Cara Memperbarui ROM Kustom di Android

Jika Anda menggunakan ROM khusus, penting untuk selalu memperbaruinya. Dengan setiap pembaruan baru, Anda akan mendapatkan fitur dan perbaikan bug yang berkontribusi untuk meningkatkan pengalaman ponsel cerdas Anda secara keseluruhan. Pembaruan bisa untuk pengoptimalan kinerja atau mungkin menyertakan versi Android terbaru yang tidak ingin Anda lewati.

Inilah cara memperbarui ROM khusus sehingga Anda tidak akan pernah melewatkan fitur dan peningkatan baru.

Cara Memperbarui ROM Khusus

Ada banyak cara untuk memperbarui ROM kustom, seperti melalui ADB atau perintah fastboot. Kami menggunakan metode yang paling populer; melalui pembaruan over-the-air dan melalui pemulihan khusus seperti TWRP atau Orange Fox.

Sebelum memulai proses pembaruan, Anda harus memperhatikan beberapa hal:

Ambil Cadangan Ponsel Android Anda

Sebelum memulai proses, buat cadangan semua data di ponsel Anda. Jika ponsel Anda di-root, Anda dapat menggunakan aplikasi Titanium Backup untuk membuat cadangan penuh ponsel Anda. Jika tidak, panduan kami tentang membuat cadangan ponsel Android Anda akan membantu Anda membuat cadangan yang tepat untuk semua yang ada di ponsel Anda.

Periksa Anda Memiliki File yang Tepat

Selalu periksa apakah Anda telah mengunduh file ROM yang kompatibel sebelum menginstal pembaruan apa pun. Jika Anda mem-flash file yang salah, ada kemungkinan perangkat Anda mengalami bootloop — di mana perangkat menolak untuk boot — atau, dalam kasus terburuk, menjadi hard brick dan tidak menunjukkan tanda-tanda kehidupan sama sekali.

Jika Anda telah merusak ponsel Anda dengan mem-flash zip yang salah, panduan kami tentang membuka ponsel Android dapat membantu Anda memperbaikinya.

Demikian juga, periksa apakah Anda telah menginstal pemulihan yang benar di ponsel Anda. Terkadang pengembang merekomendasikan pemulihan tertentu di catatan pembaruan, jadi ketika Anda melihat sesuatu seperti itu, gunakan pemulihan yang disarankan saja.

Periksa Anda Telah Mengunduh Semua File yang Anda Butuhkan

Selalu memiliki ROM cadangan yang Anda tahu akan boot pada perangkat Anda. Anda dapat mem-flash ROM itu jika ponsel Anda gagal melakukan booting setelah mem-flash pembaruan.

BACA JUGA:  Dapatkan Latihan Barre Terbaik untuk Kekuatan dan Nada Dengan 8 Aplikasi Ini

Terakhir, periksa apakah Anda telah mengunduh semua file yang diperlukan yang disebutkan dalam catatan pembaruan, seperti zip vendor atau firmware. Anda juga dapat mengunduh file zip Magisk untuk me-root ponsel Anda atau file DFE (Disable Force Encryption) agar tetap terdekripsi setelah flashing.

Setelah Anda melakukan semua ini, saatnya untuk memperbarui ROM.

Metode 1: Perbarui ROM Anda melalui Pembaruan OTA

Pembaruan OTA, atau over-the-air, untuk ROM khusus adalah metode yang sama yang Anda gunakan untuk menginstal pembaruan keamanan atau OS normal pada ponsel Android apa pun. Pengembang mendorong pembaruan over-the-air ke perangkat, dan Anda dapat mengunduhnya di ponsel Anda dari aplikasi System Updater. Ini adalah metode termudah, tetapi hanya tersedia di beberapa ROM tertentu.

Berikut cara melakukannya:

Arahkan ke pengaturan ponsel Anda, gulir ke bawah, ketuk Sistemlalu Pembaruan sistem atau Pembaru. Ketuk pada Periksa pembaruan atau Menyegarkan opsi jika pembaruan baru tidak muncul di perangkat Anda. Setelah Anda melihat pembaruan, mulai penginstalan dengan mengetuk Install tombol. Setelah Anda mengetuk tombol, ponsel Anda akan boot ke pemulihan, mem-flash pembaruan, dan mem-boot ROM yang diperbarui.

Opsi penginstalan bervariasi menurut pembaru. Beberapa menampilkan opsi Unduh terlebih dahulu dan opsi Instal hanya muncul setelah menyelesaikan unduhan. Lainnya memiliki satu tombol Unduh dan Instal.

Metode OTA identik dengan metode “flash kotor” yang akan kami uraikan di bawah ini. Bedanya hanya, proses flashing OTA berlangsung otomatis. Anda tidak perlu menghapus partisi sistem apa pun atau memilih file dan mem-flashnya secara manual seperti yang Anda lakukan pada metode lainnya.

Gunakan metode ini hanya saat Anda meningkatkan ke versi berikutnya. Menggunakannya untuk versi lain dapat membuat perangkat Anda bootloop.

