Apa Cara Terbaik untuk Streaming Musik Gratis di Android?

Terlepas dari bagaimana perasaan Anda secara pribadi tentang mengunduh vs. streaming musik, sangat jelas bahwa streaming adalah jalan masa depan. Lihat saja berapa banyak layanan populer yang ada: Spotify, Apple Music, Pandora, SoundCloud, dan YouTube merangkul kebaikan streaming musik.

Tetapi banyak layanan terbaik dibayar, jadi tidak cocok untuk semua orang. Jika Anda lebih suka tidak berlangganan layanan, berikut adalah aplikasi streaming gratis terbaik yang perlu Anda pertimbangkan.

1. Spotify

Spotify tetap menjadi raja yang berkuasa dari streaming musik. Perpustakaannya benar-benar besar, mencakup semuanya, mulai dari barang mainstream hingga beberapa artis paling tidak dikenal yang belum pernah Anda dengar.

Dalam hal mempopulerkan gagasan streaming, Spotify adalah Netflix musik, dan ada alasan untuk reputasinya yang luar biasa: layanannya berkualitas tinggi dan hanya meningkat sejak diluncurkan pada 2008.

Pengalaman pengguna

Secara keseluruhan, ada banyak hal yang disukai tentang antarmuka Android Spotify. Baik Anda menggunakan smartphone dengan layar ketat atau tablet dengan layar besar, semuanya ditata dengan rapi dan intuitif untuk diikuti dan sama sekali tidak ada kekacauan.

Yang sangat menyenangkan adalah Anda dapat memutar Spotify di beberapa perangkat, dan mereka akan tetap sinkron: jika Anda pindah ke lagu berikutnya dengan ponsel cerdas Anda, begitu juga tablet Anda.

Ada beberapa menu tekan lama yang tersembunyi, terutama di Perpustakaan Anda, dan batasan, seperti enam lompatan per jam pada paket gratis. Tangkapan lainnya adalah bahwa semuanya ada di cloud (kecuali Anda memiliki akun berbayar, yang akan kita bahas sedikit), jadi versi gratis aplikasi ini hanya memungkinkan Anda mendengarkan musik saat online.

Pastikan untuk memperhatikan trik dan tip daftar putar Spotify yang luar biasa ini untuk memaksimalkannya, terutama jika Anda terpental antara versi Android dan desktop/Web.

Gratis vs. Berbayar

Versi gratis Spotify cukup tidak terbatas, tetapi ia memutar iklan audio setiap beberapa lagu. Akun premium tidak memiliki iklan sama sekali, memungkinkan lompatan tanpa batas, dan memberi Anda kemampuan untuk mengunduh lagu untuk pemutaran offline. Jangan lupa untuk memanfaatkan penawaran Premium gratis selama satu bulan selagi Anda masih bisa!

Unduh: Spotify untuk Android | iOS (Gratis, pembelian dalam aplikasi tersedia)

2. Musik YouTube

Pada akhir tahun 2015, Google meluncurkan aplikasi seluler baru bernama YouTube Music, yang dirancang untuk pengguna yang suka menggunakan YouTube sebagai sumber musik utama mereka. Faktanya, ini adalah jenis konten paling umum dari semua lalu lintas YouTube.

Maka tidak terlalu mengejutkan bahwa aplikasi tersebut menggantikan Google Play Music dan menjadi satu-satunya layanan streaming musik Google, baik Anda lebih suka video atau audio langsung. Yang mengejutkan adalah betapa bermanfaatnya YouTube Music, terutama jika Anda mengintegrasikannya sepenuhnya dengan versi video platform.

BACA JUGA:  7 Alasan Mengapa Anda Tidak Harus Membeli Ponsel Gaming Android

Satu kelemahannya adalah Anda harus masuk ke akun YouTube sebelum dapat mulai menggunakan aplikasi. Opsi anonim (atau tamu) akan menyenangkan, tetapi mengingat bagaimana Google masih suka memaksa login aplikasi yang tidak akan berubah.

Pengalaman pengguna

Fitur terbaik dari YouTube Music adalah memungkinkan Anda mendengarkan dalam bentuk audio saja, meskipun dalam versi gratis ini terbatas hanya untuk perpustakaan musik yang Anda unggah sendiri.

Antarmukanya cukup sederhana—tidak ada yang mewah tentangnya, tetapi juga jarang menghalangi, kecuali untuk interupsi iklan. Satu hal yang mungkin Anda hargai adalah daftar putar Suka Anda, yang didasarkan pada semua trek yang disukai di akun YouTube Music Anda.

Tetapi nilai jual aplikasi ini adalah memungkinkan Anda memilih lagu tertentu untuk menghasilkan radio dengan trek serupa. Saat Anda mendengarkan dan menyukai, ia mempelajari selera Anda dan rekomendasi menjadi lebih akurat. Dan tentu saja, aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mentransmisikan lagu yang Anda dengarkan ke perangkat apa pun yang terhubung dengan Chromecast.

