asuransi rawat jalan terbaik
asuransi rawat jalan terbaik

7 Tips Mudah Mencari Asuransi Rawat Jalan Terbaik

Nyatanya masih banyak yang bingung membedakan asuransi rawat jalan dengan asuransi kesehatan yang lain.Untuk jaminan atas perlindungan tentang masalah kesehatan atau kecelakaan, maka banyak orang yang menggunakan jasa asuransi.

Ya, dengan asuransi maka anda bisa menekan biaya kesehatan yang semakin tinggi, sehingga bisa membantu anda secara signifikan. Sekarang ini perusahaan jasa asuransi tidak hanya menyediakan layanan kesehatan rawat inap, tapi banyak juga yang menawarkan asuransi rawat jalan.

Jika memang anda tertarik untuk memilih asuransi rawat jalan, maka ada beberapa tips bisa dilakukan untuk memilih asuransi rawat jalan terbaik. Apa sajakah tipsnya? Silakan untuk simak ulasan berikut ini.

Perbedaan Antara Asuransi Rawat Jalan dengan Asuransi Rawat Inap

Asuransi rawat jalan cashless terbaik
Asuransi rawat jalan cashless terbaik

Memang ada berbagai jenis asuransi yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi, seperti asuransi rawat jalan dan rawat inap. Kedua asuransi tersebut pun cukup seru ditawarkan. Jika memang anda sedang bingung harus memilih asuransi jenis apa, maka tentunya harus mengetahui perbedaan keduanya.

Perlu diketahui juga jika kedua asuransi tersebut yaitu asuransi rawat jalan fan asuransi rawat inap adalah jenis asuransi yang masuk ke dalam asuransi kesehatan.

Nah, sebelum mengetahui cara memilih asuransi rawat jalan, tak ada salahnya untuk mengetahui perbedaan antara asuransi rawat jalan dan rawat inap. Nah, berikut ini adalah perbedaannya.

1. Asuransi Rawat Jalan

Asuransi rawat jalan adalah sebuah asuransi yang akan memberikan pengguna perawatan berupa konsultasi dengan dokter, diagnosa penyakit, serta obat-obatannya. Biasanya asuransi ini juga akan memberikan biaya selepas rawat inap. Sehingga asuransi ini akan digunakan untuk beberapa cek kesehatan ke dokter.

Perlu diketahui juga jika biasanya ada beberapa pembatas dalam asuransi rawat jalan. Beberapa pembatasan tersebut adalah harus ada rujuk ke dokter spesialis dari dokter umum, lalu hanya digunakan untuk rumah sakit yang bermitra dengan perusahaan asuransi yang digunakan, dan termasuk juga jumlah kunjungan ke rumah sakit untuk pemeriksaan.

BACA JUGA:  4 Rekomendasi Asuransi Jiwa Terbaik di Indonesia

2. Asuransi Rawat Inap

Untuk asuransi rawat inap sendiri merupakan asuransi yang akan diberikan kepada pengguna jika pengguna harus melakukan rawat inap atau perawatan di rumah sakit.

Asuransi inipun bisa digunakan untuk perlindungan dari penyakit khusus yang memang membutuhkan perawatan khusus. Selain itu, asuransi rawat inap digunakan untuk pemulihan pasca operasi.

Itulah beberapa perbedaan dari asuransi rawat jalan dan rawat inap. Jadi mana yang lebih penting? Sebenarnya masalah mana yang lebih penting tentunya bergantung kepada kebutuhan anda.

Jika memang anda memiliki riwayat penyakit akut, maka asuransi rawat inap bisa menjadi pilihan yang tepat. Sebab jika penyakit akut tersebut kambuh, maka anda membutuhkan perawatan rawat inap.

Tapi jika memang butuh keduanya pun tak masalah. Lantas bagaimana cara memilih asuransi rawat jalan terbaik?

Tips Memilih Asuransi Rawat Jalan Terbaik

Asuransi rawat jalan terbaik
Asuransi rawat jalan terbaik

Tentunya anda ingin memiliki asuransi rawat jalan yang terbaik agar bisa memberikan proteksi pada finansial dan kesehatan yang mudah. Untuk itu berikut ini adalah beberapa tips mudah dapat dilakukan agar mendapatkan asuransi rawat jalan dengan kualitas terbaik dan profesional.

1. Carilah yang Memiliki fitur Cashless

Pertama adalah silahkan untuk memilih asuransi yang menawarkan fitur Cashless. Hal ini karena dengan fitur ini akan makin memudahkan pemegang polis. Sebab tak ada biaya tambahan jika anda menunjukkan kartu asuransi saat berkunjung untuk pemeriksaan di rumah sakit.

