Cara Membuat Android Lebih Cepat: 11 Hal yang Berfungsi (dan 3 yang Tidak)

Kita semua berharap ponsel kita sedikit lebih cepat. Baik Anda menggunakan perangkat dari tiga tahun lalu atau menggunakan salah satu ponsel Android baru terbaik, tetap sama—lebih cepat selalu lebih baik.

Tidak ada kekurangan ide tentang bagaimana Anda dapat mempercepat perangkat Android Anda. Sayangnya, tidak semuanya berfungsi. Kabar baiknya adalah, kami telah menguji semuanya untuk Anda. Baca terus untuk mengetahui cara membuat ponsel Anda lebih cepat—dan apa yang harus Anda hindari.

Cara Mempercepat Android: Tips Dasar

Aplikasi dan pengaturan default di Android tidak selalu yang terbaik jika kecepatan adalah prioritas Anda. Membuat beberapa perubahan dan menjaga ponsel Anda bebas dari kekacauan dapat mempercepat kinerja ponsel Anda.

1. Bersihkan Layar Beranda Anda

Jika ponsel Anda tidak memiliki banyak RAM atau memiliki prosesor yang lebih lambat, mempertahankan layar beranda yang ramping dapat membantu mempercepatnya. Wallpaper dan widget hidup menggunakan sumber daya, dan yang terakhir bahkan dapat terus memperbarui di latar belakang.

Di mana kemungkinan besar Anda akan melihat dampaknya adalah melalui sesuatu yang disebut “gambar ulang layar beranda”. Saat Anda beralih dari aplikasi yang banyak menggunakan RAM seperti Chrome, Anda akan melihat layar beranda yang benar-benar kosong dan harus menunggu beberapa detik sementara ikon, widget, dan wallpaper Anda dimuat ulang. Jaga agar layar beranda Anda tetap rapi untuk menghindari hal ini.

2. Gunakan Peluncur Berbeda

Peluncur default di ponsel Anda biasanya dirancang untuk menampilkan fitur terbaik perangkat Anda. Akibatnya, ini tidak selalu yang tercepat atau paling efisien, dan sering kali menyertakan banyak fitur yang tidak Anda perlukan atau gunakan.

Anda akan menemukan banyak peluncur pihak ketiga yang luar biasa di Play Store, dan banyak yang dioptimalkan untuk kecepatan. Favorit kami adalah Nova Launcher, tetapi ada baiknya bereksperimen dengan beberapa untuk menemukan yang tepat untuk Anda.

3. Ubah Peramban

Peramban web default di Android adalah Chrome, dan ini adalah aplikasi yang cukup banyak sumber daya. Ada beberapa cara untuk meningkatkannya, tetapi solusi yang lebih baik adalah beralih ke browser yang sama sekali berbeda.

Beberapa tes benchmark telah menunjukkan Puffin sebagai browser Android tercepat. Jika Anda lebih suka sesuatu yang lebih mirip dengan Chrome, lihat hal-hal seperti Brave atau DuckDuckGo. Keduanya berbasis Chromium, tetapi singkirkan banyak sampah ekstra yang Anda temukan di banyak situs web untuk mempercepat pengalaman menjelajah Anda.

BACA JUGA:  7 Alasan Mengapa Anda Tidak Harus Membeli Ponsel Gaming Android

4. Copot Aplikasi Buruk

Aplikasi yang buruk sering disalahkan karena memperlambat ponsel Anda. Itu juga tidak selalu mengaburkan aplikasi. Beberapa nama terbesar adalah penyebab umum.

Snapchat terkenal lamban di Android, sementara mencopot pemasangan Facebook dikatakan membuat ponsel Anda 15% lebih cepat. Coba beralih ke aplikasi Facebook pihak ketiga sebagai gantinya. Ada juga versi ringan dari aplikasi Google utama yang menggunakan lebih sedikit memori dan berjalan lebih cepat.

5. Hapus Perangkat Lunak Antivirus

Perangkat lunak antivirus mengklaim menawarkan ketenangan pikiran bagi pengguna Android, tetapi itu tidak perlu. Ini memperlambat ponsel Anda dan menguras baterai Anda. Selama Anda hanya menginstal aplikasi dari sumber resmi seperti Play Store atau Amazon Appstore, kemungkinan besar Anda tidak akan menemukan malware dan tidak memerlukan aplikasi antivirus.

