Apa yang Harus Dilakukan jika Sensor Kedekatan Ponsel Android Anda Berhenti Bekerja

Smartphone terdiri dari banyak bagian yang bekerja sama untuk menawarkan pengalaman nyaman yang kita anggap remeh. Sensor jarak membantu merampingkan banyak cara kami menggunakan ponsel kami dan Anda hanya akan mengenali hal-hal itu setelah gagal.

Mari kita lihat apa itu sensor jarak di ponsel dan cara memperbaikinya yang rusak.

Apa yang Dilakukan Sensor Kedekatan?

Sensor jarak adalah salah satu dari banyak sensor smartphone. Perannya adalah untuk mendeteksi seberapa dekat Anda dengan ponsel Anda dan meresponsnya. Ini membantu mengaktifkan fitur sebagai respons, misalnya, menerangi layar Anda jika Anda melihatnya, atau mematikan layar jika Anda meletakkan ponsel di telinga Anda.

Sensor jarak di ponsel Anda mendeteksi fitur wajah Anda untuk membuka kunci ponsel Anda. Jika Anda meletakkan ponsel di saku, sensor akan mencegah sentuhan yang tidak disengaja. Ini adalah chip yang berguna yang mungkin tidak pernah Anda sadari dalam kehidupan sehari-hari tetapi memainkan peran luar biasa dalam memberikan kenyamanan kecil.

Cara Menguji Sensor Kedekatan Anda

Jika Anda tidak yakin apakah sensor jarak ponsel Anda berfungsi dengan baik, ada tes yang dapat Anda lakukan untuk memeriksanya. Kami menyarankan Anda untuk me-restart telepon Anda sebelum mencoba salah satu dari berikut ini untuk menghilangkan bug/gangguan sementara yang mungkin mempengaruhi telepon Anda.

Salah satu cara untuk menguji sensor adalah dengan mengangkat telepon ke wajah Anda untuk melihat apakah itu menyala. Cara lain adalah dengan menelepon dan meletakkan ponsel di dekat telinga untuk melihat apakah layar meredup. Jika ini tidak berhasil, Anda dapat mengunduh aplikasi pihak ketiga gratis seperti Tes Sensor untuk melakukan tes sensor jarak.

BACA JUGA:  Lacak Diet Anda untuk Membantu Menurunkan Berat Badan Dengan 5 Aplikasi Web Ini

Anda juga dapat mendiagnosis ponsel Samsung Anda melalui aplikasi Samsung Members untuk melihat apakah sensor berfungsi normal. Jika tidak satu pun dari metode ini memberikan hasil apa pun, sensor jarak Anda kemungkinan besar tidak berfungsi dengan benar, dan Anda harus mencoba salah satu solusi yang tercantum di bawah ini.

1. Bersihkan Kotoran dan Debu di Dekat Sensor

Debu dan kotoran mungkin tidak tampak seperti masalah besar, tetapi begitu debu dan kotoran mulai menumpuk, mereka dapat merusak ponsel Anda. Jika ada debu yang menghalangi sensor jarak Anda, itu dapat mencegahnya mendeteksi wajah Anda dengan benar.

Dengan menggunakan kain bersih atau kapas telinga, usap perlahan bagian atas ponsel tempat sensor Anda berada. Jika Anda tidak yakin di mana letaknya, lihat gambar di atas. Terlepas dari model ponsel Anda, sensor jarak selalu terletak di bagian atas ponsel Anda.

Setelah membersihkannya, uji untuk melihat apakah itu berfungsi sekarang. Pastikan juga tidak ada retakan atau goresan di dekatnya, karena hal ini juga dapat memengaruhi sensor Anda. Jika ada, Anda mungkin harus mengunjungi pusat perbaikan.

2. Periksa untuk Melihat apakah Penjaga Layar Memblokirnya

Pelindung layar adalah penyebab utama lain dari sensor jarak yang tidak berfungsi dengan baik. Jika kaca terlalu tebal atau tidak pas untuk ponsel Anda, dapat menyebabkan masalah dengan deteksi. Jika Anda baru saja memasukkan pelindung layar baru, pisahkan bahan ini dengan hati-hati dari layar sentuh Anda dan usap layar Anda ke bawah.

Periksa untuk melihat apakah sensor telepon berfungsi sekarang menggunakan metode yang disebutkan sebelumnya. Saat membeli aksesori layar, pastikan untuk memilih yang dibuat khusus untuk model ponsel Anda dan uji untuk memastikannya berfungsi dengan baik.

