12 Aplikasi Augmented Reality Terbaik untuk Android

Aplikasi augmented reality untuk Android adalah tentang memadukan dunia di sekitar Anda dengan dunia digital di ponsel Anda. Dari pemirsa model hingga efek pada beberapa aplikasi media sosial, teknologi ini terkenal menyenangkan untuk digunakan.

Ada juga beberapa aplikasi AR di luar sana yang dapat menawarkan Anda beberapa utilitas hebat. Jika Anda tertarik untuk mempelajari 12 aplikasi AR teratas untuk Android, baca terus!

1. Google Terjemahan

Google Terjemahan dikembangkan dari terjemahan teks sederhana berdasarkan input keyboard menjadi apa yang sekarang menjadi pengalaman yang mengubah dunia sepenuhnya. Aplikasi ini terus berkembang, dan penggunaan augmented reality cukup bagus.

Meskipun aplikasi ini dapat menerjemahkan kata-kata lisan dan tulisan secara efisien, aplikasi ini paling mengesankan saat digunakan dengan kamera Anda. Aplikasi ini dapat menerjemahkan kata-kata yang ditangkap oleh kamera Anda (seperti pada tanda atau menu) secara real time. Anda juga dapat menggunakannya untuk mengambil gambar atau mengimpor gambar untuk terjemahan teks yang lebih akurat dalam gambar tersebut.

Unduh: Google Terjemahan (Gratis)

2. Studio Perakitan

Assemblr Studio adalah aplikasi AR yang imersif dan penuh fitur yang memungkinkan pengguna membuat produk augmented reality mereka sendiri tanpa keterampilan pengkodean atau desain. Muncul dengan berbagai template yang sudah jadi, membuatnya mudah untuk masuk dan menguji fitur untuk berbagai industri dan kategori, seperti pemasaran, percetakan, dan presentasi, untuk beberapa nama.

Aplikasi ini sangat berfokus pada penyediaan alat AR yang produktif untuk tim dan pengusaha. Anda dapat, dengan kreasi yang sudah jadi dan buatan sendiri, menggunakan bagian build dari Assemblr untuk membuat pemandangan yang unik.

Setelah Anda mengumpulkan adegan, Anda dapat menyimpannya di profil Assemblr Anda. Versi gratisnya membuat semua kreasi Anda tersedia untuk umum. Aplikasi ini juga membuat kode QR untuk kreasi Anda, yang dapat Anda cetak atau bagikan. Siapa pun yang memindai kode QR akan diarahkan melalui browser atau aplikasi Assemblr untuk melihat adegan Anda.

Unduh: Assemblr Studio (Gratis, pembelian dalam aplikasi tersedia)

3. Kompas AR

AR Compass menampilkan kompas 3D di bagian atas atau tengah layar dan tampilan atas lokasi geografis Anda. Latar belakang default kompas diatur ke umpan kamera Anda.

Anda dapat mengubah beberapa pengaturan dengan versi gratis. Beberapa pengaturan ini termasuk resolusi kamera, kecepatan pembaruan kompas, kekuatan filter kompas, dan warna atau tema tampilan.

Ada beberapa sakelar yang berguna untuk dilihat juga. Anda dapat mengaktifkan indikator roll, indikator pitch, dan giroskop. Indikator roll menampilkan rotasi ponsel Anda, sedangkan indikator pitch menampilkan sudut antara garis pandang kamera dan bidang tanah.

Sementara AR Compass mungkin tampak seperti gimmick pada awalnya, akurasi dan kemudahan penggunaannya yang tinggi menjadikannya aplikasi yang fantastis secara keseluruhan.

BACA JUGA:  Cara Menghapus Cookie di Peramban Android, dan Mengapa Anda Harus

Unduh: AR GPS Compass Map 3D (Gratis, tersedia versi premium)

4. Halo AR

Halo AR adalah salah satu aplikasi AR yang paling mengesankan dan berguna di luar sana. Anda dapat menggunakannya untuk membuat overlay yang melibatkan gambar, video, teks, model 3D, dan file audio untuk hampir semua objek di sekitar Anda. Ini adalah cara untuk mengubah lingkungan Anda menjadi pengalaman augmented reality yang menarik.

Untuk menambahkan overlay interaktif, ketuk tombol Membuat tombol dan pilih salah satu opsi. Setelah itu, Anda perlu memindai objek yang memiliki pola yang relatif unik. Setelah memindai, pilih item yang ingin Anda tambahkan sebagai overlay.

