Apa itu Penyegaran Aplikasi Latar Belakang di iPhone dan Android?

Penyegaran aplikasi latar belakang adalah fungsi penting pada ponsel iPhone dan Android. Jika Anda pernah melihat istilah ini beredar dan tidak yakin apa artinya, kami di sini untuk menjelaskannya.

Mari kita lihat apa arti penyegaran aplikasi latar belakang, apa fungsinya bagi Anda, dan bagaimana mengubah perilakunya.

Apa itu Penyegaran Aplikasi Latar Belakang?

Penyegaran aplikasi latar belakang adalah fitur iOS dan Android yang memungkinkan aplikasi memperbarui kontennya dari internet, bahkan saat Anda tidak menggunakannya. Sebaliknya, kami mengatakan bahwa aplikasi menggunakan data di latar depan saat Anda membukanya dan menggunakannya sendiri.

Penyegaran aplikasi latar belakang berguna karena membuat penggunaan aplikasi lebih mulus, tetapi juga memiliki beberapa efek samping negatif.

Apa yang Dilakukan Penyegaran Aplikasi Latar Belakang?

Penyegaran latar belakang memungkinkan aplikasi melakukan segala macam fungsi di latar belakang; jika tidak, Anda harus membiarkan aplikasi tetap terbuka agar dapat mengaksesnya. Tapi apa sebenarnya yang dilakukan penyegaran aplikasi latar belakang? Berikut adalah beberapa contoh tindakan yang ditanganinya tanpa Anda harus memeriksanya secara manual:

Aplikasi berita mengambil berita utama terbaru sehingga diperbarui saat Anda membukanya Aplikasi yang melacak penggunaan data seluler Anda mengumpulkan informasi di latar belakang Layanan penyimpanan cloud menyinkronkan file Anda secara otomatis Aplikasi toko kelontong mendeteksi bahwa Anda berada di toko dan menyiapkan digital terbaru kupon Aplikasi media sosial seperti Twitter memuat tweet terbaru sehingga Anda tidak perlu menunggunya saat dibuka

Perhatikan bahwa jika Anda menutup aplikasi dari pengalih aplikasi, aplikasi tersebut mungkin tidak diperbarui lagi hingga Anda membukanya. Ini adalah salah satu dari banyak alasan mengapa Anda tidak boleh terus-menerus menggesek untuk mematikan semua aplikasi Anda.

Juga, penting untuk dicatat bahwa untuk sebagian besar aplikasi di iPhone, penyegaran aplikasi latar belakang tidak memengaruhi notifikasi. Ini berarti Anda dapat menonaktifkan fitur untuk messenger seperti WhatsApp dan Anda masih akan melihat notifikasi saat menerima pesan baru. Namun, ini tidak berlaku untuk Android, seperti yang akan kita lihat sebentar lagi.

Haruskah Saya Menggunakan Penyegaran Aplikasi Latar Belakang?

Dalam kebanyakan kasus, penyegaran aplikasi latar belakang nyaman dilakukan. Namun, ada dua alasan utama mengapa Anda mungkin ingin mematikannya.

Pertama, secara default, penyegaran aplikasi latar belakang aktif pada data seluler dan koneksi Wi-Fi. Aplikasi dapat menggunakan cukup banyak data di latar belakang, jadi jika Anda menggunakan paket data terbatas, penyegaran aplikasi di latar belakang dapat mengakibatkan tagihan tambahan pada tagihan Anda. Ini adalah masalah jika Anda mencoba mengurangi penggunaan data seluler Anda.

BACA JUGA:  6 Aplikasi Teratas untuk Mengelola Karir Anda

Alasan lain untuk menonaktifkan penyegaran aplikasi latar belakang adalah untuk menghemat masa pakai baterai. Aplikasi yang berjalan di latar belakang menghabiskan daya baterai seperti saat Anda menjalankannya di latar depan. Jika Anda ingin memaksimalkan berapa lama perangkat Anda bertahan di antara pengisian daya, Anda mungkin tidak ingin membuang baterai untuk tugas latar belakang.

Sejauh aplikasi mana yang membutuhkan penyegaran aplikasi latar belakang, itu terserah preferensi Anda. Secara umum, Anda harus tetap mengaktifkannya untuk aplikasi apa pun yang sering Anda gunakan dan menonaktifkannya untuk aplikasi yang jarang Anda buka.