BACA JUGA:  8 Aplikasi Seluler Hebat untuk Menghentikan Kebiasaan Buruk Anda

3. Perbarui Ponsel Anda

Bug dan gangguan selalu dapat terjadi dan mengacaukan ponsel Anda. Ini dapat disebabkan oleh pembaruan perangkat lunak yang tidak kompatibel atau hanya menjadi masalah sementara yang dapat diselesaikan dengan sendirinya. Produsen ponsel merilis pembaruan untuk mengatasi bug ini, jadi sebaiknya pastikan ponsel Anda diperbarui.

Untuk memeriksa apakah ponsel Anda memiliki pembaruan yang tertunda, buka Pengaturan > Sistem > Lanjutan > Pembaruan Sistem. Di ponsel Samsung, Anda dapat menemukannya di bawah Pengaturan > Pembaruan perangkat lunak > Unduh dan instal.

4. Gunakan Aplikasi untuk Mengkalibrasi Ulang Sensor Jarak Perangkat Anda

Mengkalibrasi ulang sensor ponsel Anda dapat membantu memperbaiki masalah yang mungkin diakibatkan oleh bug atau gangguan. Kalibrasi penting karena membantu memastikan sensor Anda membaca informasi secara akurat.

Anda mungkin pernah menemukannya menggunakan Google Maps, yang akan meminta Anda untuk mengkalibrasi ulang kompas Anda sesekali untuk selalu dapat menentukan posisi Anda secara akurat.

Sama seperti menyetel ulang ponsel Anda, mengkalibrasi ulang sensor Anda dapat membantunya berjalan dengan baik. Untuk mengkalibrasi ulang sensor jarak Anda, gunakan aplikasi Atur Ulang / Perbaiki Sensor Jarak, yang gratis dari Play Store.

5. Setel Ulang Perangkat Anda

Jika semuanya gagal, maka kemungkinan ponsel Anda rusak dan perlu dibawa ke teknisi untuk diperbaiki. Inilah sebabnya, sebelum Anda melakukannya, ada baiknya mencoba mengatur ulang telepon Anda. Melakukannya, akan menghapus semua data dan mengubahnya kembali menjadi bersih. Ini dapat menghilangkan bug apa pun yang mungkin tidak dapat diatasi dengan metode lain.

Disarankan untuk mencadangkan data Anda sebelum melakukannya dan menyinkronkan semua informasi Anda ke akun Google Anda. Dengan cara ini Anda tidak akan kehilangan informasi apa pun dan Google akan memulihkan semuanya untuk Anda setelah penyetelan ulang selesai. Ponsel Samsung memiliki alat cadangan sendiri.

BACA JUGA:  FitMenCook vs. Resep Sehat: Membandingkan Aplikasi Android Teratas untuk Memasak Sehat

Anda dapat melihat panduan kami tentang cara mengatur ulang pabrik ponsel Android Anda jika Anda tidak menyadarinya.

6. Bawa ke Teknisi

Jika tidak ada cara di atas yang berhasil memperbaiki sensor jarak Anda, kemungkinan besar itu rusak dan perlu dibawa ke pusat perbaikan. Jika Anda menjatuhkan ponsel baru-baru ini atau mengalami kecelakaan yang melibatkannya, maka ini adalah penyebab yang paling jelas. Sensor jarak sangat halus dan dapat dengan mudah rusak oleh terlalu banyak tekanan.

Sebaiknya bawa ponsel cerdas Anda ke pusat perbaikan resmi dan biarkan profesional menanganinya. Meskipun mungkin tergoda untuk mengikuti video YouTube dan mencoba memperbaikinya sendiri, ponsel cerdas adalah perangkat rumit yang tidak boleh Anda coba perbaiki tanpa sepengetahuan apa pun.

Ponsel Anda Mungkin Masih Berfungsi Tanpa Sensor Kedekatan

Smartphone disempurnakan tanpa henti untuk membuat hidup kita lebih mudah. Anda secara teknis dapat menggunakan telepon Anda tanpa sensor jarak, dan Anda bahkan mungkin merasa bahwa cukup mudah untuk membiasakan diri dengan telepon Anda tanpa itu.

Konon, kenyamanan yang ditawarkannya tidak bisa dianggap remeh. Nilai tambah komponen kecil ini memainkan peran penting dalam keseluruhan pengalaman yang Anda miliki dengan ponsel Anda.

By Digitalbisnisonlineku

error: Content is protected !!