7 Hal Yang Harus Anda Pertimbangkan Saat Membeli Ponsel Gaming Android

Smartphone dapat melakukan hampir semua hal, termasuk bermain game. Itu telah menyebabkan lahirnya ponsel yang berfokus pada game dari merek seperti Asus dengan seri ROG, seri Legion Lenovo, dan seri Black Shark Xiaomi. Tapi ini bukan satu-satunya perangkat yang mampu bermain game. Jika Anda berada di pasar untuk ponsel Android game, Anda memiliki berbagai pilihan yang tersedia.

Mari kita lihat fitur utama yang Anda butuhkan saat membeli ponsel Android untuk game seluler.

1. Kredit Gambar Prosesor: Qualcomm

Hal pertama yang harus diperiksa adalah prosesor. Ini adalah pertimbangan penting karena menentukan kinerja perangkat. Ketika datang ke prosesor, lebih cepat lebih baik.

Meskipun tergoda untuk hanya mempertimbangkan prosesor kelas atas seperti seri Snapdragon 8 unggulan Qualcomm atau jajaran Dimensity 9000, prosesor kelas menengah seperti seri Snapdragon 6 dan 7 dan seri Dimensity 500 juga memiliki kinerja yang cukup baik.

Saat mencari prosesor, pemeriksaan cepat adalah ukuran transistor. Ini diukur dalam nanometer (nm), seperti 5nm, 7nm, dan seterusnya. Semakin kecil transistor, semakin banyak pembuat silikon dapat masuk ke dalam sebuah chip. Itu dapat menghasilkan peningkatan kinerja dan pengurangan konsumsi baterai.

Mempertimbangkan sifat permainan yang haus daya, Anda pasti menginginkan CPU seefisien mungkin.

2. Pendinginan

Saat prosesor berada di bawah beban kerja yang berat, mereka membutuhkan mekanisme pendinginan yang efisien untuk memastikan perangkat tidak terlalu panas. Secara umum, smartphone telah meningkat pesat dalam hal pendinginan berkat kemajuan dalam semikonduktor.

Dengan mengingat hal itu, ponsel kelas menengah dan ponsel unggulan dapat menangani beban kerja yang berat untuk waktu yang lama tanpa menjadi terlalu panas. Perangkat modern memiliki pendinginan yang efisien, tidak hanya yang dipasarkan sebagai ponsel untuk bermain game. Namun, ponsel yang berfokus pada game cenderung menawarkan solusi yang lebih efisien.

BACA JUGA:  Cara Melihat Reaksi iMessage di Ponsel Android Anda

Selain mekanisme pendinginan internal, Asus ROG Phone 5 Ultimate, misalnya, menawarkan kipas pendingin eksternal clip-on AeroActive Cooler 5 tambahan. Menurut perusahaan, kipas clip-on itu dapat mengurangi suhu CPU hingga 59°F.

Memiliki itu adalah nilai tambah jika Anda berencana untuk berkarier dari game seluler, tetapi itu bukan keharusan. Penambahan semacam itu jarang ditemukan di luar kotak, tetapi Anda dapat membeli kipas clip-on generik pihak ketiga untuk pendinginan tambahan jika perangkat Anda tidak memilikinya.

3. Kredit Gambar Tampilan: Samsung

Untuk bermain game, Anda membutuhkan tampilan terbaik. OLED atau AMOLED adalah yang terbaik yang bisa Anda dapatkan; mereka menawarkan kulit hitam sejati, kecerahan lebih tinggi, rentang warna lebar, dan rasio kontras tinggi. Namun, IPS LCD tetap mengesankan. 1080p cukup bagus, tetapi jika Anda membutuhkan lebih banyak piksel untuk kejelasan, tersedia ponsel dengan panel 1440p.

Selain teknologi tampilan, kecepatan refresh juga sama pentingnya. 90Hz atau 120Hz bagus, tetapi hukum pengembalian yang semakin berkurang berlaku untuk apa pun di atas itu. Tidak ada gunanya menghabiskan lebih banyak uang untuk perangkat dengan tampilan kecepatan refresh 144Hz hanya untuk kepentingannya sendiri.

Untungnya, kecepatan refresh tampilan tidak terlalu menjadi masalah di tahun 2022 dan seterusnya. Semua berkat efek trickle-down yang membuat perusahaan menambahkan tampilan kecepatan refresh 90Hz dan 120Hz ke perangkat yang lebih murah. Efek ini telah menjadi pengubah permainan, dan itulah mengapa Anda tidak perlu lagi menghabiskan banyak uang untuk mendapatkan salah satu smartphone terbaik yang tersedia untuk mengalami pengguliran yang mulus.

Namun, jika Anda menginginkan tampilan LTPO yang secara dinamis menyesuaikan kecepatan refresh, Anda tentu harus merogoh kocek lebih dalam. Jika Anda tidak tahu apa itu LTPO, kami siap membantu Anda.