2. Pilih yang Memiliki Jaringan atau Mitra Rumah Sakit Luas

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya jika asuransi rawat jalan akan memiliki keterbatasan dalam jumlah rumah sakit yang bisa digunakan pada penggunaan asuransi.

BACA JUGA:  6 Daftar Asuransi Rawat Jalan Cashless Terbaik dan Tips Memilih Jasa Asuransi yang Tepat

Untuk itu, anda wajib mencari perusahan asuransi yang memiliki jaringan rumah sakit luas atau banyak bermitra di berbagai kota di Indonesia atau bahkan luar negeri. Semakin banyak jaringan rumah sakit, maka semakin cepat juga perawatan yang anda dapatkan.

3. Pilih yang Memiliki Limit Sesuai

Selanjutnya adalah anda harus memilih produk asuransi yang memiliki limit yang sesuai. Nah, polis asuransi kesehatan akan memberikan limit tertentu.

Maksudnya adalah setiap perawatan dokter ada batas biaya perawatan yang ditanggung. Untuk itu sebagai pilihan produk asuransi rawat jalan dengan menerapkan limit yang tidak membatasi biaya per perawatan yang diperlukan. Dengan demikian anda bisa lebih fleksibel dalam berobat.

4. Hindari Fitur Auto Debit

Lebih baik untuk menghindari untuk menggunakan fitur auto debit. Kenapa demikian? Sebab fitur ini terlihat memudahkan penggunanya, tapi fitur ini bisa membuat anda lengah sebab anda tidak akan tahu kapan pembayaran dimulai.

5. Pilih Produk Dengan Premi yang Sesuai

Memilih asuransi jelas tidak boleh asal-asalan, untuk itu wajib memiliki asuransi rawat jalan yang memiliki premi sesuai dengan kemampuan finansial anda. Premi pun harus dibayarkan tiap bulannya, jadi jangan memilih yang malah memberikan beban atau masalah di kemudian hari.

Hitung semua pengeluaran tiap bulan, termasuk biaya asuransi, kemudian pertimbangan apakah kemampuan finansial anda sanggup untuk menutupi semua keperluan tiap bulan tersebut.

6. Ketahui Masa Tunggu Penyakit

Perlu diketahui juga jika asuransi kesehatan termasuk asuransi rawat jalan akan memiliki masa tunggu penyakit. Maksudnya adalah asuransi bisa anda klaim atau gunakan jika masa tunggu penyakit telah terpenuhi.

Tentunya masa tunggu penyakit berbeda-beda. Untuk itu perhatikan penyakit apa saja yang masuk masa tunggu dan berapa lama masa tunggu penyakit tersebut.

BACA JUGA:  Mengenal Manfaat Asuransi Motor dan Cara Menghitung Preminya

7. Pastikan Memilih Perusahaan yang Sudah Berpengalaman

Selanjutnya adalah untuk lebih baik memilih perusahaan jasa asuransi yang pastinya sudah berpengalaman dan sudah terkenal di kalangan masyarakat.

Ya, sekarang tentunya banyak sekali perusahaan asuransi profesional yang bisa anda pilih. Daripada memiliki perusahaan yang tidak pasti, tentunya akan lebih baik memilih yang pasti dan berpengalaman.

Itulah beberapa tips bisa anda lakukan agar menemukan asuransi rawat jalan terbaik sehingga akan memudahkan anda dalam perawatan kesehatan.

Ciri-ciri Asuransi Rawat Jalan Terbaik

Asuransi rawat jalan allianz
Asuransi rawat jalan allianz

Selain dengan cara di atas, ada juga ciri-ciri yang harus anda ketahui agar menemukan jasa asuransi kesehatan rawat jalan yang terbaik. Nah, berikut ini adalah beberapa ciri-ciri asuransi rawat jalan terbaik.

  1. Merupakan asuransi kesehatan murni
  2. Asuransi Tidak menggunakan pembayaran auto debit kartu kredit
  3. Asuransi terbaik akan mengutamakan metode cashless dalam pembayaran klaimnya
  4. Asuransi rawat jalan terbaik tidak memiliki limit per perawatan

Jadi silahkan cari juga asuransi rawat jalan yang memiliki ciri-ciri di atas. Ingat tidak boleh asal dalam memilih asuransi kesehatan, baca semua ketentuan yang berlaku pada asuransi yang anda pilih.

Sebab cukup banyak korban asuransi yang ternyata tidak memahami ketentuan yang berlaku. Jika memang kurang jelas, anda bisa bertanya atau konsultasi pada pihak asuransi.

Jika memilih asuransi kesehatan rawat jalan maka setidaknya anda harus mengetahui beberapa hal berikut ini, antara lain adalah kebijakan Polis, masa tunggu penyakit, limit per perawatan, metode klaim, plafon dan premi asuransi, dan juga apakah asuransi tersebut termasuk rider asuransi rawat jalan atau asuransi murni.