10 Tips Perawatan Android Agar Perangkat Anda Berjalan Lancar

Orang sering lupa bahwa ponsel cerdas pada dasarnya adalah komputer kecil, dan karenanya, memerlukan perawatan dengan cara yang sama seperti laptop atau PC desktop Anda untuk memastikan umur panjang.

Jika diabaikan, ponsel Android Anda dapat mulai mengalami masalah jauh sebelum waktu yang tepat untuk memutakhirkannya. Dalam panduan ini, mari membahas 10 cara sederhana untuk merawat ponsel Anda.

Cara Merawat Perangkat Keras Ponsel Android Anda

Pertama, mari kita lihat cara merawat perangkat keras ponsel Anda. Semua perangkat keras pasti menurun seiring waktu, tetapi cara Anda menggunakan ponsel dapat sangat memengaruhi berapa lama ponsel itu akan bertahan.

Kredit Gambar: Samsung Mobile Press 1. Ikuti Pedoman Kesehatan Baterai

Anda akan dimaafkan jika tidak mengetahui cara kerja baterai, tetapi Anda harus mempelajari cara merawat baterai di dalam ponsel dan gadget elektronik lainnya untuk meningkatkan masa pakai baterai.

Berikut adalah lima pedoman kesehatan baterai terpenting yang harus Anda ikuti:

Hindari menggunakan ponsel Anda dalam cuaca ekstrem atau melakukan apa pun yang menyebabkan panas berlebih. Idealnya, ponsel Anda harus tetap berada di antara 32° hingga 95 °F (0 ° hingga 35 °C) setiap saat. Jangan gunakan ponsel Anda saat sedang mengisi daya karena hal itu menghasilkan lebih banyak panas dalam prosesnya daripada yang disebabkan oleh pengisi daya cepat Anda. Hindari pengisian nirkabel karena menghasilkan panas yang tidak perlu; menggunakan pengisi daya dinding kabel biasa adalah cara terbaik untuk mengisi daya ponsel Anda. Jangan mengisi penuh atau menguras baterai Anda; pertahankan antara 20 hingga 80 persen setiap saat. Baterai menurun lebih cepat semakin banyak ketidakseimbangan yang mereka pegang. Hindari pengisian daya semalaman karena siklus pengisian daya yang lama lebih berbahaya bagi kesehatan baterai daripada siklus pengisian daya pendek sepanjang hari. 2. Hindari Paparan Air dan Debu

Cobalah yang terbaik untuk menghindari paparan air dan debu kapan pun Anda bisa. Kadang-kadang, kerusakan yang terjadi karena elemen-elemen ini tidak segera terlihat, tetapi hanya terlihat ketika sudah terlambat, dan Anda tidak yakin apa yang salah dengan ponsel Anda.

BACA JUGA:  11 Game Seluler Brilian untuk Hari Ayah yang Akan Dicintai Ayah

Kredit Gambar: Samsung

Tentu saja, beberapa ponsel hadir dengan peringkat IP68 untuk ketahanan terhadap debu dan air, tetapi tetap tidak terkalahkan. Misalnya, kontak yang terlalu lama dengan air terkadang dapat menimbulkan karat di port pengisian daya, dan debu dapat masuk ke speaker atau mikrofon dan memengaruhi kualitas panggilan.

3. Gunakan Casing dan Pelindung Layar

Kebanyakan orang menggunakan kasing dan pelindung layar untuk melindungi ponsel mereka dari jatuh yang tidak disengaja; itu adalah praktik yang mungkin juga Anda ikuti. Untungnya, aksesori ini cukup murah, jadi jika rusak seiring waktu, Anda bisa menggantinya. Melakukannya tidak hanya akan melindungi perangkat keras tetapi juga akan membuat ponsel Anda terasa baru kembali.

4. Bersihkan Semua Bukaan dan Beli Steker Anti-Debu

Seiring waktu, bukaan ponsel Anda akan menumpuk debu. Debu di port USB dapat mengganggu pengisian daya dan transfer data, mengacaukan audio di jack headphone, dan memperburuk kualitas panggilan di mikrofon dan speaker.

Untuk menghilangkan debu dan serat, ambil tusuk gigi atau alat pelepas SIM dan gosok perlahan dari lubangnya. Anda juga dapat membeli colokan anti-debu dari Amazon untuk menutup lubang sepenuhnya.

5. Bersihkan Layar, Kamera, dan Samping

Mirip dengan poin terakhir, layar, unit kamera, dan bingkai ponsel Anda juga akan menjadi kotor seiring waktu karena noda sidik jari dan debu. Beberapa ponsel hadir dengan lapisan oleophobic di layar yang mencegah bekas sidik jari, tetapi lapisan itu tidak akan bertahan selamanya.

Jadi, ada baiknya untuk membersihkan ponsel Anda setidaknya sekali sehari. Untuk info lebih lanjut, Anda selalu dapat kembali ke panduan lengkap kami tentang membersihkan badan ponsel Anda.