BACA JUGA:  7 Aplikasi Latihan 7 Menit Terbaik untuk Berolahraga Saat Anda Kekurangan Waktu

4. Memori dan Penyimpanan

Setidaknya 128GB penyimpanan internal harus cukup untuk penyimpanan onboard. 64GB kurang berguna kecuali Anda tidak memainkan banyak game pada titik tertentu. Game smartphone dan game modern, secara umum, tumbuh dalam ukuran dengan setiap pembaruan. Instalasi sendiri dan setup dapat menempati sebanyak 1GB.

Karena itu, Anda membutuhkan ruang sebanyak mungkin. 128GB adalah sweet spot, tetapi Anda harus menggunakan 256GB jika memungkinkan. Dan berapa banyak RAM yang Anda butuhkan pada smartphone untuk bermain game? 6GB adalah titik awal yang baik. Jika Anda bisa mendapatkan 8GB atau lebih, lakukanlah.

5. Penggunaan Langsung

Smartphone arus utama telah membuat nama mereka untuk memangkas bezel sebanyak mungkin. Namun, untuk pengalaman bermain game terbaik, memiliki bezel yang sedikit besar menguntungkan karena memberi Anda cukup ruang untuk memegang perangkat secara horizontal.

Ini membantu Anda menghindari sentuhan tidak disengaja yang bisa sangat mengganggu. Oleh karena itu, Anda harus mencari perangkat yang nyaman untuk dipegang secara horizontal untuk waktu yang lama. Untuk pengalaman langsung, Anda harus memeriksa ulasan online.

6. Kredit Gambar Perangkat Keras dan Perangkat Lunak yang Dioptimalkan untuk Permainan: Asus Pressroom

Salah satu alasan mengapa game smartphone menyebalkan adalah kontrol layar sentuh yang buruk. Untungnya, beberapa perusahaan smartphone yang membuat ponsel gaming khusus akhirnya menambahkan tombol bahu. Contohnya termasuk POCO F4 GT dan seri Black Shark 4 Xiaomi.

Tombol bahu tidak dapat menawarkan pengalaman serupa sebagai pengontrol khusus, tetapi penambahan yang bagus seperti itu jauh lebih jarang dan hanya tersedia pada ponsel gaming khusus.

Tambahan praktis lainnya adalah mode permainan, yang tersedia di banyak perangkat. Apa yang dilakukan mode permainan pada ponsel cerdas adalah mempercepat perangkat Anda dan mengurangi gangguan selama bermain game.

BACA JUGA:  Lihatlah! 7 Aplikasi Mengamati Burung Terbaik untuk Android

7. Dukungan Baterai dan Pengisian Cepat

Game menghabiskan banyak daya baterai. Untuk itu, Anda membutuhkan perangkat dengan kapasitas baterai yang baik. Baterai 4500mAh atau lebih lebih baik. Ini akan memberi Anda cukup jus untuk bermain game tanpa khawatir tentang persentase baterai.

Komponen penting lainnya adalah dukungan pengisian cepat, yang telah menjadi fitur utama di smartphone. Dukungan pengisian cepat memastikan Anda tidak menunggu terlalu lama sebelum perangkat Anda mencapai level yang cukup untuk melanjutkan permainan Anda. Ponsel harus memiliki setidaknya dukungan pengisian cepat 18W, tetapi banyak perangkat dapat mengisi daya jauh lebih cepat dari itu.

Pilih Ponsel yang Tepat untuk Gaming

Game seluler berkembang karena kemudahan akses, jadi tidak heran beberapa perusahaan memiliki berbagai perangkat yang didedikasikan untuk itu. Namun, ponsel gaming Android tidak mainstream dan cenderung sangat mahal, dan Anda tidak boleh menyalahkan diri sendiri karena tidak dapat membelinya.

Ponsel biasa dengan kombinasi spesifikasi dan fitur yang tepat dapat melakukan pekerjaan dengan baik. Pertimbangkan prosesor, sistem pendingin, layar, memori, penyimpanan, pengalaman langsung, dan perangkat lunak yang dioptimalkan untuk game jika Anda menginginkan ponsel untuk bermain game. Perangkat keras yang dioptimalkan untuk permainan adalah tambahan yang berguna tetapi bukan suatu keharusan.

Anda dapat mengoptimalkan perangkat untuk bermain game dengan membeli aksesori tambahan nanti, seperti kipas pendingin clip-on dan pengontrol Bluetooth. Mudah-mudahan, tips ini akan mengarahkan Anda ke arah yang benar dalam pencarian Anda untuk menemukan ponsel yang cocok untuk bermain game.

By Digitalbisnisonlineku

error: Content is protected !!