Dan itu saja! Sekarang, setiap kali Anda menggunakan kamera Halo AR dan mengarahkan objek yang Anda pindai, overlay akan muncul. Ada banyak sekali potensi kreatif dalam aplikasi ini.

Unduh: Halo AR (Gratis, pembelian dalam aplikasi tersedia)

5. Lihat

View adalah aplikasi AR lain yang dapat Anda gunakan untuk melihat model. Aplikasi ini menonjol karena model yang dapat Anda pratinjau menawarkan pengalaman unik. Anda dapat memindai “ThingMarks” di sekitar Anda atau menggunakan model yang dimuat sebelumnya di aplikasi.

Beberapa pengalaman di View termasuk perakitan parsial dan pembongkaran helikopter, rudal jarak menengah, dan mesin penyegel industri. Pengalaman Selamat datang default melibatkan sepeda motor yang mendetail, di mana Anda dapat memperbesar dan memperkecil dan bahkan melihat bagian dalamnya.

Visualnya cukup mengesankan, dan aplikasinya mudah digunakan. Untuk memulai, ketuk pengalaman, gunakan kamera Anda untuk memindai permukaan datar, lalu ketuk untuk menempatkan objek. Anda kemudian dapat mengetuk pengaturan yang berbeda untuk merakit atau membongkar objek atau memperbesar dan memperkecil dengan mencubit layar.

Unduh: Pemandangan Vuforia (Gratis)

6. Visualizer Dulux

Dulux Visualizer menunjukkan penggunaan AR yang inovatif—Anda dapat menggunakannya untuk menguji berbagai palet warna pada dinding di rumah Anda.

Visualisator memercikkan warna pilihan Anda ke dinding mana pun yang Anda tunjuk hanya dengan satu ketukan. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan beberapa fitur lain, seperti alat pemilih warna, katalog produk, dan bagian yang dapat Anda gunakan untuk mendapatkan inspirasi.

Dulux Visualizer dikunci wilayah dan hanya tersedia secara resmi di Inggris. Namun, Anda dapat menemukannya di situs web pihak ketiga yang aman yang menghosting APK.

Unduh: Dulux Visualizer (Gratis)

7. Ingin Menendang

Wanna Kicks adalah aplikasi AR yang dapat Anda gunakan untuk menelusuri berbagai jenis sepatu. Ini adalah salah satu cara Anda dapat menggunakan AR untuk berbelanja online. Meskipun memberikan informasi seperti harga untuk setiap item, ini unik karena Anda dapat menggunakannya untuk melihat pratinjau bagaimana setiap pasang sepatu akan terlihat di kaki Anda.

BACA JUGA:  Cara Memasangkan Samsung Galaxy Buds ke Perangkat Apa Pun

Anda dapat menemukan dan mencoba sepatu dari lebih dari 40 merek berbeda. Ini termasuk Converse, Crocs, Dior, Gucci, Jordan, Nike, dan Puma. Setiap pasangan dilengkapi dengan deskripsi singkat dan tombol beli. Mengetuk tombol beli akan membawa Anda ke aplikasi atau toko resmi untuk melakukan pembelian.

Menggunakan aplikasi ini cukup sederhana. Saat membuka Wanna Kicks, kamera Anda akan menyala dan bilah di bagian bawah layar menunjukkan beberapa contoh sepatu yang dapat Anda coba. Untuk menelusuri semua model yang tersedia, cukup ketuk tombol pencarian di kanan bawah layar.

Unduh: Ingin Tendangan (Gratis)

8. Optik Zenni

Zenni Optical adalah aplikasi lain yang dapat Anda gunakan untuk mencoba item sebelum membelinya. Dalam hal ini, ini semua tentang kacamata. Variasi di sini sangat mengesankan. Tidak hanya penuh dengan segala macam kacamata, tetapi kebanyakan dari mereka juga memiliki variasi warna.

Memulainya sederhana. Aplikasi ini meminta Anda untuk memindai wajah Anda dengan melihat langsung ke kamera dan kemudian memutar kepala Anda perlahan ke kiri dan ke kanan. Ini agar, ketika Anda mencoba berbagai jenis kacamata, Anda dapat menggesek untuk menggerakkan kepala Anda untuk melihat bagaimana kacamata itu cocok dari berbagai sudut.

Ini adalah cara yang bagus untuk menghemat waktu dalam perjalanan ke toko, dan sejujurnya cukup menyenangkan untuk mencoba semua kacamata yang dijual. Yang terbaik dari semuanya, mereka semua memiliki tautan langsung ke tempat Anda dapat membelinya. Jadi, Anda hanya perlu beberapa ketukan untuk memesan sepasang yang menurut Anda pas.

