Asus ROG Phone 6 Pro vs. ZTE Nubia Red Magic 7 Pro: Mana Ponsel Gaming Terbaik?

Asus ROG Phone 6 Pro dan Nubia Red Magic 7 Pro adalah dua ponsel gaming paling kuat di pasaran saat ini. Jika Anda seorang gamer dan bingung harus membeli yang mana, perbandingan ini akan membantu Anda memutuskan di antara keduanya.

Yang pertama dimulai dari €1299 (kira-kira harga yang sama dalam USD) sedangkan yang kedua mulai dari $799. Apakah ROG Phone 6 Pro benar-benar bernilai sekitar $500 lebih? Mari kita cari tahu.

Desain dan Tubuh

Asus ROG Phone 6 Pro: 173 x 77 x 10,3 mm; 239 gram; Tahan air IPX4 ZTE Nubia Red Magic 7 Pro: 166,3 x 77,1 x 10 mm; 235 gram

ROG Phone 6 Pro sedikit lebih tinggi dan dilengkapi dengan Gorilla Glass Victus yang lebih kuat di bagian depan dan Gorilla Glass 3 di bagian belakang. Red Magic 7 Pro menampilkan Gorilla Glass 5 yang lebih lemah di bagian depan dan kaca standar di bagian belakang. Kedua ponsel hadir dengan bingkai aluminium dan zona sensitif tekanan bawaan yang berfungsi sebagai pemicu bahu untuk kontrol lebih saat bermain game.

Meskipun tidak identik, kedua perangkat juga memiliki sistem pendingin untuk mengurangi pelambatan, menghilangkan panas dengan lebih baik, dan meningkatkan stabilitas untuk meningkatkan kinerja game Anda. Pada ROG Phone 6, ini dilakukan oleh sistem GameCool 6-nya sedangkan Red Magic 7 Pro menggunakan sistem ICE 9.0 dan memiliki turbofan RGB dan saluran udara built-in.

Telepon ROG hadir dengan peringkat IPX4 resmi untuk ketahanan air, yang jauh lebih buruk daripada yang bisa Anda dapatkan dengan harga ini, meskipun saingannya tidak memiliki peringkat seperti itu. Perhatikan bahwa “X” di IPX4 berarti perangkat belum diuji secara resmi untuk perlindungan debu.

Kedua perangkat memiliki pemindai sidik jari dalam layar optik, jack headphone, dan speaker stereo ganda untuk gameplay yang imersif. Lihatlah ulasan Red Magic 7 Pro kami untuk detail lebih lanjut tentang cara menanganinya.

Prosesor

Asus ROG Phone 6 Pro: Snapdragon 8+ Gen 1; fabrikasi 4nm; GPU Adreno 730 ZTE Nubia Red Magic 7 Pro: Snapdragon 8 Gen 1; fabrikasi 4nm; GPU Adreno 730

BACA JUGA:  9 Aplikasi Kesehatan dan Kebugaran Bebas Iklan Terbaik untuk Android

ROG Phone 6 Pro menggunakan chip Snapdragon 8+ Gen 1 yang baru dan lebih baik, sementara Red Magic 7 Pro menggunakan pendahulunya, Snapdragon 8 Gen 1. Dengan chip yang lebih baru, Qualcomm menjanjikan kinerja CPU 10% lebih baik, 30% lebih baik efisiensi daya, kinerja GPU 10% lebih baik, dan pengurangan daya GPU 30%.

Di AnTuTu (v9), ROG Phone mendapat skor 1103188 dan saingannya mendapat skor 1056511. Di GeekBench (v5.1), yang pertama unggul lagi di 3980 dan yang terakhir tidak terlalu jauh di belakang di 3845. Di sebagian besar benchmark, ROG Phone 6 Pro berdiri sebagai smartphone Android paling kuat di dunia hingga saat ini—dan lebih baik untuk harga itu!

Namun perhatikan bahwa skor benchmark bisa tidak dapat diandalkan dan terkadang menunjukkan hasil yang tidak konsisten tergantung pada berbagai faktor, jadi ambillah angka-angka ini dengan sedikit garam. Yang mengatakan, kedua ponsel dapat dengan mudah menjalankan game apa pun yang dapat Anda temukan di Play Store.

Menampilkan
Asus ROG Phone 6 Pro: 6,78 inci; AMOLED; kecepatan penyegaran 165Hz; Tingkat pengambilan sampel sentuh 720Hz; dukungan HDR10+; resolusi 1080 x 2448; 395 PPI; kecerahan puncak 1200 nits; Gorila Kaca Victus; Rasio layar-ke-tubuh 82,2% ZTE Nubia Red Magic 7 Pro: 6,8 inci; AMOLED; Kecepatan refresh 120Hz; Tingkat pengambilan sampel sentuh 960Hz; resolusi 1080 x 2400; 387 PPI; kecerahan puncak 600 nits; Gorila Kaca 5; Rasio layar-ke-tubuh 87,1%

Red Magic 7 Pro bertujuan untuk meminimalkan bezel melalui kamera depan di bawah layar sementara ROG Phone 6 Pro mempertahankannya sehingga Anda tidak secara tidak sengaja memblokir konten di layar dengan jari Anda saat bermain game. Anda dapat memutuskan apa yang Anda inginkan.

