Asuransi Rawat Jalan Cashless Terbaik
Asuransi Rawat Jalan Cashless Terbaik

6 Daftar Asuransi Rawat Jalan Cashless Terbaik dan Tips Memilih Jasa Asuransi yang Tepat

Asuransi rawat jalan cashless terbaik biasanya diberikan kepada pasien berupa pengamatan, pengobatan dan diagnosis dari dokter tanpa perlu dirawat inap.

Biaya rawat jalan tentu lebih rendah dibandingkan dengan rawat inap. Kapan rawat jalan dilakukan? Yakni ketika penyakit yang diderita pasien relatif ringan dan bisa sembuh hanya dengan bantuan obat.

Pengertian Asuransi Rawat Jalan Cashless Terbaik

Asuransi Rawat Jalan Cashless Terbaik
Asuransi Rawat Jalan Cashless Terbaik

Apa yang dimaksud dengan asuransi rawat jalan cashless? Merupakan produk asuransi yang menggunakan metode klaim tanpa harus membayar uang tunai di muka.

Asuransi kesehatan fitur cashless ini bertujuan untuk memudahkan nasabah dalam mendapatkan layanan kesehatan atau dengan kata lain membantu mengurangi lamanya proses pendaftaran dan juga biaya administrasi di rumah sakit.

Asuransi rawat jalan sendiri adalah bagian dari manfaat asuransi yang mencakup biaya medicalcheck-up, perawatan gigi, konsultasi dokter umum, dan perawatan medis lainnya yang tidak membutuhkan rawat inap di rumah sakit.

Daftar Asuransi Rawat Jalan Cashless Terbaik

Daftar Asuransi Rawat Jalan Cashless Terbaik
Daftar Asuransi Rawat Jalan Cashless Terbaik

Mana saja perusahaan yang menyediakan asuransi rawat jalan cashless terbaik? Berikut penjelasannya!

Asuransi Rawat Jalan Allianz

Memberikan penawaran produk SmartMedPremier atau asuransi kesehatan keluarga yang menyediakan manfaat rawat jalan dengan konsumen membeli asuransi tambahan.

Adapun manfaatnya, antara lain konsultasi dokter spesialis, konsultasi dokter umum, obat-obatan, fisioterapi, pemeriksaan diagnostic, pemindaian PET, CT-PT dan co-share, bisa klaim selain di negara Indonesia dan noclaim bonus atau apabila tidak mengajukan klaim dalam satu tahun maka nasabah akan mendapat potongan 20% untuk premi ditahun selanjutnya.

Asuransi rawat jalan Allianz memiliki keunggulan rumah sakit rekanan yang tidak sedikit mencapai 1100 rumah sakit. Bagaimana cara mendaftar asuransi ini? Pastikan anda berusia antara 15 hari sampai 75 tahun, tetapi bisa diperpanjang hingga usia 80 tahun apabila sudah menjadi anggota.

BACA JUGA:  4 Rekomendasi Asuransi Jiwa Terbaik di Indonesia

Asuransi Rawat Jalan Prudential

Asuransi rawat jalan cashless ini menanggung rawat jalan dengan limit tahunan sekitar Rp 1,5-4,5 M sebagai manfaat utama dengan jenis produk PRUPrimeHealthcare.

Manfaat asuransi rawat jalan Prudential, diantaranya biaya rawat jalan sesuai tagihan atau tanpa limit, biaya cuci darah maksimal Rp 150-600 juta, biaya perawatan kanker maksimal Rp 300 juta dan biaya rawat jalan darurat karena keadaan darurat maksimal Rp 10-40 juta.

Namun, manfaat rawat jalan tersebut terbatas hanya untuk mereka yang dalam kondisi darurat, jadi layanan seperti konsultasi dokter tidak tersedia. Bagi anda yang ingin mendaftar maka pastikan usia anda tertanggung antara 1 bulan hingga 65 tahun.

Asuransi Rawat Jalan AXA Mandiri

Dengan produk SmartCareExecutive, menawarkan rawat inap dan rawat jalan dengan limit tahunan berkisar Rp 500 juta.

Ada juga produk lainnya yang menawarkan santunan cacat tetap/sebagian mencapai Rp 250 juta. Selain itu, anda juga bisa mengajukan klaim cashless di 1200 rumah sakit rekanan AXA Mandiri hingga lebih.

Syarat untuk mendapatkan manfaat ini anda harus berusia antara 15 hari – 65 tahun dan bisa diperpanjang hingga usia 70 tahun.

Lalu, bagaimana caranya? Anda cukup menyisihkan uang mulai dari Rp 1,3 juta khusus untuk perlindungan selama satu tahun. Di samping itu, AXA Mandiri juga menawarkan familydiscount sebesar 50% untuk anak kedua dan seterusnya.