Unduh: Optik Zenni (Gratis)

9. Gaya yang baik

Goodstyle adalah aplikasi sederhana dengan implementasi AR terbatas. Namun, perlu disebutkan, mengingat kegunaannya. Aplikasi ini memungkinkan Anda memindai wajah dan menambahkannya ke tubuh untuk mencoba pakaian. Mirip dengan Wanna Kicks, Anda dapat mencoba berbagai macam pakaian dan mendapatkan ide tentang bagaimana mereka cocok dengan wajah Anda.

Perlu dicatat bahwa satu-satunya pakaian yang tersedia di aplikasi dibuat oleh SHEIN. Ini satu-satunya merek yang akan Anda temukan. Namun, mengingat variasinya, Anda dapat menemukan barang-barang yang serupa dengan barang-barang dari merek lain.

Unduh: Goodstyle (Gratis, pembelian dalam aplikasi tersedia)

10. Aturan AR

AR Ruler adalah aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk mengukur objek di lingkungan Anda menggunakan augmented reality dan kamera ponsel Anda. Fungsi yang dapat Anda gunakan dalam augmented reality pada versi gratis termasuk garis, tinggi, sudut, dan jarak, sedangkan versi Pro menawarkan lebih banyak lagi.

BACA JUGA:  Cara Memperbarui ROM Kustom di Android

Menggunakan aplikasi itu mudah. Pertama, ketuk opsi pengukuran yang ingin Anda gunakan. Kamera Anda akan terbuka dan meminta Anda untuk mengetuk layar untuk mulai mengukur. Gerakkan ponsel Anda ke arah yang Anda pilih, lalu ketuk lagi untuk mengukur di antara dua titik tersebut.

Dalam hal opsi, tidak banyak yang bisa diubah. Menu pengaturan memungkinkan Anda mengubah unit pengukuran, pengatur waktu video, pengambilan suara video, fokus otomatis, dan pelekatan AR.

Unduh: AR Ruler (Gratis, pembelian dalam aplikasi tersedia)

11. Google Lensa

Google Lens bekerja mirip dengan Google Translate mengenai fungsionalitas AR-nya. Ini menggunakan kamera ponsel Anda untuk memindai dunia di sekitar Anda. Meskipun juga dapat menerjemahkan teks secara real-time, ini terutama digunakan untuk mengidentifikasi tanaman, hewan, landmark, dan berbagai item komersial dan non-komersial.

Setelah mengidentifikasi item, aplikasi akan mengumpulkan daftar item serupa dan, jika tersedia, toko dan lokasi tempat Anda dapat membelinya. Fungsi AR di Lens juga dapat digunakan untuk memindai lokasi, bangunan, dan landmark tertentu. Ini cepat, efisien, dan cukup akurat. Itu masih memiliki ruang untuk tumbuh, tentu saja, tetapi Anda tidak akan salah untuk mencobanya.

Unduh: Google Lens (Gratis)

12. Penampil AR

AR Viewer memungkinkan Anda mengimpor model AR apa pun yang telah Anda buat, beli, atau temukan di web, serta beberapa yang dapat Anda pratinjau yang disertakan dengan aplikasi.

Itu tidak menawarkan banyak hal dalam hal inovasi. Namun, sebagai aplikasi AR standar untuk melihat konten 3D di sekitar Anda, ini sangat bagus. Model dipasang pada tempatnya, dan aplikasi dapat melacaknya bahkan saat model dipindahkan dari layar. Kualitas visualnya konsisten, memperbesar dan memperkecil mudah, dan dilengkapi dengan alat yang cukup untuk membuatnya bermanfaat bagi desainer dan penggemar model 3D.

Unduh: AR Viewer (Gratis, pembelian dalam aplikasi tersedia)

Aplikasi AR Android yang Berguna

Augmented reality memungkinkan Anda menggabungkan dunia nyata dengan konten yang dibuat secara digital secara real time. Banyak aplikasi yang menerapkan teknologi cenderung menawarkan kasus penggunaan yang sangat mendasar, seperti menambahkan stiker atau teks ke umpan video. Namun, yang lain dapat membantu Anda mengukur, melukis, membengkokkan, mengidentifikasi, dan menambah dunia di sekitar Anda.

Teknologi ini menemukan tempatnya di semakin banyak kasus penggunaan setiap hari. Namun, game augmented reality sering dikacaukan dengan game realitas alternatif. Sebelum melompat ke salah satunya, Anda mungkin mempertimbangkan untuk mempelajari perbedaan di antara keduanya.

By Digitalbisnisonlineku

error: Content is protected !!