Gratis vs. Berbayar

Aplikasi ini sebagian besar gratis, tetapi didukung iklan. Dengan langganan YouTube Music—$9,99 per bulan—Anda dapat menghilangkan iklan, mengunduh musik untuk pemutaran offline, tetap mendengarkan setelah layar terkunci, dan beralih antara versi lagu dan video dengan mulus.

Jika Anda pelanggan YouTube Premium, Anda akan mendapatkan YouTube Music yang disertakan dengan langganan Anda secara gratis.

Unduh: YouTube Musik untuk Android | iOS (Gratis, pembelian dalam aplikasi tersedia)

3. SoundCloud

SoundCloud sedikit berbeda dari aplikasi lainnya di sini, tetapi perbedaan inilah yang membuatnya layak disebutkan. Ini bukan tentang mendengarkan perpustakaan musik Anda sendiri atau radio arus utama dan lebih banyak tentang di antaranya: musisi pemula dan artis indie.

Jika Anda belum melakukannya, Anda benar-benar harus mulai menggunakan SoundCloud hari ini. Ada seluruh dunia musik yang belum ditemukan di luar sana yang mungkin tidak Anda temukan di Spotify, Pandora, atau YouTube.

Pengalaman pengguna

Alasan mengapa SoundCloud sangat bagus untuk artis indie adalah karena sangat mudah untuk berbagi musik Anda sendiri dengan orang lain dan membuat pengikut. Anda dapat mengunggah file audio, berbagi lagu di Facebook, Twitter, Instagram, dan lainnya, dan bahkan mencampur trek dengan menggabungkan SoundCloud dan aplikasi DJ tertentu. Tidak ada layanan musik lain yang berpusat pada artis seperti ini.

Antarmuka rapi dan ramah pengguna. Anda akan dapat berkeliling dengan baik, sambil juga terlibat dengan pengguna lain dengan mengikuti mereka, tetapi juga dengan meninggalkan komentar di masing-masing trek. Secara keseluruhan, SoundCloud lancar, cepat, dan unik secara sosial.

Gratis vs. Berbayar

Aplikasi streaming musik ini juga dimulai secara gratis dengan banyak alat dan trek, baik indie maupun mainstream, untuk memastikan pengalaman pengguna Anda lancar.

BACA JUGA:  Perluas Kosakata Anda Dengan 6 Aplikasi Kamus Ini untuk Android dan iPhone

Ada langganan untuk pembuat dan pendengar, biaya yang terakhir mulai dari $ 4,99 hingga $ 9,99 per bulan untuk banyak fasilitas, seperti tanpa iklan, mendengarkan offline tanpa batas, audio berkualitas tinggi, dan akses penuh ke katalog SoundCloud.

Kreator juga dapat menikmati upload tanpa batas, akses ke insight audiens lanjutan, dan fitur untuk mempromosikan dan memonetisasi musik mereka.

Unduh: SoundCloud untuk Android | iOS (Gratis, pembelian dalam aplikasi tersedia)

5. Deezer

Jika Anda menyukai aplikasi streaming musik dengan pustaka yang kaya dan antarmuka yang mulus, Deezer adalah kandidat lain untuk dicoba. Rasanya seperti versi Spotify atau YouTube Music yang lebih sederhana, tetapi memiliki perpustakaan musik yang sama besarnya untuk dijelajahi.

Pengalaman pengguna

Anda akan menemukan berbagai musik dan podcast, serta saran dan kategori yang ditata dengan rapi, termasuk rilis baru, bagan, dan daftar putar bertema untuk bersantai, berolahraga, dan sebagainya.

Fitur keren lainnya adalah kemampuan Deezer untuk mengidentifikasi lagu dari suara, baik Anda merekam soundtrack film atau menyenandungkan lagu.

Gratis vs. Berbayar

Anda dapat menggunakan Deezer secara gratis, dengan iklan sebagai ketidaknyamanan utama Anda. Jika tidak, ini adalah pilihan yang baik untuk mendengarkan sederhana di Android.

Jika Anda senang meningkatkan ke versi berbayar, ada dua paket Deezer yang dapat dipilih: Premium dan Keluarga, masing-masing mulai dari $6,99 dan $10,99 per bulan.

Unduh: Deezer untuk Android | iOS (Gratis, pembelian dalam aplikasi tersedia)

6. Pandora

Pandora memelopori tren radio Internet dan secara konsisten berada di antara yang terbaik dari yang terbaik dalam hal aplikasi radio Internet untuk Android. Anda mungkin sudah mengetahui semuanya sekarang, tetapi jika belum, jelajahi fitur-fitur utamanya di bawah ini, serta perbandingan Spotify vs. Pandora kami.