Untungnya, Android dan iOS memungkinkan Anda mematikan dan mengubah penyegaran aplikasi latar belakang. Mari kita lihat bagaimana melakukan ini.

Cara Mematikan Penyegaran Aplikasi Latar Belakang di iPhone

Untuk mengubah aplikasi mana yang berjalan di latar belakang iPhone Anda, buka Pengaturan > Umum > Penyegaran Aplikasi Latar Belakang. Di sini, Anda akan melihat daftar aplikasi di iPhone yang menggunakan penyegaran aplikasi latar belakang.

Cukup nonaktifkan penggeser untuk suatu aplikasi, dan itu tidak akan lagi diperbarui di latar belakang. Anda harus membuka aplikasi agar dapat online dan memeriksa informasi baru. Berhati-hatilah dalam melakukan ini untuk aplikasi yang mengandalkan konten terbaru.

Ketuk Penyegaran Aplikasi Latar Belakang bidang di atas untuk mengubah cara kerja fungsi secara global. Jika Anda memiliki Wi-Fi & Data Seluler dipilih, aplikasi akan disegarkan di semua jenis jaringan. Memilih Wifi jika Anda tidak ingin aplikasi memeriksa konten baru saat menggunakan data seluler, yang merupakan ide bagus jika Anda memiliki paket seluler terbatas.

Anda juga dapat memilih Mati agar aplikasi tidak disegarkan di latar belakang iPhone Anda. Ini akan menghemat baterai, tetapi juga membuat aplikasi kurang berguna secara signifikan, jadi gunakan dengan hati-hati.

Mode Daya Rendah dan Akses Seluler di iPhone

Ada dua opsi iPhone lain yang harus Anda ketahui yang terkait dengan penyegaran aplikasi latar belakang.

Salah satunya adalah Mode Daya Rendah, yang membatasi proses iPhone Anda untuk menghemat baterai. Itu terletak di bawah Pengaturan > Baterai atau menggunakan pintasan Pusat Kontrol.

Saat Anda mengaktifkan Mode Daya Rendah, iPhone Anda mengurangi kecerahannya, menonaktifkan pengiriman email, dan mematikan penyegaran aplikasi latar belakang sepenuhnya. Jadi, jika Anda ingin menghemat masa pakai baterai untuk waktu yang singkat, akan lebih mudah untuk mengaktifkan Mode Daya Rendah daripada menonaktifkan penyegaran aplikasi latar belakang secara manual. Saat Anda menonaktifkan Mode Daya Rendah, penyegaran latar belakang akan aktif kembali.

BACA JUGA:  7 Aplikasi Android untuk Membantu Anda Tetap Fokus dan Menghindari Gangguan

Akhirnya, di Pengaturan > Seluler menu, Anda dapat menonaktifkan penggeser untuk aplikasi apa pun yang tidak ingin Anda gunakan data seluler. Ini adalah cara yang baik untuk mencegah aplikasi yang haus data menggunakan terlalu banyak data dengan penyegaran aplikasi latar belakang, sambil tetap mengizinkan aplikasi lain untuk memanfaatkan fungsi tersebut bahkan pada data seluler.

Ketahuilah bahwa banyak aplikasi menawarkan pengaturannya sendiri untuk mengontrol seberapa sering penyegaran terjadi. Sebaiknya lihat-lihat menu opsi aplikasi dan matikan perilaku latar belakang yang tidak Anda gunakan di dalam aplikasi.

Cara Mematikan Penyegaran Aplikasi Latar Belakang di Android

Android tidak memiliki fitur dengan nama persis “penyegaran aplikasi latar belakang;” ini adalah istilah iPhone. Namun, Android menawarkan opsi yang menyelesaikan fungsi yang hampir sama. Lokasi dan nama opsi akan bergantung pada perangkat Anda; petunjuk di bawah ini untuk stok Android 12 di ponsel Pixel.

Untuk mencegah aplikasi menggunakan data seluler di latar belakang, buka Setelan > Aplikasi (Aplikasi & notifikasi pada versi yang lebih lama) > Lihat semua aplikasi X. Ketuk aplikasi dalam daftar yang ingin Anda nonaktifkan penyegaran aplikasi latar belakang.