Jika ponsel Anda perlu diperbaiki karena alasan apa pun, hindari mencoba memperbaikinya sendiri (kecuali jika Anda ahlinya) karena Anda mungkin akan menyebabkan lebih banyak masalah daripada yang sudah ada. Sebaliknya, bawa ke pusat perbaikan resmi untuk hasil terbaik.

BACA JUGA:  Cara Menemukan Ponsel Android yang Hilang

Cara Merawat Perangkat Lunak Ponsel Android Anda

Mempertahankan perangkat keras ponsel Anda saja tidak cukup. Jika Anda ingin tetap berjalan lancar untuk waktu yang lama, Anda juga harus merawat perangkat lunak. Berikut cara melakukannya:

Kredit Gambar: Google/YouTube 1. Jangan Kembung Penyimpanan Perangkat Anda

Jika Anda sering mendapati diri Anda harus mengosongkan penyimpanan di ponsel Anda, itu adalah tanda yang jelas bahwa ponsel Anda sedang berjuang untuk berfungsi dengan baik. Jika tidak ada ruang tersisa untuk file dan aplikasi baru (bahkan yang sementara), ponsel Anda akan mulai lambat dan melambat.

Cara tercepat untuk mendapatkan kembali banyak penyimpanan adalah dengan menghapus semua aplikasi yang tidak berguna dari ponsel Anda.

2. Perbarui Aplikasi dan Sistem Operasi Anda

Pembaruan perangkat lunak penting untuk ponsel Anda karena membantu peningkatan kinerja, meningkatkan efisiensi daya, menghapus bug, dan menambahkan fitur baru. Anda dapat dengan mudah menemukan opsi untuk melihat apakah ada pembaruan OS baru yang tersedia untuk ponsel Anda di pengaturan.

Hal yang sama berlaku untuk aplikasi di ponsel Anda; menjaga mereka diperbarui meminimalkan kesalahan dan bug. Untuk memperbarui aplikasi di ponsel Android Anda, buka aplikasi Google Play Store, ketuk gambar profil Anda, pilih Kelola aplikasi & perangkatdan ketuk Perbarui semua.

3. Hindari Game Intensif Grafis yang Tidak Dapat Ditangani Ponsel Anda

Kecuali Anda memiliki ponsel game Android khusus, Anda tidak boleh mencoba mendorong perangkat Anda hingga batasnya. Bahkan jika Anda memiliki flagship, perangkat masih akan berjuang untuk mempertahankan kinerja puncaknya jika Anda memainkan game yang intensif grafis untuk jangka waktu yang lama.

Jika Anda memiliki anggaran atau ponsel kelas menengah, Anda harus menghindari memainkan game ini sama sekali karena kemungkinan besar ponsel Anda akan kepanasan dan prosesor tidak akan mampu menangani beban kerja yang berat. Akibatnya, ponsel Anda akan tertinggal, macet, dan bahkan dapat dimulai ulang tanpa diminta.

BACA JUGA:  8 Aplikasi Latihan untuk Membantu Anda Membangun Otot Tubuh Bagian Atas yang Serius

4. Jangan Unduh Aplikasi dan File Dari Sumber yang Tidak Terverifikasi

Yang ini harus jelas, tetapi banyak orang menjadi mangsa aplikasi berbahaya dan malware yang mereka unduh secara tidak sengaja dari web. Jika menyangkut masalah keamanan dan privasi, lebih baik aman daripada menyesal.

Google Play Store sebagian besar aman, tetapi Anda salah jika berasumsi bahwa Google Play Store tidak memiliki aplikasi berbahaya—semua toko aplikasi memilikinya. Jangan menelusuri situs yang terlihat jelas scammy, dan hindari mengklik tautan yang terasa terlalu clickbait-y. Tetap berpegang pada apa yang telah terbukti dapat diandalkan.

5. Nyalakan Ulang Ponsel Anda Setidaknya Sekali Seminggu

Ponsel cerdas membutuhkan istirahat dengan cara yang sama seperti gadget elektronik lainnya, namun banyak dari kita yang belum pernah melakukannya. Memulai ulang ponsel Anda setidaknya sekali seminggu memungkinkannya menghapus file cache sementara, membunuh bug kecil, meningkatkan kinerja, dan menjaga kesehatan baterai, memungkinkannya berjalan lebih lancar lebih lama.

Pertahankan Ponsel Android Anda untuk Umur Panjang

Seberapa baik Anda merawat ponsel Anda adalah salah satu dari banyak hal yang memengaruhi masa pakainya. Jika Anda tidak merawat ponsel Anda sama sekali, itu akan secara alami menunjukkan tanda-tanda penurunan lebih awal, dan karenanya, Anda harus membeli ponsel baru lebih cepat dari yang diperlukan.

Jika dirawat dengan benar, Anda dapat menghemat uang untuk biaya perbaikan dan mengharapkan kinerja yang lebih baik dalam jangka panjang.

By Digitalbisnisonlineku

error: Content is protected !!