Pengalaman pengguna

Hal yang perlu dipahami tentang Pandora adalah bahwa itu bukan sumber musik sesuai permintaan. Jika ada lagu tertentu yang Anda inginkan, tidak ada jaminan Pandora akan memutarnya. Namun, sebagai cara untuk memperluas eksposur musik Anda, Pandora sempurna.

Karena aplikasi ini adalah semua tentang stasiun yang dihasilkan secara dinamis, Anda dapat mencari lagu, artis, atau genre apa pun, dan Pandora akan mulai mengeluarkan lagu yang mirip dengan permintaan pencarian Anda. Dapatkan lusinan stasiun dan Anda akan menemukan banyak lagu luar biasa.

Tetapi karena basis data musik Pandora tidak sebesar aplikasi lain, Anda mungkin bosan. Habiskan beberapa tahun penggunaan Pandora secara teratur, dan akan ada sedikit yang tersisa untuk dijelajahi dalam genre yang Anda minati.

Gratis vs. Berbayar

Pengguna gratis harus berurusan dengan masalah seperti iklan audio setiap beberapa lagu, lompatan terbatas, kualitas audio standar, hanya mendengarkan online, dan beberapa opsi personalisasi.

BACA JUGA:  10 Aplikasi Wallpaper Animasi Terbaik untuk Android

Pandora Plus dan Premium masing-masing berharga $4,99 dan $9,99 per bulan. Mereka menghapus iklan, sangat meningkatkan batas lewati, meningkatkan kualitas audio, mengaktifkan mendengarkan offline, memungkinkan pembuatan daftar putar, dan banyak lagi.

Unduh: Pandora untuk Android | iOS (Gratis, pembelian dalam aplikasi tersedia)

7. Radio TuneIn

Di ranah aplikasi radio Internet, TuneIn Radio adalah sesuatu yang istimewa. Alih-alih hanya membuat daftar putar musik online—apakah daftar putar itu dinamis atau buatan tangan—TuneIn sebenarnya mengalirkan radio kehidupan nyata. Ini langsung membedakannya dari layanan seperti Pandora.

Dengan lebih dari 100.000 stasiun radio yang tersedia (termasuk FM, AM, dan digital) dikombinasikan dengan fakta bahwa ia memiliki acara bincang-bincang, olahraga, dan podcast selain musik, hampir tidak mungkin bagi Anda untuk menjelajahi semua yang ditawarkannya.

Pengalaman pengguna

Dengan begitu banyak yang bisa dijelajahi, sungguh menakjubkan bahwa TuneIn tidak pernah terasa berlebihan. Semuanya dipecah menjadi kategori yang dapat dikelola, dan bilah pencarian sangat bagus untuk menemukan stasiun yang relevan.

Tetapi hal yang benar-benar mengesankan adalah Mode Mobil, yang menyederhanakan antarmuka menjadi fungsi-fungsi penting yang diwakili oleh tombol-tombol yang lebih besar. Karena musik seluler sering diputar selama perjalanan dan perjalanan, Anda akan senang mengetahui bahwa mereka melakukan sesuatu untuk mempermudah (dan lebih aman) bagi pengemudi.

Dan terakhir, tidak seperti kebanyakan aplikasi streaming musik lainnya, TuneIn mendukung Chromecast, sehingga Anda dapat mentransmisikan stasiun apa pun yang Anda dengarkan ke TV yang tersambung ke Chromecast untuk audio yang lebih baik.

Gratis vs. Berbayar

Akun gratis hanya dapat mengakses stasiun non-premium (tetapi tersedia banyak) dan harus berurusan dengan iklan spanduk di aplikasi. Biaya premium $9,99 per bulan dan membuka stasiun premium, menghapus iklan spanduk, dan bahkan memberikan akses ke 40.000+ buku audio.

Unduh: TuneIn untuk Android | iOS (Gratis, pembelian dalam aplikasi tersedia)

Aplikasi Streaming Musik Mana yang Terbaik?

Ada banyak cara untuk streaming musik secara online gratis, tetapi jika Anda hanya dapat memilih satu aplikasi streaming musik untuk digunakan, Anda mungkin harus menggunakan Spotify karena perpustakaan musiknya yang besar dan antarmuka yang indah namun praktis. Tetapi Anda akan ketinggalan jika tidak mencoba aplikasi lain juga.

Berikan perhatian khusus pada YouTube Music. Konsepnya luar biasa karena menyempurnakan aplikasi dasar YouTube dan menawarkan pengalaman musik yang jauh lebih kaya. Apa pun yang Anda pilih, pastikan audio Anda dalam kondisi terbaik saat Anda memutar musik di ponsel. Terkadang Anda hanya perlu sedikit lebih banyak volume untuk menikmati trek yang bagus.

By Digitalbisnisonlineku

error: Content is protected !!