Metode 2: Perbarui ROM Anda Menggunakan Metode “Flash Kotor”

“Flash kotor” mengacu pada pembaruan ROM dengan menginstalnya tanpa menghapus partisi sistem terlebih dahulu. Ini pada dasarnya adalah versi manual dari metode OTA.

BACA JUGA:  10 Aplikasi Pencarian Gambar Terbalik Terbaik untuk iPhone dan Android

Dalam metode ini, Anda mem-flash file pembaruan secara manual dari pemulihan tanpa menghapus apa pun. Sebagian besar pengguna lebih suka metode ini untuk memperbarui ROM khusus karena mereka juga dapat mem-flash modul Magisk, kernel khusus, atau beberapa mod audio bersama dengan pembaruan. Ini juga berarti Anda tidak perlu menyiapkan perangkat lagi setelah melakukannya karena data Anda tetap utuh.

Berikut cara mengotori flash pembaruan. Kami menggunakan pemulihan Orange FOX karena direkomendasikan untuk ROM yang kami gunakan. Jika Anda sedang dalam pemulihan lain, jangan khawatir, prosesnya sama. Yang perlu Anda lakukan adalah menavigasi ke bagian yang disebutkan dan melakukan tindakan.

Nyalakan ulang ponsel Anda ke pemulihan. Pergi ke File bagian dan pilih file pembaruan. Jika Anda ingin mem-flash file lain dengan pembaruan, ketuk Tambahkan ke Antrean dan pilih filenya. Ulangi proses ini jika Anda perlu mem-flash beberapa ritsleting. Setelah menambahkan file ke daftar, pilih Reboot setelah instalasi selesai, lalu geser penggeser di bagian bawah untuk memulai proses. Setelah mem-flash semua file, ponsel Anda akan secara otomatis boot jika Anda telah memilih Reboot setelah instalasi pilihan. Jika tidak, ketuk Reboot ke Sistem untuk me-restart telepon Anda. Setelah boot, Anda mungkin mendapatkan pemberitahuan yang mengatakan bahwa perangkat Anda berhasil diperbarui.

Seperti metode OTA, hanya gunakan metode ini untuk memperbarui ke versi baru ROM yang sedang Anda gunakan. Jangan menggunakannya untuk mem-flash ROM yang berbeda.

Metode 3: Perbarui ROM Anda Menggunakan Metode “Bersihkan Flash”

Sebuah “flash bersih” mengacu pada memperbarui ROM setelah menghapus partisi sistem seperti vendor, data, penyimpanan internal, dan lain-lain. Ini identik dengan reset pabrik karena menghapus semua data dan pengaturan yang disimpan dari ponsel Anda, dan setelah boot, Anda perlu mengatur perangkat dari awal. Ini tidak nyaman tetapi harus dilalui tanpa masalah.

Berikut cara melakukan flash bersih:

Boot perangkat Anda ke pemulihan dan pergi ke Menghapus bagian. Sekarang, bersihkan item berikut. Data Vendor Sistem Cache Cache Dalvik/ART Anda juga dapat menghapus penyimpanan internal jika diinginkan. Anda harus meninggalkannya jika Anda tidak memiliki cadangan data ponsel Anda atau jika Anda berencana untuk menyimpan file ROM di ponsel Anda. Jika Anda menghapus penyimpanan internal, transfer file ROM ke PC atau stik USB. Jika Anda belum menghapus penyimpanan internal, flash file ROM darinya, tetapi jika Anda telah menghapusnya, sambungkan ponsel Anda ke PC dengan kabel USB, dan PC akan dapat mengakses penyimpanan ponsel. Transfer file ROM ke ponsel Anda untuk mem-flash-nya. Jika file ada di drive USB, sambungkan USB ke ponsel Anda melalui konektor OTG, pilih Penyimpanan USB dari File bagian, pilih file dan mulai flashing. Pilih ROM dari File bagian dan geser penggeser untuk mulai berkedip. Jangan menyela telepon Anda sampai selesai. Setelah selesai, boot ROM dengan mengetuk Reboot ke Sistem. Karena ini adalah boot pertama setelah flash bersih, ponsel Anda mungkin memerlukan waktu lebih lama dari biasanya untuk booting. Setelah booting, Anda harus mengatur semuanya seperti yang Anda lakukan dengan telepon baru, seperti masuk ke akun Google Anda, mengunduh aplikasi, memulihkan cadangan Anda, dan mengubah pengaturan telepon. Perbarui ROM Kustom Anda Secara Teratur

BACA JUGA:  8 Aplikasi Terbaik untuk Meningkatkan Saldo Anda

Perbarui ROM Anda untuk mendapatkan hasil maksimal dari ponsel Android Anda. Proses flashing mudah, dan komunitas custom ROM sangat luas. Jika Anda menghadapi masalah apa pun, kirimkan pertanyaan Anda di grup Telegram atau di forum XDA perangkat Anda untuk mendapatkan bantuan dari pengguna di seluruh dunia.

Dan jika Anda masih belajar tentang ROM, lihat panduan penghilang jargon kami untuk membiasakan diri dengan beberapa istilah yang akan Anda temui di sepanjang jalan.

By Digitalbisnisonlineku

error: Content is protected !!