6. Hentikan Sinkronisasi Otomatis Aplikasi

Sosial, berita, cuaca, dan banyak kelas aplikasi lainnya disetel untuk disinkronkan secara otomatis agar tetap diperbarui. Secara default, mereka online sesering setiap 15 menit. Dengan terlalu banyak aplikasi ini diinstal, ponsel Anda akan segera berderit karena beratnya.

Periksa jadwal sinkronisasi untuk semua aplikasi Anda dan atur jadwal yang lebih panjang setiap beberapa jam atau sekali sehari. Atau matikan saja sinkronisasi dan perbarui secara manual.

7. Periksa dan Instal Pembaruan

Setiap versi baru Android menawarkan peningkatan kinerja dari yang terakhir, jadi jika ponsel Anda memiliki pembaruan yang tersedia maka Anda harus selalu menginstalnya. Tentu saja, tidak semua produsen memperbarui ponsel mereka, jadi ini adalah sesuatu yang perlu dipertimbangkan saat Anda meningkatkan versi berikutnya.

Hal yang sama berlaku untuk aplikasi. Aktifkan pembaruan otomatis di Play Store untuk memastikan bahwa Anda menerima pembaruan terbaru segera setelah bug aplikasi yang menguras sumber daya dan menguras baterai diperbaiki. Pergi ke Pengaturan > Perbarui aplikasi secara otomatis untuk mengaturnya.

8. Nyalakan Ulang Secara Teratur

Terakhir, cara paling sederhana dan terbaik untuk menyetel Android adalah dengan me-rebootnya secara teratur. Ini membantu menjaga OS berjalan dengan lancar. Anda tidak harus melakukannya setiap hari, tetapi reboot sesekali akan sangat membantu, terutama jika ponsel Anda menjadi sangat lambat atau mulai bekerja lebih panas dari biasanya.

Dan jika Anda mencoba semua tips ini dan menemukan bahwa tidak ada yang berhasil, reset pabrik mungkin diperlukan—pastikan Anda mencadangkan data Android Anda terlebih dahulu!

BACA JUGA:  10 Tips Perawatan Android Agar Perangkat Anda Berjalan Lancar

Cara Mempercepat Android: Tips Tingkat Lanjut

Ingin sesuatu yang sedikit lebih maju? Jika Anda suka mempelajari pengaturan tersembunyi, atau jika perangkat Anda telah di-root, maka Anda memiliki lebih banyak peluang untuk mempercepat Android.

9. Mempercepat Animasi

Android dikemas dengan animasi dan transisi yang memberikan tampilan apik pada sistem operasi dan membuatnya menyenangkan untuk digunakan. Pengaturan tersembunyi memungkinkan Anda untuk mengontrol kecepatan animasi ini. Pada gilirannya, ini meningkatkan kecepatan (atau setidaknya kecepatan yang dirasakan) ponsel Anda.

Pergi ke Pengaturan > Sistem > Opsi pengembang atau Pengaturan > Sistem > Lanjutan > Opsi pengembanggulir ke bawah setengah, dan atur Skala animasi jendela, Skala animasi transisidan Skala durasi animator ke .5x. Ini memotong panjang animasi menjadi setengahnya (Anda dapat mematikannya sepenuhnya jika Anda mau, tetapi ini terlihat menggelegar).

Jika Anda tidak dapat melihat opsi Pengembang, Anda harus mengaktifkannya terlebih dahulu. Pergi ke Setelan > Tentang ponsel atau Pengaturan > Sistem > Tentang ponsel dan ketuk Nomor pembuatan tujuh kali untuk membuat opsi muncul.

10. Coba ROM yang Berbeda

ROM khusus berisi sistem operasi Android yang lengkap dan menggantikan semua perangkat lunak yang sudah diinstal sebelumnya di ponsel Anda. ROM mungkin memiliki tampilan atau fitur tambahan yang berbeda, atau dapat dioptimalkan untuk kinerja.

Menginstal ROM khusus adalah ide bagus jika perangkat lunak stok di ponsel Anda tidak bagus. Banyak produsen mengemas perangkat mereka dengan aplikasi dan fitur tambahan yang membuatnya membengkak, bermasalah, dan lambat. Menggantinya dengan ROM bebas mengasapi seperti LineageOS dapat memberi Anda peningkatan kecepatan instan.

