Bisnis online shop paling laris
Bisnis online shop paling laris

Keuntungan dan Cara Memulai Bisnis Online Shop yang Harus Anda Tahu

Di era digital seperti sekarang, bisnis online shop menjadi ladang cuan yang sangat menjanjikan. Selain menawarkan keuntungan besar, model bisnis dalam jaringan juga lebih efektif meningkatkan omzet penjualan secara luas hingga skala global.

Bermodalkan smartphone dan koneksi internet saja, Anda sudah bisa menjalankan bisnis online tersebut. Jika ingin tahu lebih banyak tentang usaha online, maka simak dulu berbagai informasi menarik berikut ini.

Pengertian Bisnis Online Shop

Bisnis online shop adalah
Bisnis online shop adalah

Bagi Anda yang masih awam dengan dunia bisnis online perlu memahami dulu apa yang dimaksud dengan bisnis online itu sendiri.

Bisnis online adalah usaha atau aktivitas jual beli yang dijalankan secara online atau daring (dalam jaringan) lewat internet. Tak hanya akad jual beli saja, tapi mulai dari promosi dan proses pelayanan langsung dilakukan secara real time dengan bantuan koneksi internet.

Jual beli dengan cara online juga memungkinkan Anda untuk menjalankan bisnis tersebut dari rumah tanpa harus menyewa toko atau kios. Umumnya, usaha online ini memanfaatkan berbagai platform yang mendukung pemasaran seperti website, media sosial, marketplace, dan lain-lain.

Bagi Anda yang ingin berbisnis tapi terkendala budget, maka bisnis online jadi solusinya. Selain menghemat pengeluaran, jenis usaha ini juga bisa dilakukan tanpa modal lho!

Keuntungan Menjalankan Bisnis Online

Bisnis online shop tanpa modal
Bisnis online shop tanpa modal

Berbagai keuntungan yang ditawarkannya, membuat peluang bisnis onlineselalu diminati oleh banyak orang. Bahkan, setiap tahunnya banyak bermunculan onlineshop baru yang bisa Anda temukan di berbagai platform online. Yuk simak apa saja keuntungan berbisnis secara online berikut ini.

Hemat Biaya

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa bisnis onlineshop meminimalkan biaya atau pengeluaran. Anda hanya butuh perangkat mobile dan sambungan internet untuk melakukannya.

BACA JUGA:  7 Bisnis Online Gratis Lewat HP Yang Wajib Dicoba

Tak perlu menyewa tempat untuk membuka usaha karena Anda bisa menjalankan bisnis ini dari rumah. Dari segi promosi juga lebih hemat karena tidak perlu mengeluarkan uang untuk membuat brosur, iklan di baliho, radio, atau televisi.

Saat ini media sosial menjadi wadah yang efektif dalam melakukan iklan karena terbukti mampu mendongkrak penjualan.

Jangkauan Lebih Luas

Bisnis offline atau cara jual konvensional hanya bisa menjangkau konsumen secara terbatas. Hal ini berbeda dengan bisnis dalam jaringan yang bisa menjangkau konsumen secara lebih luas hingga ke seluruh dunia.

Apalagi, hampir semua orang sekarang sudah melek internet dan mampu beradaptasi dengan perubahan zaman di era digital. Semakin sering Anda melakukan iklan di internet, maka semakin cepat orang-orang mengenali produk atau jasa yang ditawarkan.

Bisa Dilakukan Dari Mana Saja dan Kapan Saja

Jam operasional dalam menjalankan bisnis online juga sangat fleksibel karena Anda bisa beriklan, melayani pelanggan, atau berjualan dari mana saja dan kapan saja asalkan ada koneksi internet.

Selain bisa menjadi bisnis utama, memiliki onlineshop juga bisa Anda jadikan bisnis sampingan untuk menambah penghasilan tambahan.

Bagaimana Cara Bisnis Online Shop

Bisnis online shop paling laris
Bisnis online shop paling laris

Sebagai pemula, Anda pasti penasaran tentang bagaimana cara memulai bisnis online tersebut. Beberapa dari Anda mungkin mengira bahwa berjualan lewat internet itu sulit. Padahal, kenyataannya justru sangat mudah.

Selain mudah, hasil yang didapatkan pun lebih efektif dan maksimal. Jangan pesimis dulu, begini lho cara memulai usaha online yang mudah.

Melakukan Riset Pasar

Hal pertama yang bisa Anda lakukan saat terjun ke dunia bisnis online adalah melakukan riset pasar. Cari tahu apa saja yang dibutuhkan masyarakat saat ini. Produk atau jasa yang potensial biasanya bisa menjawab permasalahan yang ada di masyarakat.