Dari menu ini, Anda memiliki dua opsi berbeda untuk menonaktifkan aktivitas latar belakang di Android. Jika Anda ingin mencegah aplikasi menggunakan data seluler Anda di latar belakang, pilih Data seluler & Wi-Fi dan nonaktifkan Latar belakang data penggeser.

Ini akan mencegah aplikasi menggunakan data seluler kecuali Anda menggunakannya di latar depan. Penggunaan latar belakang saat menggunakan Wi-Fi tidak terpengaruh.

Pilihan Anda yang lain adalah mencegah aplikasi berjalan di latar belakang sama sekali. Untuk melakukannya, ketuk Baterai di halaman pengaturan aplikasi (ada di bawah Canggih bagian di Android 11 dan yang lebih lama).

Di Android 11 dan yang lebih lama, ketuk Pembatasan latar belakangdiikuti oleh Membatasi, untuk mencegah aplikasi menghabiskan banyak daya di latar belakang. Di Android 12, ketuk Terbatas pilihan di sini.

Tidak seperti fitur penyegaran aplikasi latar belakang iPhone, ini memengaruhi notifikasi. Dengan demikian, Anda hanya boleh membatasi penggunaan baterai untuk aplikasi jika Anda tidak memerlukan peringatan waktu nyata dari aplikasi tersebut. Pelajari lebih lanjut tentang fitur Istirahatkan Android untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang cara kerja fungsi hemat baterai ini.

BACA JUGA:  Cara Menambahkan dan Menggunakan Widget Google Tasks di Android

Sinkronisasi Akun, Penghemat Baterai, dan Opsi Aplikasi Individual di Android

Ada beberapa opsi lain yang terkait dengan penyegaran aplikasi latar belakang yang harus Anda ketahui di Android.

Android menyimpan semua akun internet Anda yang disinkronkan di halaman terpisah di Pengaturan. Menuju ke Pengaturan > Akun (atau Kata Sandi & Akun di Android 12) untuk melihatnya. Ketuk akun dan pilih Sinkronisasi akun untuk meninjau dan mengubah apa yang disinkronkan. Misalnya, Anda mungkin dapat menghentikan layanan agar tidak menyinkronkan kontak, file, dan data lainnya sepanjang waktu.

Untuk langkah yang lebih drastis, nonaktifkan Sinkronkan data aplikasi secara otomatis penggeser di bagian bawah daftar ini. Kemudian, akun hanya akan disinkronkan saat Anda memicu penyegaran secara manual.

Sebagian besar ponsel Android memiliki opsi yang disebut Penghemat baterai atau serupa, terletak di bawah Pengaturan > Baterai. Mengaktifkan Penghemat Baterai sangat mirip dengan Mode Daya Rendah di iPhone — ini membatasi aplikasi agar tidak berjalan di latar belakang untuk menghemat jus sebanyak mungkin. Anda mungkin juga memiliki Baterai adaptif pengaturan, yang mengontrol seberapa banyak aplikasi baterai dapat digunakan berdasarkan seberapa sering Anda menggunakannya.

Terakhir, jika tidak ada opsi di atas yang membatasi penyegaran aplikasi latar belakang seperti yang Anda inginkan, ada baiknya memeriksa pengaturan individual di aplikasi Anda. Banyak aplikasi memungkinkan Anda memilih seberapa sering feed Anda disinkronkan, email baru diambil, dan sejenisnya. Anda mungkin dapat menonaktifkan satu perilaku yang tidak Anda gunakan di dalam aplikasi, seperti yang disebutkan untuk iPhone di atas.

Sekarang Anda Memahami Penyegaran Aplikasi Latar Belakang

Meskipun penyegaran aplikasi latar belakang bekerja sedikit berbeda di iPhone dan Android, ini adalah fitur praktis yang memungkinkan aplikasi tetap terbarui bahkan saat Anda tidak menggunakannya. Dan sementara ini sebagian besar waktu nyaman, Anda sekarang juga tahu cara mencegah aplikasi menggunakan terlalu banyak baterai atau data seluler di latar belakang dengan menonaktifkan penyegaran latar belakang.

Sayang sekali smartphone memiliki daya tahan baterai yang begitu pendek dibandingkan dengan perangkat lain, tetapi setidaknya Anda memiliki cara untuk memaksimalkannya.

By Digitalbisnisonlineku

error: Content is protected !!