11. Flash Kernel Kustom

Kernel mengelola setiap interaksi antara perangkat lunak dan perangkat keras ponsel Anda. Kernel kustom memungkinkan Anda untuk mengubah cara fungsi perangkat keras. Anda dapat mengubah seberapa cepat prosesor naik ke kecepatan tertinggi, atau seberapa sibuknya sebelum mengaktifkan inti tambahan.

Beberapa bahkan menawarkan pengaturan per aplikasi sehingga Anda dapat menjalankan perangkat dengan daya maksimum saat memainkan game tertentu, dan kembali normal segera setelah Anda keluar darinya.

Cara Mempercepat Android: Apa yang Tidak Berfungsi

Selain tips yang berhasil, ada beberapa teknik peningkatan kecepatan umum yang tidak berhasil. Berhati-hatilah terhadap aplikasi apa pun yang membuat klaim besar tentang seberapa banyak itu dapat mempercepat ponsel Anda.

1. Pembunuh Tugas

Pembunuh tugas adalah salah satu utilitas paling populer di Play Store, namun sama sekali tidak berharga. Bahkan, mereka dapat membuat ponsel Anda lebih lambat.

BACA JUGA:  Cara Mengatur dan Menggunakan Peluncur Game di Ponsel Samsung Galaxy Anda

Pembunuh tugas menutup aplikasi latar belakang untuk mengosongkan RAM. Ini bekerja pada gagasan bahwa RAM bebas meningkatkan kinerja, tetapi ini tidak benar. Android dirancang untuk menyimpan aplikasi dalam RAM sehingga dapat memulihkannya dengan cepat. Ini akan menutup aplikasi dengan cerdas kapan pun diperlukan untuk mengosongkan sumber daya tambahan.

Lebih penting lagi, proses aplikasi tertentu akan dimulai kembali segera setelah dihentikan karena dirancang untuk berjalan di latar belakang. Berhenti dan mulai terus-menerus ini akan memperlambat ponsel Anda jauh lebih lambat daripada jika Anda membiarkan Android melakukan tugasnya.

2. Menutup Aplikasi

Untuk alasan yang sama, Anda tidak boleh terus menutup aplikasi secara manual. Sekali lagi, Android mengelola ini secara otomatis. Jika Android perlu mengosongkan sumber daya, itu akan menutup aplikasi mana pun yang sudah lama tidak Anda gunakan.

Jika tidak, biarkan mereka sendiri. Menyimpannya dalam memori tidak akan banyak berpengaruh pada kinerja atau masa pakai baterai. Lebih baik lagi, ini membantu membuat aplikasi Anda memuat lebih cepat saat Anda membutuhkannya lagi.

3. Menggunakan Penguat Kecepatan atau Defragmenter

Sementara kami mencoba untuk menghindari generalisasi, aman untuk mengatakan bahwa Anda harus menghindari aplikasi non-root yang menjanjikan untuk meningkatkan kinerja ponsel Anda. Ini termasuk penguat RAM, speeder-upper kartu SD, dan apa pun di sepanjang garis yang dapat Anda temukan di Play Store.

Mereka jarang berfungsi, sering dikemas dengan iklan yang sangat mengganggu, dan benar-benar dapat memperlambat ponsel Anda.

Juga, jangan gunakan aplikasi defragmenter untuk Android. Ponsel Anda tidak perlu defragmentasi—menggunakan memori flash dan tidak terpengaruh oleh fragmentasi. Semua defragger ponsel di Google Play tidak akan membuat ponsel Anda berjalan lebih cepat. Paling-paling, mereka tidak akan berpengaruh; paling buruk, mereka mungkin aplikasi scam.

Cara Utama untuk Mempercepat Android

Tentu saja, hanya sejauh ini yang bisa Anda lakukan untuk mempercepat ponsel Anda. Anda dapat menjaganya tetap bersih dan berjalan dengan lancar untuk sementara waktu, untuk mengoptimalkan kinerja sebanyak mungkin, tetapi cepat atau lambat Anda akan mencapai batas perangkat keras. Kemudian Anda mencapai tip kecepatan tertinggi: tingkatkan ke perangkat baru.

By Digitalbisnisonlineku

error: Content is protected !!