Cara Menemukan Ponsel Android yang Hilang

Kehilangan ponsel Anda adalah mimpi buruk, tetapi Anda mungkin dapat menemukannya lagi. Berikut adalah beberapa cara untuk melacak dan menemukan ponsel Android yang hilang.

Kehilangan ponsel Anda? Tidak perlu panik. Tidak seperti di masa lalu, ada beberapa cara untuk menemukan ponsel Anda yang salah tempat atau hilang. Dan Anda bahkan tidak perlu menginstal aplikasi apa pun di ponsel Android Anda untuk mencapainya. Semua perangkat Android yang diluncurkan dalam beberapa tahun terakhir memiliki fitur sistem anti-pencurian bawaan, memungkinkan Anda melacaknya jika salah tempat atau hilang.

Cara Menemukan Ponsel Android Anda yang Hilang

Semua ponsel dan tablet Android dilengkapi dengan integrasi Temukan Perangkat Saya dari Google. Fitur ini memungkinkan Anda untuk melacak lokasi ponsel Anda atau memutar suara, sehingga dapat dengan mudah dilacak ketika salah tempat atau dicuri.

Anda tidak perlu melakukan apa pun untuk menyiapkan Temukan Perangkat Saya di ponsel Android Anda. Ini secara otomatis diatur di latar belakang ketika Anda pertama kali masuk ke akun Google Anda di telepon. Jika Anda salah meletakkan ponsel untuk pertama kalinya, periksa apa yang harus Anda lakukan jika ponsel Anda dicuri atau hilang.

Ponsel Android Anda yang hilang harus terhubung ke Wi-Fi atau data seluler agar pelacakan Temukan Perangkat Saya berfungsi. Tanpa akses internet, Anda hanya dapat melihat lokasi terakhir ponsel yang diketahui.

Buka aplikasi Temukan Perangkat Saya di ponsel Android lain. Jika itu perangkat Anda, pilih akun Google Anda dan masuk. Anda juga dapat menggunakan ponsel Android teman atau keluarga Anda untuk melacak ponsel yang dicuri. Menggunakan Masuk sebagai tamu di aplikasi Temukan Perangkat Saya dan masuk dengan akun Google yang ditautkan ke ponsel Android Anda yang hilang. Jika Anda memiliki beberapa perangkat yang ditautkan ke akun, pilih ponsel yang ingin Anda lacak dari tab di bagian atas. Aplikasi Temukan Perangkat Saya akan mencoba melacak ponsel Android Anda yang hilang. Jika perangkat tidak dapat dijangkau, perkiraan lokasi terakhirnya akan ditampilkan. Ketuk saya tombol di sebelah nama perangkat untuk mendapatkan nomor IMEI dan tanggal terakhir terlihat. Jika ponsel Anda salah tempat, gunakan Memainkan suara pilihan untuk membuatnya berdering sehingga Anda dapat menemukannya. Perangkat Anda akan berdering selama lima menit bahkan saat dalam mode senyap. Menggunakan Perangkat Aman opsi untuk mengunci perangkat, keluar dari akun Google Anda, dan menampilkan pesan di layar kunci.

BACA JUGA:  Mikrofon Tidak Berfungsi di Ponsel Android Anda? Bagaimana memperbaikinya

Jangan nonaktifkan akses lokasi di ponsel Android Anda, karena Temukan Perangkat Saya bergantung padanya. Tanpa akses lokasi, itu tidak akan dapat memberikan lokasi yang akurat untuk ponsel Anda.

Ada beberapa cara untuk menemukan iPhone yang hilang, termasuk aplikasi Find My yang sangat baik dari Apple. Fitur ini bahkan bekerja secara offline, sehingga peluang memulihkan iPhone Anda yang hilang lebih tinggi daripada perangkat Android.

Cara Melacak Ponsel Anda yang Hilang Menggunakan PC

Anda dapat mengakses Google Find My Device dari web di PC atau laptop untuk melacak ponsel Anda yang hilang.