Jadi produk dan jasa yang akan Anda rintis sebaiknya yang bisa menjawab atau menjadi solusi dari masalah tersebut. Kemudian, Anda bisa mencocokkannya dengan data yang ada di Google Trend, kira-kira jenis barang atau jasa apa saja yang banyak dicari di mesin pencarian.

BACA JUGA:  Cara Tepat Memulai Bisnis Baju Modal 1 Juta, Untung Jutaan!

Dari situ, Anda bisa menentukan bisnis apa yang akan dijalankan.

Menentukan Produk yang akan Dijual

Jika sudah melakukan riset, langkah selanjutnya adalah menentukan produk yang akan dijual. Apakah akan berupa barang atau jasa, makanan atau minuman, dan pilihan lainnya. Perhatikan juga potensi risikonya agar Anda juga bisa bersiap untuk mencari solusi jika hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

Memilih Target Market

Selain memilih barang atau jasa yang akan dipasarkan, menentukan target pasar atau target konsumen secara spesifik juga menjadi hal penting yang harus dipikirkan. Pertimbangannya bisa berdasarkan beberapa hal seperti usia, jenis kelamin, level finansial, wilayah atau tempat tinggal, dan aspek penting lainnya.

Menetapkan Model Bisnis

Ada banyak model bisnis dalam menjalankan sebuah usaha secara online. Anda bisa menentukannya berdasarkan kapasitas keuangan atau tujuan yang ingin dicapai. Apakah ingin menjadi produsen, distributor, reseller, agen, dan lain-lain.

Gencar Melakukan Promosi

Promosi bisnis melalui internet memang bisa dilakukan secara gratis. Namun, hasil yang didapat akan lebih optimal jika mau mengeluarkan cukup modal dalam beriklan.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa cara promosi lewat internet bisa dilakukan melalui website, media sosial, dan juga marketplace. Anda bisa membuat akun My Google Business, Google Ads, SEO, SEM, Facebook Ads, Instagram Ads, paid promote influencer, copy writing, dan lain sebagainya.

Rutin Mengevaluasi Bisnis

Keuntungan dari dunia bisnis kadang tidak menentu, ada kalanya Anda untung besar, tapi ada waktunya juga harus mengalami kerugian.

Oleh karena itu, penting bagi pebisnis untuk selalu melakukan evaluasi dalam menjalankan usahanya agar terus bisa bertahan. Anda juga harus bisa berinovasi dan memikirkan berbagai strategi pemasaran untuk meningkatkan omzet penjualan.

BACA JUGA:  8 Peluang Bisnis Online yang Menguntungkan Modal Kecil

Begini Cara Bisnis Online Shop Tanpa Modal

Bagi Anda yang ingin berbisnis tapi terkendala biaya atau modal, bisa memilih jenis bisnis online yang minim modal atau tanpa modal sama sekali. Apa saja contohnya? Temukan berbagai idenya berikut ini.

Reseller/ Dropshipper

Bisnis onlineshop yang tidak membutuhkan modal adalah menjadi reseller atau dropshipper. Anda hanya perlu mencari produsen atau supplier barang terpercaya sebagai penyedia barang dagangan bisnis Anda.

Dengan kata lain, Anda tidak perlu memiliki stok barang dan tinggal menjualkan produk yang dimiliki oleh produsen. Menariknya, urusan pengiriman paket pun juga langsung ditangani oleh pihak produsen sehingga Anda hanya fokus berjualan dan melakukan promosi.

Jasa Titip/ Jastip

Bisnis jastip juga cukup banyak diminati oleh orang-orang sebagai peluang usaha online yang tak kalah menjanjikan. Anda juga tidak perlu mengeluarkan uang untuk memiliki stok barang dagangan.

Cara kerja bisnis jastip biasanya mengunjungi store tertentu untuk mengumpulkan dokumentasi produk untuk diiklankan di platform online. Saat ada yang tertarik dan melakukan pembelian, baru Anda membelanjakan uang yangsudah ditransfer konsumen untuk dibelikan produk yang diinginkan.

Selanjutnya, Anda tinggal melakukan packing dan mengirimkannya lewat ekspedisi.

Bisnis Affiliate/ AffiliateMarketing

Affiliatemarketing adalah tren bisnis baru yang kini sedang naik daun. Anda akan mendapatkan komisi tertentu sesuai perjanjian jika bisa menjualkan barang ke konsumen. Komisi yang didapatkan tergantung dari jumlah barang yang bisa Anda jual. Semakin banyak produk yang dijual maka semakin besar komisi yang diperoleh.

Demikian informasi menarik tentang bisnis onlineshopyang bisa Anda simak. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda seputar dunia bisnis ya!