Kecepatan refresh 165Hz pada ROG Phone 6 Pro terlalu berlebihan. Red Magic 7 biasa memiliki kecepatan refresh yang sangat tinggi tetapi secara mengejutkan tidak ada pada varian Pro. Perbedaan antara 165Hz dan 120Hz sama sekali tidak terlihat.

BACA JUGA:  6 Aplikasi Buku Mewarnai Terbaik untuk Anak

Demikian pula, sampling rate 960Hz pada Red Magic 7 Pro tidak terasa lebih cepat dari 720Hz pada saingannya. Yang mengatakan, ROG Phone 6 Pro lebih cerah, memiliki dukungan HDR10+ untuk warna yang lebih hidup, dan perlindungan kaca yang lebih kuat.

Baterai

Asus ROG Phone 6 Pro: baterai 6000mAh; Pengisian kabel cepat 65W ZTE Nubia Red Magic 7 Pro: baterai 5000mAh; Pengisian kabel cepat 65W

Kedua ponsel dilengkapi dengan baterai sel ganda yang memungkinkan pengisian lebih cepat dan masa pakai baterai yang lebih lama. Tetapi Telepon ROG memiliki sel 6000mAh yang lebih besar daripada 5000mAh saingannya.

Kecepatan pengisian daya identik antara kedua ponsel pada 65W. Tak satu pun dari kedua ponsel mendukung pengisian nirkabel atau pengisian nirkabel terbalik. Ini mungkin masalah besar bagi Anda, tetapi kami telah membahas mengapa pengisian daya nirkabel menyebalkan jika Anda ingin berubah pikiran.

Saat dicolokkan, kedua ponsel dapat menarik daya langsung dari pengisi daya tanpa memengaruhi baterai. Ini membantu meningkatkan umur panjangnya, menghemat masa pakai baterai, dan mengurangi panas saat bermain game. Pada seri ROG Phone, fitur ini disebut dengan Bypass Charging; pada seri Nubia Red Magic, itu disebut Pemisahan Biaya.

Kedua ponsel dilengkapi dengan pengisi daya di dalam kotak, yang jarang terjadi akhir-akhir ini.

RAM dan Penyimpanan
Asus ROG Phone 6 Pro: RAM LPDDR5 18GB; Penyimpanan UFS 3.1 512GB ZTE Nubia Red Magic 7 Pro: RAM LPDDR5 16GB; Penyimpanan 256/518GB UFS 3.1

ROG Phone 6 Pro hadir dengan RAM 18GB dan Red Magic 7 Pro dengan RAM 16GB—keduanya menggunakan standar LPDDR5 terbaru. Bahkan jika Anda memainkan banyak game dengan grafis intensif, kecil kemungkinan Anda akan membutuhkan RAM sebanyak ini di smartphone.

RAM 12GB lebih dari cukup untuk menjalankan judul-judul berat; tetapi jika Anda melakukan banyak multitasking, lebih banyak RAM dapat membantu. Anda juga mendapatkan banyak penyimpanan di kedua ponsel dengan ROG Phone yang mengusung 512GB dan saingannya menawarkan opsi 256 dan 512GB—keduanya menggunakan standar UFS 3.1 terbaru.

BACA JUGA:  3 Cara Memblokir Nomor Anda dan Menyembunyikan ID Penelepon Anda di iPhone atau Android

Kamera

Asus ROG Phone 6 Pro: 50MP f/1.9 primer dengan PDAF dan video 8K pada 24fps; 13MP f/2.2 ultra lebar; makro 5MP; Depan: 12MP dengan video 1080p pada 30fps ZTE Nubia Red Magic 7 Pro: 64MP f/1.8 primer dengan PDAF dan video 8K pada 30fps; 8MP f/2.2 ultra lebar; 2MP f/2.4 makro; Depan: 16MP f/2.0 dengan video 1080p pada 60fps

Kualitas kamera bukanlah prioritas utama bagi orang yang membeli ponsel gaming, tetapi Anda tetap menginginkannya setidaknya cukup baik untuk penggunaan sehari-hari. Dan itulah yang Anda dapatkan di ROG Phone 6 Pro dan Red Magic 7 Pro.

Jangan berharap rentang dinamis yang menakjubkan atau warna-warna cerah. Menurut ulasan, gambar dari kedua ponsel layak dalam kondisi siang hari, tetapi dalam lingkungan cahaya rendah yang menantang, kualitas gambar dapat menurun dengan cepat.

Red Magic 7 Pro mengambil foto dan video selfie yang sangat buruk karena kamera depannya di bawah layar. Jika Anda berencana untuk merekam diri sendiri saat bermain game atau sekadar ingin mengambil foto selfie, itu adalah tanda bahaya besar.

Red Magic 7 Pro Menawarkan Nilai Lebih untuk Uang

Meskipun ROG Phone 6 Pro jelas merupakan ponsel gaming yang lebih baik, kami tidak dapat mengabaikan label harganya yang mahal. Saingannya, Red Magic 7 Pro, menawarkan nilai lebih untuk uang dibandingkan tanpa harus terlalu banyak mengorbankan atau memotong sudut.

Perhatikan bahwa kedua perangkat sangat besar, jadi bermain game dalam waktu lama akan terasa melelahkan, terutama jika Anda memiliki tangan yang lebih kecil. Dan kedua perangkat juga dilengkapi dengan aksesori tambahan yang dapat Anda beli untuk meningkatkan pengalaman bermain game Anda.

By Digitalbisnisonlineku

error: Content is protected !!