Asuransi Rawat Jalan Manulife

Asuransi rawat jalan cashless terbaik di Manulife produknya adalah Asuransi Kesehatan MiUltimate HealthCare yang memiliki dua jenis cara rawat jalan, yakni berkaitan dengan rawat inap dan rawat jalan murni.

BACA JUGA:  Mengenal Manfaat Asuransi Motor dan Cara Menghitung Preminya

Apa yang membedakan diantara keduanya? Untuk rawat jalan yang masih berkaitan dengan rawat inap tidak membutuhkan premi tambahan karena sudah termasuk di dalam premi rawat inap.

Adapun syaratnya, rawat jalan tersebut harus memiliki kaitan dengan rawat inap, contohnya perawatan kanker, perawatan pra dan pasca operasi, pembedahan, cuci darah dan rawat jalan akibat kecelakaan.

Sedangkan, bagi pasien yang mengincar rawat jalan murni harus membayar biaya tambahan, seperti konsultasi dokter sebab manfaat tersebut masuk dalam program asuransi tambahan rider Manulife.

Apa saja manfaat yang ditawarkan oleh asuransi rawat jalan cashless ini? Yakni biaya obat resep, biaya konsultasi dokter, pengobatan tradisional tiongkok, biaya tes diagnostic dan laboratorium hingga biaya fisioterapi dan juga chiropractic.

Asuransi Rawat Jalan Cigna

Memiliki produk dengan nama Cigna Premium HealthProtection dengan beberapa manfaat utama, seperti pertanggungan biaya dokter spesialis, dokter umum, biaya laboratorium hingga biaya obat-obatan.

Fasilitas klaim cashless di 800 rumah sakit Cigna baik di dalam maupun di luar negeri (Singapura, Thailand dan Malaysia). Serta, santunan rawat inap harian dan pemeriksaan kesehatan rutin tiap dua tahun.

Besarnya limit rawat jalan mencapai Rp 100-500 juta /tahun dengan premi mulai Rp 300 ribuan /bulan. Berapa batasan usia yang berlaku untuk mendaftar asuransi ini? Usia 6 bulan – 17 tahun untuk anak-anak dan 18-70 tahun untuk orang dewasa.

Asuransi Rawat Jalan Jagadiri

Memberikan penawaran asuransi rawat jalan cashless khusus untuk keluarga dengan produk asuransi jaga sehat keluarga yang mana asuransi ini mampu menganggung sampai 5 anggota keluarga atau 2 pasangan dan 3 anak hanya dengan Rp 280 ribuan /tahun.

Apa saja manfaat yang akan anda dapatkan? Rawat jalan maksimal Rp 300-500 ribu setiap kunjungan, dan santunan harian rawat inap Rp 300-900 ribu, serta pembedahan Rp 6-18 juta ditambah dengan layanan evaluasi medis.

BACA JUGA:  7 Tips Mudah Mencari Asuransi Rawat Jalan Terbaik

Apabila anda tidak mengajukan klaim selama satu tahun, maka akan mendapat premi sebesar 25%. Batas usia untuk mendaftar asuransi ini adalah anak-anak 30 hari – 23 tahun dan dewasa 18-60 tahun.

Tips Memilih Asuransi Rawat Jalan Cashless Terbaik

Asuransi rawat jalan dan rawat inap perorangan
Asuransi rawat jalan dan rawat inap perorangan

Dibawah ini tips memilih asuransi rawat jalan cashless terbaik, simak lebih lanjut!

Cek inner limit dan outer limit

Pada asuransi kesehatan ada istilah limit (nominal maksimal nasabah) diperbolehkan mengajukan klaim. Terdapat dua jenis limit, yakni inner limit atau batas yang ditetapkan per layanan kesehatan, seperti konsultasi dokter, obat-obatan hingga pembedahan.

Serta, outer limit atau limit per tahun yang membatasi seluruh jenis perawatan medis yang ditanggung. Penting bagi anda untuk memahami kedua limit tersebut dan jumlah dari masing-masing limit dengan jelas.

Lihat berapa jumlah rumah sakit rekanan

Sebagai calon nasabah, anda harus memastikan mana saja rumah sakit rekanan dari asuransi rawat jalan cashless tersebut yang dekat dengan tempat tinggal anda. Agar memudahkan anda untuk mengajukan klaim dikemudian hari. Untuk daftar rumah sakit rekanan bisa anda cek disitus perusahaan asuransi tersebut.

Pastikan kembali butuh atau tidak rawat jalan

Asuransi rawat jalan cashless terbaiktips selanjutnya adalah tanyakan kembali kepada diri anda butuh atau tidak rawat jalan. Dikarenakan biaya premi yang harus anda bayarkan tidaklah sedikit, jadi sebelum memutuskan melakukan rawat jalan hitung dulu budget yang tersedia.

Demikian artikel mengenai asuransi rawat jalan cashless terbaik, semoga dapat membantu Anda.