengetik. Sekarang dengan layar ponsel Anda dicerminkan ke komputer Anda, Anda dapat dengan bebas mengambil tangkapan layar menggunakan layar cetak dan metode tangkapan layar lainnya.

Tangkap Apa Saja dan Segalanya

Meskipun beberapa aplikasi mencoba membatasi Anda untuk mengambil tangkapan layar di aplikasi, cobalah semampu mereka, mereka akan gagal jika Anda terus-menerus mendapatkan tangkapan layar. Sekarang setelah membaca artikel ini, Anda tahu cara mengambil tangkapan layar di aplikasi apa pun terlepas dari batasannya. Bagaimanapun, ini adalah ponsel Anda, dan Anda harus dapat melakukan apa pun yang Anda inginkan dengannya.

By Digitalbisnisonlineku

error: Content is protected !!