Buka situs web Temukan Perangkat Saya di PC Anda. Lanjutkan untuk masuk dengan akun Google yang ditautkan ke ponsel Anda yang dicuri atau hilang. Pilih perangkat yang ingin Anda lacak dari bilah tab di bagian atas. Secara default, Temukan Perangkat Saya akan menampilkan lokasi perangkat yang terakhir Anda gunakan. Anda dapat melacak lokasi ponsel Anda atau memutar suara untuk menemukannya. Jika Anda tidak dapat menjangkau ponsel Android Anda yang hilang secara fisik, gunakan Perangkat Aman pilihan untuk menguncinya. Ini akan mencegah pencuri mengakses data Anda yang tersimpan di telepon. Jika peluang mendapatkan ponsel Android Anda yang hilang sangat kecil atau ada data sensitif yang tidak boleh sampai ke tangan yang tidak dikenal, gunakan Hapus perangkat pilihan untuk menghapusnya. Anda harus memasukkan kata sandi akun Google Anda untuk mengonfirmasi langkah ini. Tetapi perangkat Anda hanya akan dihapus saat terhubung ke internet.

BACA JUGA:  7 File Explorer Gratis Terbaik untuk Android

Selain ponsel, Anda dapat menggunakan Temukan Perangkat Saya untuk melacak jam tangan Wear OS dan tablet Android.

Cara Melacak Ponsel Samsung Anda yang Hilang

Ponsel Samsung memiliki fitur anti-pencurian dan mekanisme pelacakan mereka sendiri, yang dijuluki Find My Mobile. Ini mirip dengan layanan Find My Device Google tetapi dengan keunggulan tertentu.

Temukan Ponsel Saya mengharuskan Anda untuk masuk ke akun Samsung di perangkat Galaxy Anda.

Navigasikan ke situs web Temukan Seluler Saya di PC atau ponsel Anda. Lanjutkan untuk masuk dengan akun Samsung yang sama dengan yang Anda gunakan di ponsel Anda yang hilang. Bilah sisi di sebelah kiri akan menampilkan semua perangkat yang ditautkan ke akun Anda. Pilih ponsel Anda yang hilang dari sini. Peta kemudian akan diperbarui secara otomatis untuk menunjukkan lokasi terakhir ponsel yang diketahui. Jika telepon bergerak, Anda dapat menggunakan Lacak lokasi pilihan untuk memeriksa lokasinya setiap 15 menit.

Dibandingkan dengan Google Find My Device, sistem anti-pencurian Find My Mobile Samsung juga memiliki beberapa fitur canggih. Anda dapat mengambil panggilan dan pesan dari ponsel Anda yang hilang, melacak lokasinya, dan bahkan memasukkannya ke mode hemat daya maksimum untuk memperpanjang masa pakai baterai sehingga Anda dapat melacaknya lebih lama.

BACA JUGA:  Cara Memperbarui ROM Kustom di Android

Pada ponsel Samsung yang lebih baru, Find My Mobile bahkan mendukung pencarian offline. Ini memungkinkan ponsel Anda mengirim lokasinya dari jarak jauh bahkan saat tidak terhubung ke Wi-Fi atau data seluler. Fitur ini bekerja dengan melakukan ping ke ponsel Galaxy lain di dekatnya melalui Bluetooth dan mengirimkan lokasi ponsel yang hilang menggunakan mereka.

Bisakah Anda Menemukan Ponsel Android Anda yang Hilang Menggunakan Nomor Telepon Anda?

Sayangnya, jawabannya tidak. Tidak ada alat yang tersedia secara online yang memungkinkan Anda melacak ponsel Anda yang hilang menggunakan nomor telepon. Hanya lembaga penegak hukum yang memiliki kemampuan ini karena akan menimbulkan risiko privasi. Jadi, bahkan jika Anda kehilangan ponsel dengan kartu SIM di dalamnya, Anda tidak dapat melacaknya.

Demikian pula, Anda tidak dapat menggunakan nomor IMEI ponsel untuk melacaknya. Anda dapat mencoba menghubungi operator jaringan atau lembaga penegak hukum Anda, karena mereka memiliki alat yang diperlukan untuk mencapai hal ini.

Anda Tidak Dapat Selalu Melacak Ponsel Anda yang Hilang

Anda dapat melacak ponsel Android Anda yang hilang atau salah tempat, berkat Temukan Perangkat Saya. Tetapi karena fitur ini memerlukan Wi-Fi aktif atau koneksi data seluler untuk bekerja, itu tidak mudah. Pencuri dapat mengeluarkan kartu SIM setelah mencuri ponsel Anda, membuatnya lebih sulit untuk dilacak.

Jadi, selalu disarankan agar Anda menyimpan ponsel dengan aman di saku dan tidak meninggalkannya di tempat umum.

By Digitalbisnisonlineku

error: Content is protected !!